Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu

Authors

  • Nur Halisa

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1842

Keywords:

Motivasi belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Project Based Learning (PjBl), Penelitian pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain Postets Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif dan uji statistik inferensial. Hasil perhitungan uji deskriptif pada kelas eksperimen diperoleh nilai angket motivasi belajar kelas kontrol sebesar 65,28 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 79,29.  Hal Ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi 10,01% dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut membuktikan adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan pada  (uji-t) nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning PjBL berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Insyasiska, Dewi, Siti Subaidah dan Herawati Susilo all. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7 (1) : 9-21.
Fauziah, Lulu. 2015. Pengaruh Model PjBL Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI pada Konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. [Skripsi] Universitas Syarif Hidayatulah Jakarta.

Iksanuddin. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan (JPK). 3 (1). ISSN: 2137-8895.

Khaeruddin dan Ali Sidin. 2012. evaluasi pembelajaran. Makassar: penerbit Universitas Negeri Makassar.
Khairil. Cut Nurmaliah. Suryani. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada materi sistem peredaran darah manusia SMA Negeri 1 Lhoksukun Aceh Utara. [Skripsi] Universitas Syiah Kuala.
Lestari, Sri. 2015. Pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Minat Dan Hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III. [Skripsi] Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mustamid. 2015. Penerapan Metode “ICT PROJECT” Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMA Pembangunan 4 Playen (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar). [Skripsi] Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.
Mz, Linda. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rotan Hulu.[Skripsi] Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.
Nisa, Nurisma Afifatun, Roimil Latifa, Moch Agus Krisno Budiyanto. 2015. Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Dalam Materi Vertebrata Pada Siswa Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan. 1 (1). ISSN: 2442-3750.
Prabowo, Ardhi. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334.
Pratiwi, Kinanti Redmii. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Pembeajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mata pelajaran Simulasi Dan Komunikasi di gital SMKN 2 Klaten. [Skripsi] Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasyatyawati, Lia, Farida Hanum. (2015). Pengembangan model pembelajaran pendidikan mutikultural berbasis proyek di SMA. Jurnal Pendidikan IPS. 2 (1): 21 – 29
Retnawati, 2016 Analisis Kuantitatif Instrument Penelitian. Parama Publishing: Yogyakarta
Rezeki, Rina Dwi, Nanik Dwi Nurhayati dan Sri Mulyani. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 Sma Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4 (1). ISSN: 2337-9995.

Rusman. 2013. Model- Model Pembelajaran. Edisi kedua. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Romdoni, Muhammad Fikri. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem. [Skripsi] Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sapoetra, Arif Naufan. 2015. Cara Menghitung Kuesioner Skala Likert. (htpp://naufansapoetra.blogspot.com/2015/11/cara-menghitung-kuesioner
-skala-ikert.html?m=1) Diakses pada hari Jumat, 17 Mei 2019 pada pukul 21.07 WITA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tiro, Muhammad arif. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Uno. Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Widiasworo, Erwin. 2015. Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Halisa, N. (2022). Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 35–43. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1842