HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KEC. PASIE RAYA KABUPATEN ACEH JAYA

Authors

  • Reni Sartika

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6692

Keywords:

Asupan Makanan, Aktivitas Fisik, Status Gizi, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Status gizi anak sekolah merupakan indikator penting bagi Kesehatan dan tumbuh kembang mereka, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola makan dan tingkat aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara asupan makanan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak sekolah dasar di Kec. Pasie Raya Kab. Aceh Jaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Hasil penelitian berdasarkan uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara asupan makanan dengan status gizi dengan nilai p-value 0,000 > 0,05 dan tidak ditemukan hubungan signifikan antara aktivitas fisik dengan status gizi karena nilai p-value 0,433 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan asupan makanan dan aktivitas fisik dengan status gizi bahwa keduanya memiliki peran penting dalam menentukan status gizi anak sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N.F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal pilar, 14(1), 15-31.

Aprilia, A. (2015). Obesitas pada Anak Sekolah Dasar. Majority, 4(7), 45-48. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/1446/1281

Ardiyansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: jurnal Pendidikan islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Chikhungu, Madise, Padmadas. 2014. How Important Are Community Characteristics In Influencing Children’s Nutrition Status? Evidence From Malawi Population- Based

Dieny, F.F. (2014). Permasalahan Gizi Pada Remaja. I. Graha Ilmu.

Household And Community Surveys. Health & Place Journal; 30 (1): 187-195

Conterius, R. 2021. “Determinan Masalah Gizi.” In Epidemiologi Gizi.

Gibney, M.J., et al. 2019. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K. (2016). Hubungan status gizi dan perkembangananak usia 1-2 tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142-6.

Hanandita, W., & Tampubolon, G. (2015). The double burden of malnutrition in Indonesia: Social determinants and geographical variations. SSM-Population Health, 1, 16-25. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2015.10.002.

Hardiansyah, P., & Supriasa, I.D.N (2016). Ilmu Gizi: Teori Aplikasi. Jakarta: EGC.

Husna, L. N., & Izzah, N. (2021, November). Gambaran Status Gizi Pada Balita: Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan (Vol. 1, pp. 385-392).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2019. Definisi Aktivitas Fisik. Jakarta. Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020 dari http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-definisiaktiftas-fisik.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). BUKU SAKU Hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/attachments/09fb5b8ccfdf0880080f2521ff0b4374f.pdf

Lestari, T. R. P (2020). Penyelenggaraan Keamanan Pangan sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat sebagai Konsumen. Aspirasi: Jurnal masalah-masalahSosial. 11(1), 57-72.

Milanti., dkk (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Lebih Pada AnakSekolah Dasar Tw006 Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara

Nirwana, A.B. 2012. Obesitas Anak dan Pencegahannya. Nuha Medika. Yogyakarta

Nursalam. (2017). Toleransi kesalahan rumus slovin dalam penelitian. Journal of the Americanheart association. [serial online] http://stoke.ahajournals.org/content/early/2014/05/13/01.STR.000012978 9.58837.e4. [20 desember 2022].

Notoatmodjo, S. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika

Par’I, H. Dkk. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Pusat Pendindikan Sumber Daya Manusia Kesehatan

Puspasari, N,. M, Andriani. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan. Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/downloand/infoterkini/materirakorpop 20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf-Diakses Agustus 2018.

N. F. (2020). DISTRIBUSI KARAKTERISTIK FAKTOR PENYEBAB OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(1), 54-58. https://doi.org/10.32539/JKS.v7il.12247

Suggiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Soraya, D., D. Sukandar, & T. Sinaga. (2017). Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Jurnal ilmah indonesia, 6(1), 29-36. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.29-36

Surnaryo, M. (2018). Gambaran Pola Makan Terhadap Status Gizi Siswa di SD Putra Indonesia Surabaya. 42/Medical Technology and Public Health Journal (MPTH Journal, 2(1), 42-50.

Thamaria, Netty. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Uce, l. 2018. Pengaruh Asupan Makanan Terhadap Kualitas Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 79-92

Zuhriyah, A., & Indrawati., V. (2021). Konsumsi energi, protein, aktivitas fisik, pengetahuan gizi dengan status gizi siswa SDN Dukuhsari Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Gizi UNESA 1(1): 45-52.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Sartika, R. (2025). HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KEC. PASIE RAYA KABUPATEN ACEH JAYA. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1968–1971. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6692