Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6921Keywords:
Pengaruh, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Hasil BelajarAbstract
Urgensi penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi di SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo karena mampu memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat, bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, maupun hari, bahkan menit atau detik. Terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang oleh teknologi elektronik. Hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku siswa secara nyata dan sadar setelah melakukan proses belajar mengajar, hasil tersebut berupa angka (nilai) atau skor. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Nursallam, pemilihan sampel yaitu Siswa kelas VIII yang dipilih sebagai representasi populasi di SMP Nurussalam Jember berdasarkan potensi penggunaan media pembelajaran animasi berbasis. Instrument penelitian yang digunakan menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengisian angket dan analisis dokumen. Serta Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa Akuntansi SMKN 1 Girimulyo. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo: 12% tergolong sangat baik, 56% tergolong baik, 31% tergolong cukup, dan 1% tergolong kurang. Berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu 3.011 (0.0037 sig< 0,05) terhadap hasil belajar siswa akuntansi SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo.
Downloads
References
Aisy, R. R., Hasanah, L., & Nurmalita, N. F. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 46-53. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1872
Burhan, B., Nurwidyayanti, N., Irwandi, A., Shaleh, N. F., Pabulo, K., & Rahmadhanningsih, S. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Rcosystem, 23(2),450-464. https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2889
Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar siswa the Influence of The Use of Information Technology and Interpersonal Communication on Student Learning Outcomes. Cahaya Pendidikan, 6(2), 79-93. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2382
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Ghafara, S. T., Jalinus, N., Ambiyar, A., Waskito, W., & Rizal, F. (2023). Pembelajaran Menggunakan TIK dapat Meningkatkan Literasi Peserta Didik Generasi Z Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal saintikom (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer),22(2),241-251. https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8503
Kampong, R. F., Komansilan, T., Togas, P. V., & Ratumbuisang, K. F. (2022). Pengaruh media video YouTube terhadap hasil belajar siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 308-318.
Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh pembelajaran literasi digital pada kompetensi teknologi informasi da komunikasi (tik) calon guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107-116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948
Listiani, I. (2021). Analisis Pentingnya Sistem Informasi Manajemen dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi Saat Ini. Informasi, Teknologi Dan Komunkasi,1,1-15. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9k7
Moningka, G. G. E., Liando, O. E. S., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 439-451.
Rahmaniar, E., & Prastowo, A. (2022). Implikasi model simulasi berbasis teknologi informasi dan Komunikasi terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 639-647. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1854
Roza, W., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Putri, D. A. E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89-98. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.426
Safitri, A. E. (2025). Pengaruh Lokus Kendali Internal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 14-14. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1446
Sholihah, N., Mutmainah, F., Ishak, K. A., & Lubis, A. (2022). Penggunaan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(1),28-32. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2949
Siswanto, S., & Arbani, Z. A. (2021). Pengaruh minat belajar, kompetensi profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 213-222. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.43188
Subagio, I. K. A., & Limbong, A. M. N. (2023). Dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap aktivitas pendidikan. Journal of Learning and Technology, 2(1), 43-52. https://doi.org/10.33830/jlt.v2il.5844
Sudirman, F. A. (2023). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Sdgs: Review Literatur Sistematis. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(2), 273-288. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.56
Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif
Sulaiman, N. ., Tikollah, M. R. ., & Azis, F. . (2025). Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Ekoma: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 4971–4979. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i3.6671
Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 332-334.
Tiara, A., Fauzi, A., Dayanti, H., Sari, N., Khotimmah, N., & Roliyanah, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Tata Persuratan Elektronik (Literature Review Manajemen Sekuriti). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 843-849. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5.1549
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2),242-252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Latifah Lestari, Anita Rinawati, Sugeng Eko Putro Widoyoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







