Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1842Keywords:
Motivasi belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Project Based Learning (PjBl), Penelitian pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain Postets Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif dan uji statistik inferensial. Hasil perhitungan uji deskriptif pada kelas eksperimen diperoleh nilai angket motivasi belajar kelas kontrol sebesar 65,28 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 79,29. Hal Ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi 10,01% dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut membuktikan adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan pada (uji-t) nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning PjBL berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu
Downloads
References
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Insyasiska, Dewi, Siti Subaidah dan Herawati Susilo all. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7 (1) : 9-21.
Fauziah, Lulu. 2015. Pengaruh Model PjBL Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI pada Konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. [Skripsi] Universitas Syarif Hidayatulah Jakarta.
Iksanuddin. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan (JPK). 3 (1). ISSN: 2137-8895.
Khaeruddin dan Ali Sidin. 2012. evaluasi pembelajaran. Makassar: penerbit Universitas Negeri Makassar.
Khairil. Cut Nurmaliah. Suryani. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada materi sistem peredaran darah manusia SMA Negeri 1 Lhoksukun Aceh Utara. [Skripsi] Universitas Syiah Kuala.
Lestari, Sri. 2015. Pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Minat Dan Hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III. [Skripsi] Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mustamid. 2015. Penerapan Metode “ICT PROJECT” Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMA Pembangunan 4 Playen (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar). [Skripsi] Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.
Mz, Linda. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rotan Hulu.[Skripsi] Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.
Nisa, Nurisma Afifatun, Roimil Latifa, Moch Agus Krisno Budiyanto. 2015. Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Dalam Materi Vertebrata Pada Siswa Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan. 1 (1). ISSN: 2442-3750.
Prabowo, Ardhi. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334.
Pratiwi, Kinanti Redmii. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Pembeajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mata pelajaran Simulasi Dan Komunikasi di gital SMKN 2 Klaten. [Skripsi] Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasyatyawati, Lia, Farida Hanum. (2015). Pengembangan model pembelajaran pendidikan mutikultural berbasis proyek di SMA. Jurnal Pendidikan IPS. 2 (1): 21 – 29
Retnawati, 2016 Analisis Kuantitatif Instrument Penelitian. Parama Publishing: Yogyakarta
Rezeki, Rina Dwi, Nanik Dwi Nurhayati dan Sri Mulyani. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 Sma Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4 (1). ISSN: 2337-9995.
Rusman. 2013. Model- Model Pembelajaran. Edisi kedua. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Romdoni, Muhammad Fikri. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem. [Skripsi] Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sapoetra, Arif Naufan. 2015. Cara Menghitung Kuesioner Skala Likert. (htpp://naufansapoetra.blogspot.com/2015/11/cara-menghitung-kuesioner
-skala-ikert.html?m=1) Diakses pada hari Jumat, 17 Mei 2019 pada pukul 21.07 WITA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tiro, Muhammad arif. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher
Uno. Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Widiasworo, Erwin. 2015. Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.