ANALISIS PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS ONLINE TERHADAP LITERASI MATERI LINGKUN HIDUP SISWA SMK 2 PALOPO

Authors

  • Asri

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5722

Keywords:

model, Pendidikan lingkungan hidup, valid, efektif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah   keefektifan implementasi model pembelajaran lingkungan hidup menggunakan media computer online. Model pembelajaran sengaja dirancang untuk digunakan guru SMK mengajar lingkungan hidup secara valid,  dan efektif. Jenis penelitian ini, adalah penelitian tindakan,  dalam penelitian tindakan  mendesain perangkat  pembelajaran, instrument lembar penilaian observer divalidasi ahli pendidikan, ahli media teknologi informasi hasilnya secara keseluruhan valid, dan layak untuk digunakan di dalam kelas. Hasil  uji coba implementasi di dalam kelas: Belum Efektif, implementasi model pembelajaran lingkungan hidup menggunakan media computer dinyatakan belum efektif  karena ketuntasan hasil pembelajaran diperoleh 83,01%, masih lebih kecil dari 85%. Hasil kegiatan aktivitas siswa, dimana aktivitas siswa belum tercapai secara keseluruhan dari delapan aktivitas siswa yang dinilai, Walaupun  kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran sudah  kategori tinggi. Temuan observer dalam kegiatan pembelajaran diperoleh siswa tidak memiliki basis keilmuan  computer, sehingga belajar menggunakan media computer sedikit  mengalami kesulitan menguasai materi karena dibatasi waktu dan tidak terbiasa membaca lewat monitor computer. Penelitian tindakan mengimplementasikan model pembelajaran lingkungan hidup menggunakan media computer secara online pada siswa SMK jurusan teknik mesin semua perangkat pembelajaran dinyatakan valid,  dan belum  efektif karena  ketuntasan hasil belajar belum terpenuhi mencapai 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(1) Asri, 2024. Etika Pengelolaan Lingkungan Penduduk Psesisir Luwu Raya, Makassar Global RCI Anggota IKAPI 020/SSL/2018.
(2) Asri, 2024. Analisis penerapan Model Pembelajaran The Power of two Materi pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 11 Luwu Utara, PP. 2579 –
(3) Asri. (2016). Environmental Education off Vocational High Based Technology Information. Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920783. Pages: 73-75
(4) Asri, (2019). Coastal Environment Learning Model and Regional Management Ethics.Makassar, Indonesia . Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 978-602-5920-41-7 Pages: 18
(5) Asri. (2020). Model studied environmental education at Vocational High School. Makassar. Global Research and Consulting Institut (Global-RCI), Indonesia. ISBN: 9786025920776. Pages: 23
Asri, Rusdiana Junaid, Saddang Saputra. (2020). The Development Of Learning Model Through Vedeo Documentary To Improve Environmental Knowledge Of Coastal Residents Of Palopo City, Indonesia. Indonesian Journal Of Science Education. JPII 9(3) (2020) 396-407
Borich, G. D. 1994a, 1994b, 1994c.Observation Skills for Effective Teaching, Second
Edition, New York: Macmillan Publishing Company, ISBN:9780023125416. Pages: 403
Ester Wori Hana dkk. 2024. Peningakatan pemebelajaran IPA Melalaui Model Pembelajaran TGT Melalui perbantuan Media Leaflet dilengkapi Queation BOX di SMP Negeri 1 Pahunga Logu. Jurnal Biogerasi Vol 10. No. 1: 444 – 450.
Heather, 2010. Characteristics of effective and Sustainable teaching Development Programmes for Quality Teaching in Higher Education. Jaournal Of Education Management and Policy, 22 (2): 116
Norizan, Esa. 2010. Environmental Knowledge, Attitude and Practices Student Teacher. Journal of International Research in Geographical and Environmental Educational 19 (1): 39-50
Riyana ,Cepi, 2010. Peningkatan Kompotensi Pedagogik Guru Melalui penerapan Model Education Centre Of Teacher Intractive Virtual (Educative). Journal Education, Vol. 11 No. 1: 52-56
Smaldino, Sharon, Deborah L. Lother, and James D.Russel, (2011).Instructional Technology & Media For Learning, New Jersey, Pearson Education, Inc. Translite Arif Rahman, KencanaPrenada Media Graup, 112 pp.
Sukardi. (2016). Educational research methodology. PT.Bumi Aksara. ISBN: 979-526-852-X. Pages: 214-216
Salam, M. Ibrahim, N. & Sukardjo, M. (2019) Effects of Intructional Model and Spatial Intelligence on the Mathmatics Learning Outcomes after Controlling for Students’ Initial Competency. International Journal of Intruction, 12(3), 699-716.
Winkel, (2019). teaching psychology. Jogyakarta. Media Abadi Indonesia , ISBN: 9793525169, pages: 589

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Asri. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS ONLINE TERHADAP LITERASI MATERI LINGKUN HIDUP SISWA SMK 2 PALOPO. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1254–1262. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5722