Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo

Authors

  • Latifah Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6921

Keywords:

Pengaruh, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Hasil Belajar

Abstract

Urgensi penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi di SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo karena mampu memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat, bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, maupun hari, bahkan menit atau detik. Terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang oleh teknologi elektronik. Hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku siswa secara nyata dan sadar setelah melakukan proses belajar mengajar, hasil tersebut berupa angka (nilai) atau skor. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Nursallam, pemilihan sampel yaitu Siswa kelas VIII yang dipilih sebagai representasi populasi di SMP Nurussalam Jember berdasarkan potensi penggunaan media pembelajaran animasi berbasis.  Instrument penelitian yang digunakan menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengisian angket dan analisis dokumen. Serta Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa Akuntansi SMKN 1 Girimulyo. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo: 12% tergolong sangat baik, 56% tergolong baik, 31% tergolong cukup, dan 1% tergolong kurang. Berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu 3.011 (0.0037 sig< 0,05) terhadap hasil belajar siswa akuntansi SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, R. R., Hasanah, L., & Nurmalita, N. F. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 46-53. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1872

Burhan, B., Nurwidyayanti, N., Irwandi, A., Shaleh, N. F., Pabulo, K., & Rahmadhanningsih, S. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Rcosystem, 23(2),450-464. https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2889

Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar siswa the Influence of The Use of Information Technology and Interpersonal Communication on Student Learning Outcomes. Cahaya Pendidikan, 6(2), 79-93. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2382

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Ghafara, S. T., Jalinus, N., Ambiyar, A., Waskito, W., & Rizal, F. (2023). Pembelajaran Menggunakan TIK dapat Meningkatkan Literasi Peserta Didik Generasi Z Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal saintikom (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer),22(2),241-251. https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8503

Kampong, R. F., Komansilan, T., Togas, P. V., & Ratumbuisang, K. F. (2022). Pengaruh media video YouTube terhadap hasil belajar siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 308-318.

Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh pembelajaran literasi digital pada kompetensi teknologi informasi da komunikasi (tik) calon guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107-116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948

Listiani, I. (2021). Analisis Pentingnya Sistem Informasi Manajemen dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi Saat Ini. Informasi, Teknologi Dan Komunkasi,1,1-15. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9k7

Moningka, G. G. E., Liando, O. E. S., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 439-451.

Rahmaniar, E., & Prastowo, A. (2022). Implikasi model simulasi berbasis teknologi informasi dan Komunikasi terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 639-647. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1854

Roza, W., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Putri, D. A. E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89-98. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.426

Safitri, A. E. (2025). Pengaruh Lokus Kendali Internal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 14-14. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1446

Sholihah, N., Mutmainah, F., Ishak, K. A., & Lubis, A. (2022). Penggunaan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(1),28-32. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2949

Siswanto, S., & Arbani, Z. A. (2021). Pengaruh minat belajar, kompetensi profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 213-222. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.43188

Subagio, I. K. A., & Limbong, A. M. N. (2023). Dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap aktivitas pendidikan. Journal of Learning and Technology, 2(1), 43-52. https://doi.org/10.33830/jlt.v2il.5844

Sudirman, F. A. (2023). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Sdgs: Review Literatur Sistematis. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(2), 273-288. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.56

Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif

Sulaiman, N. ., Tikollah, M. R. ., & Azis, F. . (2025). Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Ekoma: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 4971–4979. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i3.6671

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 332-334.

Tiara, A., Fauzi, A., Dayanti, H., Sari, N., Khotimmah, N., & Roliyanah, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Tata Persuratan Elektronik (Literature Review Manajemen Sekuriti). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 843-849. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5.1549

Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2),242-252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821

Published

2025-12-02

How to Cite

Lestari, L., Rinawati, A., & Widoyoko, S. E. P. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi SMKN 1 Girimulyo Kabupaten Kulonprogo . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1892–1901. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6921

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.