Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.432Keywords:
Literasi Matematis, Kemampuan Awal, Mahasiswa PGSDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi secara menyeluruh gambaran profil kemampuan leterasi matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester VII tahun akademik 2019/2020 pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian diberikan tes yang telah diuji keabsahan dan kevalidannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan maka memberikan kesimpulan profil kemampuan liteasi matematis mahasiswa berdasarkan kemampuan awal yang miliki. Kesimpulan profil kemampuan literasi yaitu (1) Mahasiswa berkemampuan awal tinggi mampu menuliskan jawaban secara tepat dan memberikan argumentasi yang berdasar/runut sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 4, (2) Mahasiswa berkemampuan awal sedang mampu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun memberikan argumentasi berdasarkan penafsiran harfiah sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 2, dan (3) Mahasiswa berkemampuan awal rendah belum mempu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun pilihan jawaban telah disertai argumentasi sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 1.
Downloads
References
Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 608-617)
Anwar, N. T. (2018, February). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).
Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati, J. (2017). Efektivitas Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Baharuddin, M. R., & Anas, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316
Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).
Johar, R. (2012). Domain soal PISA untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.
Sulestry, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika Pada Mahasiswa Semester Iii Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.