Praktikum pembuatan kompos cair sebagai Metode pembelajaran kontekstual dalam materi daur ulang sampah organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis

Praktikum pembuatan kompos cair sebagai Metode pembelajaran kontekstual dalam materi daur ulang sampah organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis

Authors

  • Lisa Sairoh Universitas Bina Bangsa
  • Nurisa ainulhaq Universitas Bina Bangsa
  • Dewi robiatun muharomah Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5134

Keywords:

Liquid compost, Contextual Learning, critical thinking

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh tidak terdapatnya kegiatan praktikum disekolah sehingga metode metode pembelajaran kontekstual tidak dapat terlaksana. Tujuan penelitian ini mendesain praktikum yang sederhana dan biaya murah. Dari hasil wawancara berdasarkan empat perspektif yaitu Kegiatan praktikum, Pembelajaran Kontekstual, Materi daur ulang sampah organik, Keterampilan berpikir kritis didapatkan Dari kegiatan praktikum terdapat kendala dari sisi tenaga pengajar yaitu keterbatasan waktu, kurangnya pengalaman dan keterampilan, keterbatasan alat dan bahan, keterbatasan fasilitas laboratorium, dan biaya operasional. Sedangkan dari sisi siswa juga memiliki kendala seperti pengetahuan yang terbatas, abstraksi proses biologi, kesulitan membedakan jenis sampah, ketidaktahuan faktor yang mempengaruhi komposting dan pembelajaran yang terlalu teoritis. mengajukan rancangan praktikum dengan waktu yang tidak Panjang dan biaya yang murah namun pembelajaran kontekstual dan keterampilan kritis dapat tersalurkan kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Sairoh, L. ., ainulhaq, N. ., & robiatun muharomah, D. . (2025). Praktikum pembuatan kompos cair sebagai Metode pembelajaran kontekstual dalam materi daur ulang sampah organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis : Praktikum pembuatan kompos cair sebagai Metode pembelajaran kontekstual dalam materi daur ulang sampah organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis . Jurnal Biogenerasi, 10(2), 928–939. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5134