PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6956Keywords:
Model Project Based Learning, Motivasi BelajarAbstract
Tingkat motivasi belajar yang rendah pada siswa SMA Negeri 6 Palu dalam mata pelajaran Biologi menjadi perhatian serius bagi peneliti. Siswa dengan motivasi belajar yang sangat rendah akan langsung berhenti berusaha, setiap kali menghadapi kesulitan belajar atau saat menghadapi ujian. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu terhadap Biologi dengan melaksanakan pembelajaran interaktif model PJBL. Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan fokus pada pengamatan keaktifan siswa sebelum dan selama proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran biologi yang bertindak sebagai peneliti dan seluruh siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu. Siswa di kelas ini berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif model PJBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Biologi, hal ini ditunjukkan dengan tingkat keaktifan siswa pada semua aspek yang diamati mencapai kriteria yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 85%.
Downloads
References
Baumfield, V., Hall, E., & Wall, K. (2013). Action Research in Education: Learning Through Practitioner Enquiry (2nd ed.). London: SAGE Publications Ltd.
Jailani, Indaryanti. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol 3 (1).
Munirah. (2018). Prinsip-prinsip belajar dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu. AULADUNA:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 5 (1). 116- 125.
Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Vol 1 (2).
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 deby purwaningsi, Lilies Tangge, Nurhaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.