Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.5Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 8 Palopo tahun 2018/2019 yang berjumlah 314 orang dan sampel 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan memadai, hal ini dinyatakan berdasarkan hasil terakhir (Posttest). Ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM pada tes terakhir (Posttest) Kemampuan Menulis Surat Resmi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang mendapat nilai ≥ 76 berjumlah 25 siswa (78%) dan siswa yang mendapat nilai< 76 berjumlah 6 siswa (22%). Dari ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM terakhir (posttest) sudah mampu dinyatakan apabila jumlah siswa mencapai 78% yang memeroleh nilai ≥ 76. Setelah dilaksanakan pembelajaran kemampuan menulis surat resmi maka munculah perubahan ke arah yang lebih positif antara lain siswa merasa lebih senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan siswa sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam belajar.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahar. (2013). Meningkatkan Tayangan Berita. Penelitian tindakan kelas. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Depdiknas. (2004). Pedoman pengembangan tes diagnostik matematika SMP. Jakarta: Dirjen pendidikan dasar dan menengah
Djumingin. (2011). Strategi dan aplikasi model pembelajaran inovatif dan bahasa dan sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ultafifin. (2015). Kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 52 Konawe Selatan. Jurnal Humanika, 3(15).
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Malang.
Nurkancana. (2011). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurgiyantoro. (2012). Panduan PengajarBuku Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Pratama. (1997). Teknik Menulis Surat Menyurat Lengkap. Jakarta: Pustaka Setia.
Rizal, Y. (2000). Kamus Indonesia. Jakarta: PT Aneka Ilmu.
Rosida. (2012). Kemampuan Menulis Berita Aktual dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bua. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Suparno. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiarto, A. (2005). Buku panduan pintar membuat surat lamaran. Jakarta: Transmedia Pustaka.
Slameto. (2007). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta.
Sumarlin. (2013). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Aspek Menulis Berita melalui Pendekatan Quantum Teaching Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.
Sumarno. R, Y. Widya, E. Syarif, & Zulkarnaini. (2009). Pembelajaran menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.