Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jurusan MPLB di SMK Widya Praja Ungaran
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6952Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan, Asesmen, ManajerialAbstract
Dunia pendidikan selalu mengalami dampak dari terjadinya perubahan kurikulum setiap tahunnya yang dimana dunia pendidikan harus mengganti kurikulum mereka disekolah dan menyesuaikannya dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen dalam Kurikulum Merdeka pada jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Widya Praja Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan kerangka fungsi manajerial dari George R. Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi perencanaan dan pengorganisasian telah dilaksanakan secara kolaboratif melalui pelatihan guru dan pembagian peran yang jelas. Fungsi pelaksanaan berjalan efektif melalui asesmen berbasis proyek dan pemanfaatan platform digital seperti Exambro. Namun demikian, fungsi pengawasan masih terbatas karena belum adanya indikator mutu asesmen yang distandarkan. Untuk menilai implementasi keempat fungsi manajerial, disusun tabel skoring manual berdasarkan indikator yang diidentifikasi dari data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik asesmen sudah selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka, meskipun diperlukan penguatan pada aspek pengawasan dan evaluasi reflektif. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoretis dan praktis terhadap pengembangan manajemen asesmen dalam pendidikan vokasi.
Downloads
References
Afia, B., Yessari, M., & Yeni, Z. (2025). Asesmen otentik sebagai sarana penguatan Profil Pelajar Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 1-8. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6004
Ali, M. (2023). Pendampingan Penilaian Formatif Bagi Guru Sebagai Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Inpres Parangina. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 129-137. https://doi.org/10.33627/pk.62.1261
Az-Zahra, I. B., & Rochmawati, R. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Berbantuan Liveworksheet Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 12(2), 317-330. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872
Bahartiar, B., & Arwadi, F. (2020). Analisa Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik, Prosedur Analisis (2020). Badan Penerbit UNM.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Divan, S., & Adam, G. (2023). Persepsi Guru di Gugus Langke Rembong Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1580-1596. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7152
Erni, E., Ulya, R. H., Marhamah, M., & Nurmalinda, N. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi dalam Penyusunan Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 50037-50046.
Hadi, B. (2021). Fenomena learninng loss pada pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia: learning loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.262
Hikmah, S., & Putra, A. A. P. (2023). Implementation Of Technology And Vocational Education Management In Facing The Independent Learning Curriculum. Jurnal iMProvement Vol, 10(1).
Huberman, A. (2019). Qualitative data analysis a methods sourcebook.
Mariati, N. K. S. (2025). Collaborative Strategies in Authentic Assessment: Addressing Opportunities and Challenges in Post-Pandemic Indonesia. Baileo: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 199-210. https://doi.org/10.30598/baileofisipvol2iss2pp199-210
Ropiyah, R., Suriswo, S., & Mulyono, T. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi. Journal of Education Research, 5(1), 408–416. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.838
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Serani, G., & Hairida, H. (2024). Implementasi Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka: Kesulitan Dan Tantangan Guru Di Sekolah Dasar Kota Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1), 79–90. https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.3386
Soraya, E., & Supadi, S. (2022). The Practice of Learning Community on Teachers’ Development: A Case of Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6965-6972. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2292
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111-130. https://doi.org/10.21580/wa.v5i1.2566
Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan pendidikan nasional menghadapi tantangan global sebuah analisis strategis dan prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620-634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888
Terry, G. R. (1972). Principles of Management [By] George R. Terry. RD Irwin.
Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada materi anekdot untuk siswa SMA. Semantik, 12(1), 61-74. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74
Yamoah, E. E., & Quansah, M. (2025). Stakeholder Collaboration in School Improvement Planning toward Academic Excellence in Junior High Schools of Gomoa West and Central Districts, Ghana. SSRN Electronic Journal, February. https://doi.org/10.2139/ssrn.5277024
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi assemen diagnostic untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241-250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhmad Firdaus Nuril Hidayat, Anis Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







