Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo

Authors

  • Darmawati Darmawati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.5

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 8 Palopo tahun 2018/2019 yang berjumlah 314 orang dan sampel 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan memadai, hal ini dinyatakan berdasarkan hasil terakhir (Posttest). Ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM pada tes terakhir (Posttest) Kemampuan Menulis Surat Resmi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang mendapat nilai ≥ 76 berjumlah 25 siswa (78%) dan siswa yang mendapat nilai< 76 berjumlah 6 siswa (22%). Dari ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM terakhir (posttest) sudah mampu dinyatakan apabila jumlah siswa mencapai 78% yang memeroleh nilai ≥ 76. Setelah dilaksanakan pembelajaran kemampuan menulis surat resmi maka munculah perubahan ke arah yang lebih positif antara lain siswa merasa lebih senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan siswa sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahar. (2013). Meningkatkan Tayangan Berita. Penelitian tindakan kelas. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Depdiknas. (2004). Pedoman pengembangan tes diagnostik matematika SMP. Jakarta: Dirjen pendidikan dasar dan menengah

Djumingin. (2011). Strategi dan aplikasi model pembelajaran inovatif dan bahasa dan sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Ultafifin. (2015). Kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 52 Konawe Selatan. Jurnal Humanika, 3(15).

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Malang.

Nurkancana. (2011). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurgiyantoro. (2012). Panduan PengajarBuku Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Pratama. (1997). Teknik Menulis Surat Menyurat Lengkap. Jakarta: Pustaka Setia.

Rizal, Y. (2000). Kamus Indonesia. Jakarta: PT Aneka Ilmu.

Rosida. (2012). Kemampuan Menulis Berita Aktual dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bua. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.

Suparno. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, A. (2005). Buku panduan pintar membuat surat lamaran. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Slameto. (2007). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta.

Sumarlin. (2013). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Aspek Menulis Berita melalui Pendekatan Quantum Teaching Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.

Sumarno. R, Y. Widya, E. Syarif, & Zulkarnaini. (2009). Pembelajaran menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2019-09-20

How to Cite

Darmawati, D. (2019). Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 202–209. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.5

Issue

Section

Regular Articles