Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Video Pada Materi Genetika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku

Authors

  • Halifah

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6470

Keywords:

LKM, video, Model ADDIE, motivasi, hasil belajar

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Video merupakan salah satu alternatif yang dapat diberikan pendidik kepada pesrta didik sebagai sumber belajar dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan LKM berbasis video pada materi materi genetik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang bersifat valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan mengacu pada model pengembangan  ADDIE  yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Tahapan pengembanagan LKM berbasis video terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. LKM berbasis video di uji cobakan pada mahasiswa muhammadiyah Maluku dengan jumlah 35 mahasiswa. Hasil validitas dari validator menunjukkan bahwa: (1) LKM berbasis video pada materi genetik yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran biologi dengan rata-rata nilai yaitu 4,50 yang menunjukkan kategori valid, (2) Respon dosen diperoleh nilai rata-rata 4,23 yang menunjukkan kategori valid, (3) Respon mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 4,31 yang menunjukkan kategori valid, (4) Motivasi diperoleh nilai rata-rata 4,77 yang menunjukkan kategori sangat valid, dan (5) Hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 4,28 yang menunjukkan kategori valid. Hasil tes kepraktisan LKM berbasis video berdasarkan respon dosen diperoleh nilai  rata-rata yaitu 82,47%  dengan kategori sangat kuat dan respon mahasiswa diperoleh nilai rata-rata yaitu 86,63% dengan kategori sangat kuat. Hasil tes efektivitas LKM berbasis video berdasarkan motivasi diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,73 dengan kategori sangat baik sedangkan hasil belajar mahasiswa 100 % mahasiswa mendapatkan nilai di atas KKM 75. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa LKM berbasis video pada materi genetik yang dihasilkan bersifat valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan. 2014. Model pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswi SMP: Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Aina, Mia. 2013. Efektifitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA- Biologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pria dan Wanita SMP 19 Kota Jambi. Prosiding Seminar FMIPA Universitas Lampung.
Daud, Firdaus. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19 (1) 243-255.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembanagan Silabus.
Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompotensi Dosen (X). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marwah, A, S. 2019. Pengembangan Alat Peraga pada Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Nyavon, Petrus. 2017. Pengaruh Kinerja Dosen dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Prodi Sosial Tri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. PSIKOBORNEO. Jurnal, 5 (2), 137-146.
Wardiati, A. 2006. Hubungan Antara Motivasi dan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah. Jakarta

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Halifah. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Video Pada Materi Genetika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1696–1703. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6470