Pengembangan Desain Buku Ajar Pembelajaran Mufrodat dengan Pendekatan Komunikatif Peserta Didik Kelas 10 Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang

Authors

  • Arafatur Raudhatunnisa UIN Raden Fatah
  • Mukmin Mukmin Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Irmansyah rmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6395

Keywords:

Pengembangan Buku Ajar, Pembelajaran Mufrodat, Pendekatan Komunikatif

Abstract

Penguasaan mufrodat (kosakata Bahasa Arab) merupakan pondasi utama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Karena penguasaan mufrodat ini memiliki peran yang penting dalam pengembangan keterampilan berbahasa, seperti keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca (Hidayah et al., 2023). Di Tingkat Madrasah Aliyah (MA), khususnya kelas 10, peserta didik diharapkan tidak hanya mampu menghafalkan kosa kata, tetapi harus mampu menggunakannya secara aktif dalam konteks komunikasi yang nyata. Hal tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan Bahasa Arab secara komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain sebuah buku ajar pembelajaran mufrodat berbasis pendekatan komunikatif yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik kelas 10 di Madrasah Aliyah. Pendekatan ini dipilih karena dapat mendorong peserta didik untuk menggunakan Bahasa Arab secara aktif dan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan enam tahapan dari Borg and Gall, Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Produk, Revisi Produk, dan Uji Coba Produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku ajar dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai 90 % secara materi dan 92 % secara media. Sementara uji efektivitas pada penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajaran peserta didik yang signifikan. Nilai awal peserta didik 73,40 % menjadi 89,55 %, setelah penggunaan buku ajar. Dengan demikian , buku ajar pembelajaran mufrodat berbasis pendekatan komunikatif ini dinilai sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat Man.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, L. K. (2024). Upaya mengatasi kesenjangan pendekatan komunikatif menuju pembelajaran bahasa yang efektif murid kelas 3 MI Miftahush Shibyan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(1), 11-16. https://doi.org/10.37630/jpb.v14i1.1579

Aini, D. N. (2020). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Islami Berbasis Pendekatan Komunikatif. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 234-244.

Aisyah, S. (2018). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Smk. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 7(1), 51-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v7i1.102

Akmal, M. (2025). Pengembangan scrapbook digital sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTsN Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Arsyad, M. H. (2019). Metode-metode pembelajaran bahasa Arab berdasarkan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kecakapan berbahasa. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 13-30.

Ashari, S., Rahim, A. R., & Syakur, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya Melalui Pendekatan Komunikatif pada Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 307-323.

Asri. (2023). Analisis Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kelas V UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1 Kota Makasar. Skripsi (S1, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra-PGSD, Universitas Bosowa Makassar).

Avischena, F. R., & Anwar, N. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Domino Mufrodat untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Tingkat Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10340-10346. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9151

Budi, D. S., Aisa, A., & Rahmawati, R. D. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Gambar Berwarna Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab, 3(2), 370-383. https://doi.org/10.32764/al-lahjah.v3i2.2483

Faqihudin, D., & Akhiryani, A. (2023). Peran Halaqah Arabiyah Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2020 Universitas Islam Negerin Datokarama Palu. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 24-37. https://doi.org/10.24239/albariq.v4i1.42

Hamid, M. A., & Fatimah, S. (2020). Pengembangan materi percakapan bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif-interaktif bagi mahasiswa. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1), 46-63.

Hidayat, S., Rahman, A., Fikri, A. I., Mustofa, S., Abdullah, M. Y., & Setiadi, F. M. (2024). The Relationship between Arabic Language Proficiency and Level of Politeness in Indonesian Islamic Boarding Schools. Athla: Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 5(2), 101-115. https://doi.org/10.22515/athla.v5i2.10179

Iman, M. Z., Yaumi, M., & Baso, Y. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mobile Learning. Shaut al Arabiyyah, 9(1), 11-22.

Inayah, Y., & Sya, M. F. (2024). Pembelajaran Bahasa Yang Komunikatif: Pendekatan Efektif Communicative Language Teaching (CLT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(8), 382-393.

Islamiy, F. T., & Fahyuni, E. F. (2024). Development of Arabic Teaching Modules Based on Constructivism with a Communicative Approach: Pengembangan Modul Ajar Bahasa Arab Berbasis Konstruktivisme dengan Pendekatan Komunikatif. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 279-295. https://doi.org/10.14421/almahara.2024.0102-05

Koderi, K., Aridan, M., & Muslim, A. B. (2020). Pengembangan Mobile Learning Untuk Penguasaan Mufrodat Siswa MTs. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2 November), 265-278. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1769

Mariza, M., & Mardiah, M. (2020). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 126-138. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130

Mathoriyah, L., Aisa, A., & Nabilla, B. R. (2022). Desain Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab, 5(2), 612-621. https://doi.org/10.32764/allahjah.v5i2.3012

Maulidi, M., & Aisa, A. (2023). Desain Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Permainan Edukatif Gramatikal Bahasa Arab. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 6(2), 680-687. https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i2.2948

Nurlatipah, L., Rohendi, R., Luthfi, T., & Anwar, R. H. K. (2025). Pelatihan Bahasa Arab: Mufrodat Al-‘Adad 1-10 dengan Metode Pembelajaran Interaktif pada Anak-Anak di Majelis Darul Anwar Kampung Sukajaga Cihanjawar Purwakarta. Alkhidmah: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, 3(2), 27-36. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v3i2.1253

Rohimajaya, N. A. (2017). Analisis Pendekatan Komunikatif Dalam Teks Bahasa Inggris. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 119-127. https://doi.org/10.30653/003.201732.108

Sa'diyah, H., & Abdurahman, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Penelitian Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 51-69.

Sholikhah, H. A., Astuti, M., & Handayani, T. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan struktural bahasa pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 171-183.

Siregar, T., & Alkhairi, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Berbasis Android di MIN 3 Bantul Yogyakarta. Mahira: Journal of Arabic Studies & Teaching, 2(3), 223-230. https://doi.org/10.14421/mahira.2024.23.05

Sobri, S. (2017). Menulis Ilmiah Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 196-207. https://doi.org/10.30653/003.201732.114

Utami, D. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan Bahan ajar berbasis modul interaktif bagi pemelejar BIPA tingkat A1. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2).

Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 64-74.

Yadgarovna, N. D. (2022). Communicative Approach to Teaching a Foreign Language. Indonesian Journal of Public Policy Review, 18. https://doi.org/10.21070/ijppr.v18i0.1209

Zamroni, M., Muttaqien, N., & Octavianto, R. (2023). Pendekatan Komunikatif Dengan Teknik Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 7(1), 109-116.

Published

2025-12-02

How to Cite

Arafatur Raudhatunnisa, Mukmin, M., & rmansyah, I. (2025). Pengembangan Desain Buku Ajar Pembelajaran Mufrodat dengan Pendekatan Komunikatif Peserta Didik Kelas 10 Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1881–1891. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6395

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.