Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jurusan MPLB di SMK Widya Praja Ungaran

Authors

  • Akhmad Firdaus Nuril Hidayat Universitas Negeri Semarang
  • Anis Susanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6952

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan, Asesmen, Manajerial

Abstract

Dunia pendidikan selalu mengalami dampak dari terjadinya perubahan kurikulum setiap tahunnya yang dimana dunia pendidikan harus mengganti kurikulum mereka disekolah dan menyesuaikannya dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen dalam Kurikulum Merdeka pada jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Widya Praja Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan kerangka fungsi manajerial dari George R. Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi perencanaan dan pengorganisasian telah dilaksanakan secara kolaboratif melalui pelatihan guru dan pembagian peran yang jelas. Fungsi pelaksanaan berjalan efektif melalui asesmen berbasis proyek dan pemanfaatan platform digital seperti Exambro. Namun demikian, fungsi pengawasan masih terbatas karena belum adanya indikator mutu asesmen yang distandarkan. Untuk menilai implementasi keempat fungsi manajerial, disusun tabel skoring manual berdasarkan indikator yang diidentifikasi dari data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik asesmen sudah selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka, meskipun diperlukan penguatan pada aspek pengawasan dan evaluasi reflektif. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoretis dan praktis terhadap pengembangan manajemen asesmen dalam pendidikan vokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afia, B., Yessari, M., & Yeni, Z. (2025). Asesmen otentik sebagai sarana penguatan Profil Pelajar Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 1-8. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6004

Ali, M. (2023). Pendampingan Penilaian Formatif Bagi Guru Sebagai Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Inpres Parangina. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 129-137. https://doi.org/10.33627/pk.62.1261

Az-Zahra, I. B., & Rochmawati, R. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Berbantuan Liveworksheet Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 12(2), 317-330. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872

Bahartiar, B., & Arwadi, F. (2020). Analisa Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik, Prosedur Analisis (2020). Badan Penerbit UNM.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Divan, S., & Adam, G. (2023). Persepsi Guru di Gugus Langke Rembong Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1580-1596. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7152

Erni, E., Ulya, R. H., Marhamah, M., & Nurmalinda, N. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi dalam Penyusunan Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 50037-50046.

Hadi, B. (2021). Fenomena learninng loss pada pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia: learning loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.262

Hikmah, S., & Putra, A. A. P. (2023). Implementation Of Technology And Vocational Education Management In Facing The Independent Learning Curriculum. Jurnal iMProvement Vol, 10(1).

Huberman, A. (2019). Qualitative data analysis a methods sourcebook.

Mariati, N. K. S. (2025). Collaborative Strategies in Authentic Assessment: Addressing Opportunities and Challenges in Post-Pandemic Indonesia. Baileo: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 199-210. https://doi.org/10.30598/baileofisipvol2iss2pp199-210

Ropiyah, R., Suriswo, S., & Mulyono, T. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi. Journal of Education Research, 5(1), 408–416. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.838

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Serani, G., & Hairida, H. (2024). Implementasi Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka: Kesulitan Dan Tantangan Guru Di Sekolah Dasar Kota Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1), 79–90. https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.3386

Soraya, E., & Supadi, S. (2022). The Practice of Learning Community on Teachers’ Development: A Case of Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6965-6972. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2292

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111-130. https://doi.org/10.21580/wa.v5i1.2566

Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan pendidikan nasional menghadapi tantangan global sebuah analisis strategis dan prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620-634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888

Terry, G. R. (1972). Principles of Management [By] George R. Terry. RD Irwin.

Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada materi anekdot untuk siswa SMA. Semantik, 12(1), 61-74. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74

Yamoah, E. E., & Quansah, M. (2025). Stakeholder Collaboration in School Improvement Planning toward Academic Excellence in Junior High Schools of Gomoa West and Central Districts, Ghana. SSRN Electronic Journal, February. https://doi.org/10.2139/ssrn.5277024

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi assemen diagnostic untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241-250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27

Published

2025-11-03

How to Cite

Hidayat, A. F. N., & Susanti, A. (2025). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jurusan MPLB di SMK Widya Praja Ungaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1779–1788. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6952

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 

You may also start an advanced similarity search for this article.