HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KEC. PASIE RAYA KABUPATEN ACEH JAYA
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6692Keywords:
Asupan Makanan, Aktivitas Fisik, Status Gizi, Anak Sekolah DasarAbstract
Status gizi anak sekolah merupakan indikator penting bagi Kesehatan dan tumbuh kembang mereka, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola makan dan tingkat aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara asupan makanan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak sekolah dasar di Kec. Pasie Raya Kab. Aceh Jaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Hasil penelitian berdasarkan uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara asupan makanan dengan status gizi dengan nilai p-value 0,000 > 0,05 dan tidak ditemukan hubungan signifikan antara aktivitas fisik dengan status gizi karena nilai p-value 0,433 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan asupan makanan dan aktivitas fisik dengan status gizi bahwa keduanya memiliki peran penting dalam menentukan status gizi anak sekolah dasar.
Downloads
References
Amin, N.F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal pilar, 14(1), 15-31.
Aprilia, A. (2015). Obesitas pada Anak Sekolah Dasar. Majority, 4(7), 45-48. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/1446/1281
Ardiyansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: jurnal Pendidikan islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Chikhungu, Madise, Padmadas. 2014. How Important Are Community Characteristics In Influencing Children’s Nutrition Status? Evidence From Malawi Population- Based
Dieny, F.F. (2014). Permasalahan Gizi Pada Remaja. I. Graha Ilmu.
Household And Community Surveys. Health & Place Journal; 30 (1): 187-195
Conterius, R. 2021. “Determinan Masalah Gizi.” In Epidemiologi Gizi.
Gibney, M.J., et al. 2019. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K. (2016). Hubungan status gizi dan perkembangananak usia 1-2 tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142-6.
Hanandita, W., & Tampubolon, G. (2015). The double burden of malnutrition in Indonesia: Social determinants and geographical variations. SSM-Population Health, 1, 16-25. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2015.10.002.
Hardiansyah, P., & Supriasa, I.D.N (2016). Ilmu Gizi: Teori Aplikasi. Jakarta: EGC.
Husna, L. N., & Izzah, N. (2021, November). Gambaran Status Gizi Pada Balita: Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan (Vol. 1, pp. 385-392).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2019. Definisi Aktivitas Fisik. Jakarta. Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020 dari http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-definisiaktiftas-fisik.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). BUKU SAKU Hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/attachments/09fb5b8ccfdf0880080f2521ff0b4374f.pdf
Lestari, T. R. P (2020). Penyelenggaraan Keamanan Pangan sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat sebagai Konsumen. Aspirasi: Jurnal masalah-masalahSosial. 11(1), 57-72.
Milanti., dkk (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Lebih Pada AnakSekolah Dasar Tw006 Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara
Nirwana, A.B. 2012. Obesitas Anak dan Pencegahannya. Nuha Medika. Yogyakarta
Nursalam. (2017). Toleransi kesalahan rumus slovin dalam penelitian. Journal of the Americanheart association. [serial online] http://stoke.ahajournals.org/content/early/2014/05/13/01.STR.000012978 9.58837.e4. [20 desember 2022].
Notoatmodjo, S. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika
Par’I, H. Dkk. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Pusat Pendindikan Sumber Daya Manusia Kesehatan
Puspasari, N,. M, Andriani. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan. Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/downloand/infoterkini/materirakorpop 20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf-Diakses Agustus 2018.
N. F. (2020). DISTRIBUSI KARAKTERISTIK FAKTOR PENYEBAB OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(1), 54-58. https://doi.org/10.32539/JKS.v7il.12247
Suggiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Soraya, D., D. Sukandar, & T. Sinaga. (2017). Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Jurnal ilmah indonesia, 6(1), 29-36. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.29-36
Surnaryo, M. (2018). Gambaran Pola Makan Terhadap Status Gizi Siswa di SD Putra Indonesia Surabaya. 42/Medical Technology and Public Health Journal (MPTH Journal, 2(1), 42-50.
Thamaria, Netty. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Uce, l. 2018. Pengaruh Asupan Makanan Terhadap Kualitas Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 79-92
Zuhriyah, A., & Indrawati., V. (2021). Konsumsi energi, protein, aktivitas fisik, pengetahuan gizi dengan status gizi siswa SDN Dukuhsari Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Gizi UNESA 1(1): 45-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reni Sartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.