PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK

Authors

  • deby purwaningsi a:1:{s:5:"en_US";s:19:"pendidikan biologi ";}
  • Lilies Tangge Universitas Tadulako
  • Nurhaidah SMA Negeri 6 Palu

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6956

Keywords:

Model Project Based Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Tingkat motivasi belajar yang rendah pada siswa SMA Negeri 6 Palu dalam mata pelajaran Biologi menjadi perhatian serius bagi peneliti. Siswa dengan motivasi belajar yang sangat rendah akan langsung berhenti berusaha, setiap kali menghadapi kesulitan belajar atau saat menghadapi ujian. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu terhadap Biologi dengan melaksanakan pembelajaran interaktif model PJBL. Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan fokus pada pengamatan keaktifan siswa sebelum dan selama proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran biologi yang bertindak sebagai peneliti dan seluruh siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu. Siswa di kelas ini berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif model PJBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Biologi, hal ini ditunjukkan dengan tingkat keaktifan siswa pada semua aspek yang diamati mencapai kriteria yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baumfield, V., Hall, E., & Wall, K. (2013). Action Research in Education: Learning Through Practitioner Enquiry (2nd ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Jailani, Indaryanti. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol 3 (1).

Munirah. (2018). Prinsip-prinsip belajar dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu. AULADUNA:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 5 (1). 116- 125.

Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Vol 1 (2).

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14-18.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

purwaningsi, deby, Tangge, L., & Nurhaidah. (2025). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1993–1999. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6956