PENERAPAN METODE SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 4 KABUPATEN LUWU

Authors

  • Asri asri universitas Cokroaminoto Palopo
  • Khaerati khaerati universitas Cokroaminoto Palopo
  • Elma yunus universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2719

Keywords:

Sains Teknologi Masyarakat, pencemaran lingkungan, pembelajaran, model

Abstract

Tujuan penelitian penerapan tindakan pembelajaran  menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) materi pencemaran lingkungan adalah untuk peningkatan pemahaman pengetahuan  pencemran lingkungan diharapkan siswa memiliki kesadaran agar tidak ikut mencemari lingkungan yang sampai saat sekarang ini menjadi masalah nasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan yang langsung diterapkan didalam kelas dengan cara penunjukan langsung  (purposive sampling). Metode yang digunakan menggunakan tidakan empat langkah yaitu: (1) langkah perencanaan, (2) langkah tindakan, (3) langkah observasi, (4) langkah refleksi.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)  hasil belajar menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) materi pencemaran lingkungan untuk tidakan pertama diperoleh skor  nilai rata-rata 43, 23 belum ada siswa yang lulus sesuai standar KKM ≥70. Dilanjutkan pada tindakan dua  diperoleh skor nilaia rata-rata 83,58, jika skor angka ini dikonfirmasi pada standar nilai KKM maka ketuntasan hasil belajar 84,8%; (2) Penilaian observer pengelolaan pembelajaran  empat kali pertemuan jika dikonfirmasi kriteria keterlaksanaan maka keterlaksanaan pengelolaan pembelajar  kategori terlaksana dengan baik;  (3) respon siswa penerapan model sains teknologi masyarakat (STM) materi pencemaran lingkungan diperoleh nilai rata-rata 2.79. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, O., Tantu, H., Haryoko, S., & Dirawan, G. D. (2015). Learning Models in Environmental Education IT-Based at Vocational High School. Journal of Applied Sciences, 15(3), Pages: 508.
Asri. (2016). Environmental Education off Vocational High Based Technology Information. Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920783.

Asri. (2020). Model studied environmental education at Vocational High School. Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920776. Pages: 23

Asri, Rusdiana Junaid, Saddang Saputra. (2020). The Development Of Learning Model Through Vedeo Documentary To Improve Environmental Knowledge Of Coastal Residents Of Palopo City, Indonesia. Indonesian Journal Of Science Education. JPII 9(3) (2020) 396-407

Asri, Bulu, Mithen, Gufran Darma Diarawan, (2016). Development of Rnvironmental Education Learning Model for Vocational High Schools. Inetnasional Journal of Applied Environmental Science, Volume 11, number 2. PP. 647-696.

Asri, Rusdiana Junaid, Saddang Saputra. (2019). Model Pembelajaran Lingkungan pesisir dan Etika Pengelolaan Wilayah. Mkassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920417.






Asri. (2019). Model Belajar Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920776.


Asri, 2021. Materi Pendidikan Lingkungan Hidup Program Studi PPKn dan PGSD. Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786236339015.

Sukardi. (2016). Meodologi Penelitian Pendidikan . PT.Bumi Aksara. ISBN: 979-526-852-X. Pages: 214-216

Nurkancana 2007. Evaluasi hasil belajar.Usaha Nasional. Surabaya.

N. Karim, R. Roslan. (2020). The Impact of interactive Science Shows on Students’s Learning Achievent on Fire and Pressure Science Concepts For 9TH Grader In Brunei. Indonesian Journal Of Science Education. JPII 9(3) (2020) 394- 308.

Setiawan, (2017) “ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Ekosistem Kelas VII MTS Paradigma Palembang” Skripsi Universitas islam Negri Raden Fatah Palembang http://repository.radenfatah.ac.id (diaskes 21 desember 2019)

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

asri, A., khaerati, K., & yunus, E. . (2023). PENERAPAN METODE SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 4 KABUPATEN LUWU. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 464–472. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2719