Analisis Implementasi Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) untuk Meningkatkan Kesadaran Berkebhinekaan Global
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5981Keywords:
Analisis, Implementasi, Program Sekolahe Arek Suroboyo, Kesadaran Berkebhinekaan GlobalAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya analisis implementasi program SAS sebagai model pendidikan karakter yang belum banyak dikaji dalam konteks peningkatan kesadaran berkebhinekaan global, khususnya di tingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam meningkatkan kesadaran berkebhinekaan global peserta didik, serta mengidentifikasi tantangan, hambatan, dan faktor pendukung keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan kuantitatif secara terbatas untuk menganalisis peningkatan kesadaran berkebhinekaan global peserta didik. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, guru pengajar program SAS, serta siswa kelas VII dan VIII di SMP Kreatif An-Nur Surabaya. Lokasi dipilih karena sekolah ini merupakan pelaksana aktif Program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS). Penelitian dilaksanakan sejak Agustus 2024 hingga Februari 2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini (1) implementasi program SAS di SMP Kreatif An-Nur telah memenuhi indikator aman, rekreatif, edukatif, dan kegotong-royongan; (2) upaya peningkatan kesadaran berkebhinekaan global melalui program SAS tercermin dari pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler; (3) tantangan dan hambatan setiap bidang SAS memiliki aspek yang berbeda-beda serta faktor yang mendukung keberhasilan implementasi program SAS mencakup faktor internal dan eksternal
Downloads
References
Al Munir, M. I. (2023). Dari Kritis Ke Tindakan Komunikatif. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat, 19(1), 157-179. https://doi.org/10.24239/rsy.v19i1.1320
Arnetta, C., Akhwani, A., Rulyansah, A., & Ghufron, S. (2024). Implementasi Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam Menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kearifan Lokal di SDN Ketintang I/409 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 304-310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.763
Astuti, N. P. E., & Dewi, N. M. K. (2024). Implementasi Program Pendidikan Karakter Pada Elemen Berkebhinekaan Global Di Kelas IV SDN 3 Abiansemal. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1458-1464. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1631
Fitriyah, E. I., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kesehatan Mental, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN 4 Kota Surabaya. Jurnal Kependidikan, 12(2), 307-320. https://doi.org/10.24090/jk.v12i2.11026
Jurais, M., Latif, S., & Harum, A. (2024). E-MOVE: Sebuah Inovasi E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Membantuk Profil Pelajar Pancasila Yang Berkebhinekaan Global Di Era Digital. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 71-81. https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3472
Muhaimin, M., Efendi, A., Fitria, B., & Malika, N. (2024). Efektivitas E-Modul Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar Negeri 8 Suwawal. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(2), 143-150. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i2.10863
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global Di SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 67-76. https://doi.org/10.47178/15f32d10
Ramadhana, D., Audrey, R., Nisva, S., Itsna, F., Suliyanah, S., & Lestari, N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Ular Tangga Numerasi Oleh KKN Unesa untuk Mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), 16-21. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p16-21
Ramadhianti, M., Oktaviani, M., & Faesal, M. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter “JUARA”. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 49-61. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2023.007.01.4
Rofiq, N., Rafiq, A., & Wardani, M. A. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 98-105.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Sabrina, A., & Narmoatmojo, W. (2025). Hubungan Pemahaman Bhinneka Tunggal Ika Dengan Kesadaran Berkebhinekaan Global. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 181-189. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p181-189
Suja, I. W., & Sutajaya, W. (2022). Impelentasi Model Brain Based Learning Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(4), 45-51. https://doi.org/10.56806/jh.v3i4.115
Suryaningsih, T., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594
Syaputra, I. A., Naila, I., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penerepan Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5911-5925. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11606
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Yanti, D. G., Supentri, S., & Hardian, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Kebhinekaan Global Peserta Didik di SMAN 4 Tualang. Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 264-270. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1312
Zamzami, A. N., & Putri, D. T. (2024). Relevansi Teori Belajar Humanistik Carl Rogers dalam Pendidikan Karakter Perspektif Islam: The Relevance of Carl Rogers' Humanistic Learning Theory in Islamic Perspective Character Education. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 311-332. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i2.361
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsa Anindya, Sarmini Sarmini, Wisnu Wisnu, Agus Suprijono, Harmanto Harmanto, Septina Alrianingrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.