Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1537

Authors

  • Disa Arliwan Universitas Lakidende
  • Ninuk Lustiyantie Universitas Negeri Jakarta
  • Zuriyati Zuriyati Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Nilai, Pendidikan Karakter, Kinoho

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting dalam sastra karena sastra mengandung nilai-nilai karakter yang berguna bagi penikmat ataupun pembaca sastra.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analitik.Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah buku teks Kinoho.Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku teks Kinoho.Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan berupa Tolea dan Pabitara.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara mendalam kepada informan.Validitas data menggunakan trianggulasi data dan triangulasi teori.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai pendidikan karakter  yang terkandung dalam Kinoho yaitu: Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan Tuhan, Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan diri sendiri, Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan sesama, dan Nilai Pendidikan Karakter yang berhubungan dengan Lingkungan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, A., Priyadi, A. T., & Wartiningsih, A. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Semburat Putih Pelangi Kasih Karya Monic De Blor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1).
Asmani, Jamal Ma’aur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Diva Press.
Eka Fitriana, Lalu Muhaimi, M. Fadjri, Atri Dewi Azis” Pendidikan Karakter Pada Sastra Lisan Sasak: Sebuah Kajian Filologis” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 3, Nomor 2, November 2018: 129-134
Heni Mawarni, Ubaidullah “Nilai Pendidikan Dalam Sastra Lisan Lawas (Puisi Rakyat)
Masyarakat Sumbawa Dan Potensinya Sebagai Materi Ajar Di Sekolah. Mabasan, Vol. 13, No. 2, Desember 2019, Hlm. 231—246
Himawan, R., Kelana, R. A., & Satiaji, I. M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-usul Upacara Bekakak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 168-175.
Loka, I Made Sura Wijaya, I Ketut Sudarsana, I Wayan Artayasa. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Wirotama”. Jurnal Pendidikan Agama Hindu. Volume 3 Nomor 1 2019 hlm. (75-79).
Mangera, E., & Supratno, H. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Londe Tomatua pada Buku Londe-londena Toraya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 88-94.
Nopriani, Henny. "Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki." Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.1 (2021): 57-64.
Nursalam, N. (2020). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS SASTRA LISAN KELONG MAKASSAR. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 1(1), 10-20.
Sampoerno, Mohd Norma. "Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Pantun Adat Jambi." Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.2 (2021): 162-173.
Untung. 2021.KINOHO”Aso Eroi Osowu Ambono”.Kendari:Metro Graphia Kendari
Wiguna, M. Z., Yuda, R. K., & Uli, I. (2017). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 6, No. 1.
Wongsopatty, E. (2020). Pantun sahur dalam sastra lisan Banda Neira. Jurnal Literasi. Vol 4, No 1.

Published

2022-05-08

How to Cite

Disa Arliwan, Ninuk Lustiyantie, & Zuriyati, Z. (2022). Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Kinoho Suku Tolaki. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1537

Issue

Section

Articles