Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi di SMA Negeri 10 Purworejo

Authors

  • Wahyu Santosa Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6967

Keywords:

Evaluasi Program, Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, CIPP

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi di SMA Negeri 10 Purworejo. Evaluasi dilaksanakan menggunakan desain penelitian evaluasi model CIPP dengan pendekatan kuantitatif sehingga hasil yang diperoleh dapat terukur secara objektif. Populasi penelitian meliputi seluruh fasilitator sebanyak 8 orang serta peserta didik kelas XI sebanyak 252 orang. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan pedoman Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% sehingga terpilih 5 fasilitator dan 145 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket yang dirancang untuk mengukur aspek konteks, input, proses, dan produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek konteks memperoleh rerata skor 3,92 dengan kategori sangat baik. Aspek input memperoleh rerata skor 3,34 dengan kategori sangat baik. Aspek proses memperoleh rerata skor 3,32 dengan kategori sangat baik. Aspek produk memperoleh rerata skor 4,00 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan P5 memperoleh rerata 3,65 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan program sudah berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mampu membentuk karakter pelajar Pancasila. Namun terdapat kendala yang masih dihadapi dalam pelaksanaan P5, seperti keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang belajar, kurangnya minat dan motivasi siswa yang terlihat dari rendahnya fokus saat kegiatan berlangsung, keterbatasan anggaran atau dana, kurangnya pemahaman fasilitator terhadap tema, serta keterbatasan waktu pelaksanaan. Kendala tersebut memberikan gambaran bahwa meskipun program telah berjalan dengan kualitas sangat baik, masih diperlukan upaya perbaikan berkelanjutan agar implementasi projek P5 dapat lebih optimal dan memberikan dampak yang lebih luas bagi penguatan profil pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilla, P., Purwanto, H., Sarwan, S., & Risma, M. (2024). Pendampingan dan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dimensi berkebinekaan global dengan tema suara demokrasi di SMPN 5 Pangean. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 8(3), 332–337. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7831

Astuti, T. M. P., Setyowati, D. L., Hidayah, I., Kusumandari, R. B., Fajar, F., & Setyoko, D. T. (2024). Penanaman karakter toleran melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 10(1), 15–28. https://doi.org/10.18784/smart.v10i1.2218

Damayanti, A. M., Ilmiyah, M., & Maulida, R. D. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Pasuruan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 268–274. https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.21332

Darmawan, W., & Syahrin, A. A. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi dalam memperkuat partisipasi siswa melalui pemilihan OSIS. Jurnal Global Futuristik, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i2.569

Dyahningtyas, E. P., Rahmawan, D., Rosanti, D. A., Khapsari, D. I., Putri, G. I., Wijaya, R. T., … & Ganinda, N. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila bertema demokrasi pada tahun politik di SMPN 1 Mojosari. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2255

Gultom, A. F. (2023). Nilai yang Hilang dari Profil Pelajar Pancasila. Buletin Macapat, June, 1-4.

Hidayatunnisa, B. N., Mustari, M., Alqadri, B., & Zubair, M. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMKN 1 Sikur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2242–2250. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2352

Ilyas, A. A. A. R. M., Cucu, S., Iis, S., Kustati, C., Ikka, K. A. F., & Agus, M. (2023). Pendampingan Pendidik dalam Mengimplementasikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira) Vol, 3(1). https://doi.org/10.31004/abdira.v3i1.278

Johari, S., & Nawaji, N. (2021). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.116

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Direktorat Jenderal Sekolah Dasar.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pedoman penerapan Kurikulum Merdeka.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. UMP Press: Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10. https://doi.org/10.30595/-ssh.v10i.674

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi program kegiatan P5 kearifan lokal fase D di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda, J. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila tema “gaya hidup berkelanjutan” kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42-49.

Mulyani, D., Setiaji, C. A., & Widoyoko, S. E. P. (2024). Efektivitas projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi. Surya Edunomics, 10(1), 29–34.

Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). https://doi.org/10.57235/sakola.v2i1.5435

Purba, I. S. K., Sukadi, S., & Budiarta, I. W. (2025). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter religius dan mandiri pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Banjar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 564–573. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.833

Ramadhani, D., & Sholeh, M. (2023). Evaluasi implementasi program proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi untuk fase F. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(4), 1023–1034.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulfah, N. U., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi di SMK Negeri 6 Semarang. Primer: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178

Published

2025-12-02

How to Cite

Santosa, W., Widoyoko, S. E. P., & Rinawati, A. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi di SMA Negeri 10 Purworejo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1902–1919. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6967

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.