Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7016Keywords:
Kesulitan Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Motivasi, Media PembelajaranAbstract
Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep-konsep biologi yang kompleks dan abstrak menyebabkan sebagian besar dari mereka belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi ini menjadi dasar perlunya analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada materi Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit di kelas XI SMA Negeri 17 Medan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 103 peserta didik yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket faktor internal (motivasi, minat, dan aspek psikiatis) serta angket faktor eksternal (sarana prasarana, metode pembelajaran, dan media pembelajaran). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes esai, penyebaran angket tertutup, dan dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase hasil tes dan angket menggunakan rumus distribusi frekuensi sederhana, kemudian dikategorikan ke dalam tingkat kesulitan belajar dan tingkat pengaruh faktor internal–eksternal sesuai kriteria interpretasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor internal, aspek motivasi merupakan hambatan terbesar dengan persentase 62,25% (kategori tinggi), sedangkan aspek minat sebesar 57,70% (kategori sedang), dan psikiatis 44,85% (kategori sedang). Sementara itu, pada faktor eksternal, media pembelajaran menempati kategori tertinggi dengan persentase 61,55% (kategori tinggi), diikuti metode pembelajaran sebesar 59,81% (kategori sedang), dan sarana prasarana 52,43% (kategori sedang). Temuan ini menegaskan bahwa kesulitan belajar peserta didik tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi psikologis dan motivasi individu, tetapi juga oleh keterbatasan strategi serta media pembelajaran yang digunakan guru. Kesimpulannya, faktor internal dan eksternal sama-sama berkontribusi terhadap kesulitan belajar peserta didik, namun faktor motivasi dan media pembelajaran menjadi aspek yang paling dominan. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar siswa serta penggunaan media yang variatif dan interaktif sangat diperlukan untuk mendukung efektivitas pembelajaran biologi, khususnya pada materi yang bersifat abstrak dan kompleks.
Downloads
References
Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2(1), 14-27. https://doi.org/10.21093/sijope.v2i1.5130
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1): 466-476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Fatmasari, L., & Bahrodin, A. (2022). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 3(2), 7-20.https://doi.org/10.38156/psikowipa.v3i2.85
Ferry, D. (2024). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(2), 172-181. https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.18613
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 5-114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Harita, K. B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi pada Kelas X SMA Negeri 1 Gomo. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 103-121. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i2.2287
Halentina, A. S. P. S., & Sinaga, A. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X IPA SMA Negeri 4 Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2). http://dx.doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7545
Hanifah, U., Hidayah, N., Diniyah, C. A., Ismy, N., Mulyani, I. D., & Panggabean, H. S. (2025). Memahami dan Menjelaskan Tentang Kesulitan Belajar, Definisi Kesulitan Belajar, Diagnosis Hingga Alternatif Pemecahan Masalahnya. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 440-448. https://doi.org/10.57235/hemat.v2i1.5088
Hisdayu, H., Titin, T., & Tenriawaru, A. B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Tebas pada Materi Protista. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1833-1847. http://dx.doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9347
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66). https://doi.org/10.24252/psb.v6i1.15544
Madini, H., Azharo, A., & Wati, D. R. (2025). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 3(1) :100-108. https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i1.2095
Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, S. M., & Agustina, S. D. (2020). Faktor penyebab kesulitan belajar dan dampak terhadap perkembangan prestasi siswa kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1): 329-337.
Munawarah, S., Antoni, A., & Batubara, J. (2023). Kesulitan belajar pada siswa: Analisis tentang jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor penyebabnya pada siswa SMAS Jabal Nur Jadid Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12640-12650. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8406
Pratiwi, E. A., Imron, A., & Juharyanto, J. (2023). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran Di Sman 1 Tumpang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 905-917. https://doi:10.17977/um065v3i102023p905-917
Puspita, I. S., & Ratnasari, D. (2023). Analisis Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Sintang Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2): 26-31. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.960
Sani, Y., Sari, N. F., & Harahap, R. D. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i2.1696
Setiawan, R. A., Hidayat, M. S., & Fatimah, F. (2023). Pengertian dan Hakikat Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab. Alfiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1-5.
Siregar, H. T. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215-226. http://doi:10.24252/ip.2025v28n1i5
Suryani, Y. E. (2020). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33–47.
Ulfa, N. A., Hidayatussakinah, H., & Prabawati, R. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Biolearning journal, 10(1), 36-40. http://dx.doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v10i1.3705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risfina Dwi Nanda, Dina Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







