Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1537
Keywords:
Nilai, Pendidikan Karakter, KinohoAbstract
Pendidikan karakter sangat penting dalam sastra karena sastra mengandung nilai-nilai karakter yang berguna bagi penikmat ataupun pembaca sastra.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analitik.Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah buku teks Kinoho.Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku teks Kinoho.Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan berupa Tolea dan Pabitara.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara mendalam kepada informan.Validitas data menggunakan trianggulasi data dan triangulasi teori.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Kinoho yaitu: Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan Tuhan, Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan diri sendiri, Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan sesama, dan Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan Lingkungan.
Downloads
References
Asmani, Jamal Ma’aur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Diva Press.
Eka Fitriana, Lalu Muhaimi, M. Fadjri, Atri Dewi Azis” Pendidikan Karakter Pada Sastra Lisan Sasak: Sebuah Kajian Filologis” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 3, Nomor 2, November 2018: 129-134
Heni Mawarni, Ubaidullah “Nilai Pendidikan Dalam Sastra Lisan Lawas (Puisi Rakyat)
Masyarakat Sumbawa Dan Potensinya Sebagai Materi Ajar Di Sekolah. Mabasan, Vol. 13, No. 2, Desember 2019, Hlm. 231—246
Himawan, R., Kelana, R. A., & Satiaji, I. M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-usul Upacara Bekakak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 168-175.
Loka, I Made Sura Wijaya, I Ketut Sudarsana, I Wayan Artayasa. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Wirotama”. Jurnal Pendidikan Agama Hindu. Volume 3 Nomor 1 2019 hlm. (75-79).
Mangera, E., & Supratno, H. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Londe Tomatua pada Buku Londe-londena Toraya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 88-94.
Nopriani, Henny. "Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki." Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.1 (2021): 57-64.
Nursalam, N. (2020). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS SASTRA LISAN KELONG MAKASSAR. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 1(1), 10-20.
Sampoerno, Mohd Norma. "Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Pantun Adat Jambi." Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.2 (2021): 162-173.
Untung. 2021.KINOHO”Aso Eroi Osowu Ambono”.Kendari:Metro Graphia Kendari
Wiguna, M. Z., Yuda, R. K., & Uli, I. (2017). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 6, No. 1.
Wongsopatty, E. (2020). Pantun sahur dalam sastra lisan Banda Neira. Jurnal Literasi. Vol 4, No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.