Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1439
Keywords:
Efektivitas, media, video pembelajaran, fonologi.Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah memberikan banyak manfaat bagi kemajuan dunia pendidikan. Teknologi dan media yang disesuaikan dan dirancang secara khusus akan memberikan kontribusi bagi pengajaran yang efektif. Salah satu manfaat teknologi dalam dunia pendidikan adalah pembaharuan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seperti pemanfaatan media video dalam pengajaran.
Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media video. Media video adalah media yang dapat menampilkan gambar dan suara, sehingga memudahkan bagi mahasiswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran fonologi bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, menggunakan pre experimental design: one group pretest-posttest design. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test, diberi treatment dan diberi post-test. Keberhasilan treatment ditentukan dengan membandingkan nilai pre-test dan nilai post-test.
Instrumen yang digunakan berupa tes dengan bentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video efektif digunakan dalam pembelajaran fonologi.
Downloads
References
Chaer, A. 2007. Linguitik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. & Leoni A. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:Rineka Cipta
Chaer, A. 2012. Linguistik Umum. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Chaer, A. 2015. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Duffy, L. & Jean B. 2008. Teaching and Learning with Technology. Boston:Pearson Luqman, M. 2010. Fonologi Generatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lyons, J. 1995. Pengantar teori linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Muslich, M. 2015. Fonologi Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putra, A.K., dkk. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Inggris (online). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3939/3145
e-Jurnal Edutech Undiksha Vol. 2 No.1 Tahun: 2014.
Diakses 17-9-2021
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.