Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD

Authors

  • M Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.432

Keywords:

Literasi Matematis, Kemampuan Awal, Mahasiswa PGSD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi secara menyeluruh gambaran profil kemampuan leterasi matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester VII tahun akademik 2019/2020 pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian diberikan tes yang telah diuji keabsahan dan kevalidannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan maka memberikan kesimpulan profil kemampuan liteasi matematis mahasiswa berdasarkan kemampuan awal yang miliki. Kesimpulan profil kemampuan literasi yaitu (1) Mahasiswa berkemampuan awal tinggi mampu menuliskan jawaban secara tepat dan memberikan argumentasi yang berdasar/runut sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 4, (2) Mahasiswa berkemampuan awal sedang mampu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun memberikan argumentasi berdasarkan penafsiran harfiah sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 2, dan (3) Mahasiswa berkemampuan awal rendah belum mempu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun pilihan jawaban telah disertai argumentasi sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 608-617)

Anwar, N. T. (2018, February). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).

Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati, J. (2017). Efektivitas Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Baharuddin, M. R., & Anas, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316

Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).

Johar, R. (2012). Domain soal PISA untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.

Sulestry, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika Pada Mahasiswa Semester Iii Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Baharuddin, M. R. (2020). Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.432

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.