Analisis Implementasi Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) untuk Meningkatkan Kesadaran Berkebhinekaan Global

Authors

  • Salsa Anindya Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Wisnu Wisnu Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Septina Alrianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5981

Keywords:

Analisis, Implementasi, Program Sekolahe Arek Suroboyo, Kesadaran Berkebhinekaan Global

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya analisis implementasi program SAS sebagai model pendidikan karakter yang belum banyak dikaji dalam konteks peningkatan kesadaran berkebhinekaan global, khususnya di tingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam meningkatkan kesadaran berkebhinekaan global peserta didik, serta mengidentifikasi tantangan, hambatan, dan faktor pendukung keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan kuantitatif secara terbatas untuk menganalisis peningkatan kesadaran berkebhinekaan global peserta didik. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, guru pengajar program SAS, serta siswa kelas VII dan VIII di SMP Kreatif An-Nur Surabaya. Lokasi dipilih karena sekolah ini merupakan pelaksana aktif Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS). Penelitian dilaksanakan sejak Agustus 2024 hingga Februari 2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini (1) implementasi program SAS di SMP Kreatif An-Nur telah memenuhi indikator aman, rekreatif, edukatif, dan kegotong-royongan; (2) upaya peningkatan kesadaran berkebhinekaan global melalui program SAS tercermin dari pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler; (3) tantangan dan hambatan setiap bidang SAS memiliki aspek yang berbeda-beda serta faktor yang mendukung keberhasilan implementasi program SAS mencakup faktor internal dan eksternal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Munir, M. I. (2023). Dari Kritis Ke Tindakan Komunikatif. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat, 19(1), 157-179. https://doi.org/10.24239/rsy.v19i1.1320

Arnetta, C., Akhwani, A., Rulyansah, A., & Ghufron, S. (2024). Implementasi Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam Menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kearifan Lokal di SDN Ketintang I/409 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 304-310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.763

Astuti, N. P. E., & Dewi, N. M. K. (2024). Implementasi Program Pendidikan Karakter Pada Elemen Berkebhinekaan Global Di Kelas IV SDN 3 Abiansemal. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1458-1464. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1631

Fitriyah, E. I., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kesehatan Mental, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN 4 Kota Surabaya. Jurnal Kependidikan, 12(2), 307-320. https://doi.org/10.24090/jk.v12i2.11026

Jurais, M., Latif, S., & Harum, A. (2024). E-MOVE: Sebuah Inovasi E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Membantuk Profil Pelajar Pancasila Yang Berkebhinekaan Global Di Era Digital. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 71-81. https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3472

Muhaimin, M., Efendi, A., Fitria, B., & Malika, N. (2024). Efektivitas E-Modul Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar Negeri 8 Suwawal. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(2), 143-150. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i2.10863

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152

Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global Di SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 67-76. https://doi.org/10.47178/15f32d10

Ramadhana, D., Audrey, R., Nisva, S., Itsna, F., Suliyanah, S., & Lestari, N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Ular Tangga Numerasi Oleh KKN Unesa untuk Mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), 16-21. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p16-21

Ramadhianti, M., Oktaviani, M., & Faesal, M. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter “JUARA”. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 49-61. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2023.007.01.4

Rofiq, N., Rafiq, A., & Wardani, M. A. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 98-105.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Sabrina, A., & Narmoatmojo, W. (2025). Hubungan Pemahaman Bhinneka Tunggal Ika Dengan Kesadaran Berkebhinekaan Global. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 181-189. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p181-189

Suja, I. W., & Sutajaya, W. (2022). Impelentasi Model Brain Based Learning Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(4), 45-51. https://doi.org/10.56806/jh.v3i4.115

Suryaningsih, T., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594

Syaputra, I. A., Naila, I., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penerepan Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5911-5925. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11606

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Yanti, D. G., Supentri, S., & Hardian, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Kebhinekaan Global Peserta Didik di SMAN 4 Tualang. Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 264-270. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1312

Zamzami, A. N., & Putri, D. T. (2024). Relevansi Teori Belajar Humanistik Carl Rogers dalam Pendidikan Karakter Perspektif Islam: The Relevance of Carl Rogers' Humanistic Learning Theory in Islamic Perspective Character Education. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 311-332. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i2.361

Published

2025-06-15

How to Cite

Anindya, S., Sarmini, S., Wisnu, W., Suprijono, A., Harmanto, H., & Alrianingrum, S. (2025). Analisis Implementasi Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) untuk Meningkatkan Kesadaran Berkebhinekaan Global. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 761–780. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5981

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.