Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Video Pada Materi Genetika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6470Keywords:
LKM, video, Model ADDIE, motivasi, hasil belajarAbstract
Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Video merupakan salah satu alternatif yang dapat diberikan pendidik kepada pesrta didik sebagai sumber belajar dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan LKM berbasis video pada materi materi genetik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang bersifat valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Tahapan pengembanagan LKM berbasis video terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. LKM berbasis video di uji cobakan pada mahasiswa muhammadiyah Maluku dengan jumlah 35 mahasiswa. Hasil validitas dari validator menunjukkan bahwa: (1) LKM berbasis video pada materi genetik yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran biologi dengan rata-rata nilai yaitu 4,50 yang menunjukkan kategori valid, (2) Respon dosen diperoleh nilai rata-rata 4,23 yang menunjukkan kategori valid, (3) Respon mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 4,31 yang menunjukkan kategori valid, (4) Motivasi diperoleh nilai rata-rata 4,77 yang menunjukkan kategori sangat valid, dan (5) Hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 4,28 yang menunjukkan kategori valid. Hasil tes kepraktisan LKM berbasis video berdasarkan respon dosen diperoleh nilai rata-rata yaitu 82,47% dengan kategori sangat kuat dan respon mahasiswa diperoleh nilai rata-rata yaitu 86,63% dengan kategori sangat kuat. Hasil tes efektivitas LKM berbasis video berdasarkan motivasi diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,73 dengan kategori sangat baik sedangkan hasil belajar mahasiswa 100 % mahasiswa mendapatkan nilai di atas KKM 75. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa LKM berbasis video pada materi genetik yang dihasilkan bersifat valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Aina, Mia. 2013. Efektifitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA- Biologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pria dan Wanita SMP 19 Kota Jambi. Prosiding Seminar FMIPA Universitas Lampung.
Daud, Firdaus. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19 (1) 243-255.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembanagan Silabus.
Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompotensi Dosen (X). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marwah, A, S. 2019. Pengembangan Alat Peraga pada Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Nyavon, Petrus. 2017. Pengaruh Kinerja Dosen dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Prodi Sosial Tri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. PSIKOBORNEO. Jurnal, 5 (2), 137-146.
Wardiati, A. 2006. Hubungan Antara Motivasi dan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Halifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.