Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181
Keywords:
Media gambar berseri, menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media gambar
beseri tarhadap pembelajaran menulis cerpen, mendeskripsikan hasil perbedaan
secara signifikan hasil belajar menulis cerpen antara yang menggunakan media
gambar berseri dan tanpa menggunakan media gambar berseri. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group peretest posttets design.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menentukan langsung
dengan pertimbangan bahwa semua kelas memiliki kesempatan yang sama dan
homogen. Hasil uji perbandingan rata rata nilai pretets kelas VIII SMP Negeri 7
Palopo adalah 65,6 sedangkan posttest kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo adalah 78,4.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata rata siswa sebelum menerapkan
media gambar berseri adalah 66,6 yang diperoleh dari hasil bagi jumlah seluru nilai
(∑X) dengan jumlah sampel (N) atau (∑ X/N) = 1,620/25 =64,8) sedangkan nilai
rata rata setelah menerapkan media gambar berseri adalah 78,4 yang di peroleh
dari hasil bagi jumlah seluru nilai (∑X) dengan jumlah siswa sampel (N) atau (∑
X/N) =1,960/25 = 78,4). Berdasarkan data tersebut maka siswa kelas VIII SMP
Negeri 7 Palopo sudah mampu menulis cerpen dengan memanfaatkan media
gambar berseri.
Downloads
References
Keterampilan Menulis Materi Membuat Karangan Melalui Media
Gambar Seri pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar. Skripsi.
Tidak diterbitkan. FIP UNM. Makassar.
Ahmadi, Muksin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa
dan Apresiasi Sastra. Usaha Nasional. Malang.
Akhadiah, Sabarti dkk. 1995. Menulis.Depdiknas. Jakarta.
Aminuddin. 1990. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru. Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.
Depdiknas. Jakarta
Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Azhar. 2000. Pengertian Media Pembelajaran. Sinar Baru Aglesindo. Bandung
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas. Jakarta
De Porter, Bobby dan Hernacki. 2007. Quantum Learning: Membiasakan
Belajar nyaman dan Menyenangkan. KAIFA. New York.
Gani, Razinur. 1998. Pengajaran Sastra Indonesia Respond dan Analisis.:
Depdikbud. Jakarta
Hasnindar. 2016. Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran
Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 7 Palopo. Skripsi. Tidak
diterbitkan. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas
Cokroaminoto Palopo.
Herlina, B. 2012. Keefektifan Strategi Belajar Show Not Tell dalam
Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kaluku
Kabupaten Mamuju. Skripsi. Tidak diterbitkan. Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Keraf, Goris. 2000. Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Media: Jakarta
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Balai Pustaka. Jakarta
Miriam, Caryn. 2006. Daripada Bete, Nulis Aja. Kaifa. Bandung
Nurgiyantoro. 2005. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.
Yogyakarta
Sadiman. 1986. Tiga Belas Macam Media Pembelajaran. Raja Grafida Persada
Jakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Alfabeta .Bandung.
Sumardjo, J. 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta
Syafi’ie, Imam. Retorika dalam Menulis. Depdikbud. Jakarta
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Angkasa. Bandung
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta. Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.