The THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USED BY LEAFLET MEDIA EQUIPPED WITH LKPD LIVE WORKSHEETS ON LEARNING OUTCOMES

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LEAFLET DILENGKAPI LKPD LIVE WORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6152

Keywords:

Model Problem Based Learning, media Leaflet, LKPD Live Worksheet, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media leaflet dilengkapi LKPD live worksheet terhadap hasil belajar IPA peserta didik SMP N 1 Nggaha Ori angu. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Asosiatif. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIIA sebannyak 26 orang di gunakan sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 51 orang pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Pada materi “sistem tata surya, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan dibumi”, hasil nilai belajar ranah kognitif yang terdiri dari C1, C2, C3 dan C4. Berdasarkan hasil uji dependent sampel t-tes kelas eksperimen diperoleh bahwa nilai Asymp sig(2-tailed) 0,000 untuk hasil pretest dan posttes yang artinya nilai tersebut kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Leaflet dilengkapi LKPD Live Worksheet terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP N 1 Nggaha Ori Angu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Pendidikan Biologi, FKIP

References

Adila, M., & Safitri, S. S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Cetak Berbasis Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Sma Negeri 1 Indralaya. Sriksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 9. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/5321
Amelia.F., I. N., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Life Worksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162.
Arsi, A. (2021). Reliabilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss.Validitas Reliabilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss,1-8
Aprizan, A.,Sobhanadri, S., & Avana, N. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa PGSD STKIP muhammadiyah muara bungo. Jurnal basicedu, 5(5),3445-3459
Djonomiarjo, T., & Patilanggio. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46.
Fauzia, H. A. (2018). 258173-Penerapan-Model-Pembelajaran-Problem-Bas-Febb1Ec3 (1). Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(April), 40–47.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Ferdiansyah, R., & Rukhviyanti, N. (2024). Design and Implementation of E-Government Applications to Improve Public Service Efficiency in Margahayu District. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(1), 131–140. https://doi.org/10.59141/jiss.v5i1.985
Iqbal, M., & Salsabila, S. (2023). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kebiasaan Menonton Mukbang. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 4(2), 102. https://doi.org/10.24853/mjnf.4.2.102-109
Khamiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Marhaeni, N. H., & Fitri, I. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Live Worksheet di SMA Dharma Amiluhur. Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1692

Mirna, Nursalam, & Nawir, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Kinemaster Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS. Cendekiawan, 4(2), 154–164. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.273
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nurmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Live Worksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9.
Pujo Purwoko, B., Saputra, R., & La Tansa Mashiro, S. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pada PT. TELEFAST INDONESIA. The Asia Pacific Journal of Management Studies, 6(2), 85–96.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Saingo, R.E., Bano, V.O., & Makatite, A.L. (2024, December). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Classpoint Dilengkapi Lks Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 7 Tana Righu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik FKIP UNKRISWINA (Vol. 2, No. 1, pp. 30-38
Saingo, L.-, Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Smp Negeri 2 Kanatang. P2M STKIP Siliwangi, 10(2), 83–90. https://doi.org/10.22460/p2m.v10i2.3870

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419
Sari, E. P., Basri, S., & Kasmawati, K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Leaflet Terhadap Hasil Belajar Biologi. Binomial, 4(1), 1–14.
Siagian, G., Gunawan, R. G., & Ahda, Y. (2023) Development of Test Instruments Based on Critical Thinking Ability Based on Science Literacy on Environmental Pollution Materials.QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14 (2) 288-298.
Tamu Ina, M., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Waingapu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Lumio By Smart Model Assisted By Lumio Media By Smart Improving Learning Qutcomes of Class XII MIPA 1 Students of SMA Negeri 3 Waingapu By Implementing The Index Card Match Learning Model Assisted By Lumio Media By Smart). BIODIK, 10(4), 780-790.
Utomo, I. S., & Hardini, A. T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEEP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9978–9985.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2495
Yusri, A. Y. (2018:51). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Hana, A. S. T., & Bano, V. O. (2025). The THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USED BY LEAFLET MEDIA EQUIPPED WITH LKPD LIVE WORKSHEETS ON LEARNING OUTCOMES: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LEAFLET DILENGKAPI LKPD LIVE WORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1537–1545. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6152