Pengembangan Media Tabung Angka Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7015Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Tabung Angka Interaktif, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini, ADDIEAbstract
Kemampuan kosakata merupakan fondasi utama dalam penguasaan bahasa Inggris karena menjadi kunci dalam memahami, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, banyak siswa sekolah menengah pertama yang masih mengalami kesulitan dalam memperkaya kosakata akibat penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian terdiri atas angket validasi ahli materi dan media, serta tes pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas produk. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Proses pengembangan menghasilkan media pembelajaran berbasis AI yang layak digunakan dengan nilai validasi ahli sebesar 90% (kategori sangat layak). Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata siswa dengan rata-rata kenaikan skor sebesar 35% antara pre-test dan post-test.Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AI ini efektif dan layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris siswa SMP secara interaktif, menarik, dan adaptif terhadap perbedaan kemampuan belajar.
Downloads
References
Adawurah, M. (2025). Enhancing early numeracy through play-based learning: A case study using counting games and visual aids in a Ghanaian kindergarten classroom. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-6787623/v1
Anggraini, A. L., & Rahmadani, N. K. A. (2025). Strategi pengembangan diri alumni pondok pesantren dalam upaya meningkatkan kesiapan sebagai calon pendidik anak usia dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1000–1012. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6466
Chumairoh, A. A. W., & Fradana, A. N. (2025). Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 955–966. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6362
Clements, D. H., Guss, S. S., Sarama, J., & Alvarez-Vargas, D. (2025). Best of both worlds: Developing an innovative, integrated, intelligent, and interactive system of technologies supporting in-person and digital experiences for early mathematics. Computers in the Schools, 42(1), 73–92. https://doi.org/10.1080/07380569.2024.2410903
Daryati, M. (2025). The effectiveness of interactive learning media in improving early childhood numeracy skills. Jurnal PENA PAUD, 6(1). https://doi.org/10.33369/jpp.v6i1.41166
Jusniani, N., & Monariska, E. (2025). Pengembangan media ajar matematika kartun menggunakan storyboard berbasis kontekstual untuk siswa sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 525–540. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.5802
Lazzara, L., Weber, A., & Leuchter, M. (2025). Building minds with blocks: The impact of a play-based professional development on preschool teachers’ competencies and children’s learning. Teaching and Teacher Education, 165, 105144. https://doi.org/10.1016/j.sciadv.2025.25002215
Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, S. R., & Dzulfadhilah, F. (2023). Pengaruh media loose part terhadap kreativitas anak usia dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 154–163. https://doi.org/10.30605/cjpe.6.2.2023.3024
Louw, J., & Claassens, H. (2025). Enhancing mathematical skills of learners in the early childhood phase through play-based learning: A review of literature. Journal of Education and Learning, 14(2), 172–179. https://doi.org/10.5539/jel.v14n2p159
Nurjannah, S., & Masitah, W. (2025). Pengaruh alat permainan edukatif portable sensory path terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 602–615. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.5824
Nurmila, N., Zulfatmi, Z., & Hayati, H. (2025). Analisis kebutuhan pengembangan media vlog materi kebersihan lingkungan rumah untuk peserta didik fase C. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 777–789. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6190
Pakpahan, F. H., & Saragih, M. (2022). Theory of cognitive development by Jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(1), 55–60. https://doi.org/10.52622/joal.v2i2.79
Putri, A. H., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Media Kongka (Koper Angka) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 298-311.
Shafajar, N., & Rohmah, N. (2025). Systematic literature review: Self-efficacy pendidik PAUD dalam praktik mengajar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1162–1174. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6562
Siahaan, L. H. (2025). R&D dalam pendidikan: Implementasi model ADDIE dan 4D pada pendidikan bahasa Inggris dan PG PAUD (J. A. Alifah & N. Aryaningsih, Eds.; 1st ed.). Depok, Sleman–Yogyakarta.
Sujiono, Y. N. (2017). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Suyadi, & Dahlia. (2020). Implementasi dan inovasi kurikulum PAUD 2013: Program pembelajaran berbasis multiple intelligences. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wangila, D. N., Syahid, A. A., & Rukmana, K. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi PANDARA untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1041–1055. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6437
Wijaya, I. K. W. B., & Prathiwi, K. J. R. (2022). Pengembangan akhlak terhadap alam kepada anak usia dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 205–210. https://doi.org/10.30605/cjpe.5.2.2022.2109
Zuliana, Z., & Sumanto, R. P. A. (2025). Implementasi program pengembangan 7 kebiasaan anak Indonesia hebat dalam membentuk karakter disiplin positif anak usia dini usia 5–6 tahun. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 860–874. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6322
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Lisnawati, Nita Priyanti, Irma Yuliantina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







