Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.2.2.2019.118Keywords:
Metode Bermain Peran, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 65 Pajalesang Palopo dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode pelaksanaan penelitian dilakukan selama dua siklus dengan tahap setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung dalam proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dengan rata-rata pemerolehan keterampilan berbicara siswa mencapai 80,58 atau berada pada kategori baik. Sedangkan secara klasikal, 82,35% siswa telah mencapai ketuntasan belajar atau minimal berada pada kategori baik.
Downloads
References
Darmawati, (2018). Peningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD E Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Menggunakan Metode Role Play, Jurnal ONOMA: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. 4(2), 222 – 237.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Herdiana, B., & Beta, P. (2019). Teks Pengarang Perempuan Indonesia: Gagasan Feminisme Lesbian. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 238 – 253.
Jenep. (2011). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran bagi Siswa Kelas V SDN 2 Ngali Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Jurnal TEQIP: Teachers Quality Improvement Program. 1(1), 53 – 60.
Kamalia, L. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran Pada Siswa Kelas III Mi Ziyadatul Huda Jakarta Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Kridalaksana. (1982). Kamus Linguistik Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sutiono. (2011). .Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Siswa Kelas V SDN Pandak 1 Sidoharjo Seragen Tahun Ajaran 2010/2011. Sidoharjo
Tarigan. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Zahroh dan Sulistorini. (2010). Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak Berbicara. Malang: Asah Asih Asuh (A3).
Zulham, M. (2019). Penerapan Metode Rule Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 173-189.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.