Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi di SMA Negeri 10 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6967Keywords:
Evaluasi Program, Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, CIPPAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi di SMA Negeri 10 Purworejo. Evaluasi dilaksanakan menggunakan desain penelitian evaluasi model CIPP dengan pendekatan kuantitatif sehingga hasil yang diperoleh dapat terukur secara objektif. Populasi penelitian meliputi seluruh fasilitator sebanyak 8 orang serta peserta didik kelas XI sebanyak 252 orang. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan pedoman Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% sehingga terpilih 5 fasilitator dan 145 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket yang dirancang untuk mengukur aspek konteks, input, proses, dan produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek konteks memperoleh rerata skor 3,92 dengan kategori sangat baik. Aspek input memperoleh rerata skor 3,34 dengan kategori sangat baik. Aspek proses memperoleh rerata skor 3,32 dengan kategori sangat baik. Aspek produk memperoleh rerata skor 4,00 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan P5 memperoleh rerata 3,65 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan program sudah berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mampu membentuk karakter pelajar Pancasila. Namun terdapat kendala yang masih dihadapi dalam pelaksanaan P5, seperti keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang belajar, kurangnya minat dan motivasi siswa yang terlihat dari rendahnya fokus saat kegiatan berlangsung, keterbatasan anggaran atau dana, kurangnya pemahaman fasilitator terhadap tema, serta keterbatasan waktu pelaksanaan. Kendala tersebut memberikan gambaran bahwa meskipun program telah berjalan dengan kualitas sangat baik, masih diperlukan upaya perbaikan berkelanjutan agar implementasi projek P5 dapat lebih optimal dan memberikan dampak yang lebih luas bagi penguatan profil pelajar Pancasila.
Downloads
References
Adilla, P., Purwanto, H., Sarwan, S., & Risma, M. (2024). Pendampingan dan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dimensi berkebinekaan global dengan tema suara demokrasi di SMPN 5 Pangean. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 8(3), 332–337. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7831
Astuti, T. M. P., Setyowati, D. L., Hidayah, I., Kusumandari, R. B., Fajar, F., & Setyoko, D. T. (2024). Penanaman karakter toleran melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 10(1), 15–28. https://doi.org/10.18784/smart.v10i1.2218
Damayanti, A. M., Ilmiyah, M., & Maulida, R. D. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Pasuruan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 268–274. https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.21332
Darmawan, W., & Syahrin, A. A. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi dalam memperkuat partisipasi siswa melalui pemilihan OSIS. Jurnal Global Futuristik, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i2.569
Dyahningtyas, E. P., Rahmawan, D., Rosanti, D. A., Khapsari, D. I., Putri, G. I., Wijaya, R. T., … & Ganinda, N. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila bertema demokrasi pada tahun politik di SMPN 1 Mojosari. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2255
Gultom, A. F. (2023). Nilai yang Hilang dari Profil Pelajar Pancasila. Buletin Macapat, June, 1-4.
Hidayatunnisa, B. N., Mustari, M., Alqadri, B., & Zubair, M. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMKN 1 Sikur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2242–2250. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2352
Ilyas, A. A. A. R. M., Cucu, S., Iis, S., Kustati, C., Ikka, K. A. F., & Agus, M. (2023). Pendampingan Pendidik dalam Mengimplementasikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira) Vol, 3(1). https://doi.org/10.31004/abdira.v3i1.278
Johari, S., & Nawaji, N. (2021). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.116
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Direktorat Jenderal Sekolah Dasar.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pedoman penerapan Kurikulum Merdeka.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. UMP Press: Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10. https://doi.org/10.30595/-ssh.v10i.674
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi program kegiatan P5 kearifan lokal fase D di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177
Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda, J. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila tema “gaya hidup berkelanjutan” kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42-49.
Mulyani, D., Setiaji, C. A., & Widoyoko, S. E. P. (2024). Efektivitas projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi. Surya Edunomics, 10(1), 29–34.
Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). https://doi.org/10.57235/sakola.v2i1.5435
Purba, I. S. K., Sukadi, S., & Budiarta, I. W. (2025). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter religius dan mandiri pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Banjar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 564–573. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.833
Ramadhani, D., & Sholeh, M. (2023). Evaluasi implementasi program proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi untuk fase F. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(4), 1023–1034.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfah, N. U., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi di SMK Negeri 6 Semarang. Primer: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Santosa, Sugeng Eko Putro Widoyoko, Anita Rinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







