Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik

Authors

  • Risfina Dwi Nanda Universitas Negeri Medan
  • Dina Handayani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7016

Keywords:

Kesulitan Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Motivasi, Media Pembelajaran

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep-konsep biologi yang kompleks dan abstrak menyebabkan sebagian besar dari mereka belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi ini menjadi dasar perlunya analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada materi Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit di kelas XI SMA Negeri 17 Medan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 103 peserta didik yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket faktor internal (motivasi, minat, dan aspek psikiatis) serta angket faktor eksternal (sarana prasarana, metode pembelajaran, dan media pembelajaran). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes esai, penyebaran angket tertutup, dan dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase hasil tes dan angket menggunakan rumus distribusi frekuensi sederhana, kemudian dikategorikan ke dalam tingkat kesulitan belajar dan tingkat pengaruh faktor internal–eksternal sesuai kriteria interpretasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor internal, aspek motivasi merupakan hambatan terbesar dengan persentase 62,25% (kategori tinggi), sedangkan aspek minat sebesar 57,70% (kategori sedang), dan psikiatis 44,85% (kategori sedang). Sementara itu, pada faktor eksternal, media pembelajaran menempati kategori tertinggi dengan persentase 61,55% (kategori tinggi), diikuti metode pembelajaran sebesar 59,81% (kategori sedang), dan sarana prasarana 52,43% (kategori sedang). Temuan ini menegaskan bahwa kesulitan belajar peserta didik tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi psikologis dan motivasi individu, tetapi juga oleh keterbatasan strategi serta media pembelajaran yang digunakan guru. Kesimpulannya, faktor internal dan eksternal sama-sama berkontribusi terhadap kesulitan belajar peserta didik, namun faktor motivasi dan media pembelajaran menjadi aspek yang paling dominan. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar siswa serta penggunaan media yang variatif dan interaktif sangat diperlukan untuk mendukung efektivitas pembelajaran biologi, khususnya pada materi yang bersifat abstrak dan kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2(1), 14-27. https://doi.org/10.21093/sijope.v2i1.5130

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1): 466-476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Fatmasari, L., & Bahrodin, A. (2022). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 3(2), 7-20.https://doi.org/10.38156/psikowipa.v3i2.85

Ferry, D. (2024). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(2), 172-181. https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.18613

Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 5-114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Harita, K. B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi pada Kelas X SMA Negeri 1 Gomo. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 103-121. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i2.2287

Halentina, A. S. P. S., & Sinaga, A. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X IPA SMA Negeri 4 Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2). http://dx.doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7545

Hanifah, U., Hidayah, N., Diniyah, C. A., Ismy, N., Mulyani, I. D., & Panggabean, H. S. (2025). Memahami dan Menjelaskan Tentang Kesulitan Belajar, Definisi Kesulitan Belajar, Diagnosis Hingga Alternatif Pemecahan Masalahnya. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 440-448. https://doi.org/10.57235/hemat.v2i1.5088

Hisdayu, H., Titin, T., & Tenriawaru, A. B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Tebas pada Materi Protista. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1833-1847. http://dx.doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9347

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66). https://doi.org/10.24252/psb.v6i1.15544

Madini, H., Azharo, A., & Wati, D. R. (2025). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 3(1) :100-108. https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i1.2095

Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, S. M., & Agustina, S. D. (2020). Faktor penyebab kesulitan belajar dan dampak terhadap perkembangan prestasi siswa kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1): 329-337.

Munawarah, S., Antoni, A., & Batubara, J. (2023). Kesulitan belajar pada siswa: Analisis tentang jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor penyebabnya pada siswa SMAS Jabal Nur Jadid Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12640-12650. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8406

Pratiwi, E. A., Imron, A., & Juharyanto, J. (2023). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran Di Sman 1 Tumpang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 905-917. https://doi:10.17977/um065v3i102023p905-917

Puspita, I. S., & Ratnasari, D. (2023). Analisis Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Sintang Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2): 26-31. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.960

Sani, Y., Sari, N. F., & Harahap, R. D. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i2.1696

Setiawan, R. A., Hidayat, M. S., & Fatimah, F. (2023). Pengertian dan Hakikat Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab. Alfiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1-5.

Siregar, H. T. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215-226. http://doi:10.24252/ip.2025v28n1i5

Suryani, Y. E. (2020). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33–47.

Ulfa, N. A., Hidayatussakinah, H., & Prabawati, R. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Biolearning journal, 10(1), 36-40. http://dx.doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v10i1.3705

Published

2025-12-02

How to Cite

Nanda, R. D., & Handayani, D. (2025). Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1947–1956. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7016

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.