Pengaruh E-Learning Moodle Terhadap Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa STKIP Bima

Authors

  • Muhammad Irwansyah
  • Ariyansyah STKIP Bima
  • Nurfathurrahmah STKIP Bima
  • Mei Indra Jayanti STKIP Bima
  • Magfirah Perkasa STKIP Bima
  • Fathirma’ruf STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2588

Abstract

Pandemi covid-19 melanda seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia termasuk kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Demi kelancaran kegiatan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi, program studi pendidikan biologi STKIP Bima mengembangkan pembelajaran elektronik (e- learning) jenis moodle melalui dana hibah Kemendikbudristek. Oleh karena itu dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning moodle terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa program studi Pendidikan Biologi STKIP Bima. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Bima semester I tahun pelajaran 2021/2022. Tekhnik pengambilan sampel dengan sampling random purposive sehingga diperoleh kelas D sebagai kelas eksperimen dan kelas E sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data berupa angket respon mahasiswa. Setelah itu data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan e-learning moodle berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi digital mahasiswa program studi Pendidikan Biologi STKIP Bima yaitu berada dalam kategori sangat baik, baik dan cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, A., Adnan., & Faisal. (2014). E-Learning pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia: Alternatif untuk Menunjang Perkuliahan yang Lebih Efektif. Jurnal Sainsmat, 3(1), 45.

Asyari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Eourse: Mengembangkan Web Longs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 49(1), 14-15.

Bonitasya, A.D., Widiyatmoko, A., & Sovansophal, K. (2021). The Effect of Blended Learning with a Collaborative Problem Solving Approach on Students’ Cognitive Learning Outcomes and Collaboration Skills in Science Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 7(2), 152.

Daud F., & Rahmadana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar. Jurnal Bionature, 16 (1), 29-35.

Halimatusadiya., Dewi, K.A.R., & Khoimatun. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(1), 230.

Hayat, S.M., Erwin., & Permana, I. (2017). Strategi Evaluasi Program Perkuliahan Biologi Berbasis Blended Learning. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 67.

Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, P.G.I. (2019). Web- LKS IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 135.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisikan Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 200.

Pantiwati, Y., Wahyuni, S., & Permana, F.H. (2017). Instructional Model of Natural Science in Junior High Schools, Batu – Malang. Journal of Education and Practice, 8(8). 117-118.

Putra, K. W. B., Wirawan, I.M.A., & Pradnyana, G.A. (2017). Pengembangan EModul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata
Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1). 47-48.

Riyadi, A.R., Nur, M., & Ismayati, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Moodle dengan Model Pengajaran Langsung di SMKN 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 3(1), 64-69.

Sampurno, P.J., Maulidiyah, R., & Puspitaningrum, HZ. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika Melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 54-55.

Sobri, M., Nursapitini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi pada Era Industri 4,0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Susanti, H.B. (2019). Penggunaan Media Online dalam Proyek Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Jurnal Edusains, 11(1), 22.

Tobing, L. W., & Pranowo, D.D. (2020). Blended Learning in French Intermediate Grammar Learning: is it effective? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 652.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Irwansyah, M., Ariyansyah, Nurfathurrahmah, Mei Indra Jayanti, Magfirah Perkasa, & Fathirma’ruf. (2023). Pengaruh E-Learning Moodle Terhadap Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa STKIP Bima. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 446–451. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2588