Budaya Literasi dan Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN 84 Mangarabombang Kabupaten Sinjai
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1621
Keywords:
Kemampuan membaca, menulis dan meneyelesaikan soal cerita matematikaAbstract
.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan(1) pengaruh signifikan kemampuan membaca terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai.(2) pengaruh signifikan kemampuan menulis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai (3) pengaruh secara bersama-sama kemampuan membaca dan menulis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini dlaksanaan di SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai menggunakan metode kuantitaif dengan pengimpulan data teknik pengetesan terhadap kemapuan menembaca, menulis dan menyelesaikan soal cerita siswa 19 orang. Data dianalaisis menggunakan uji regresi linear dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas IV SD 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Artinya, secara signfikan, kemampuan membaca memiliki kontribusi sebesar 38,87%, terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Demikian halnya dengan kemampuan menulis memiliki kontribusi sebesar 20,186%, terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Secara bersama-sama kemampuan membaca dan menulis juga memiliki kontribusi sebesar 18,964%, terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bina Aksara.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Erik, Hendra Rudyanto. 2017 Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV SD. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol. 2 (2):175-182. December 2017.
Febriana Galih Mahardi. 2013. Pengaruh Keterampilan Membaca dan Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia Kebumen. Vol.!. No.3
Ginting, Vera. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Perpustakaan. Jakarta: Gema InsanPress
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, H.G. 2000. Keterampilan Menulis. Bandung:angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Titis, Titis Harlin (2017) Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus 3 Imogiri Bantul Arum Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta. Vol1 November 2017.
Tompkins. 1990. Menulis di Sekolah (Terjemahan). Jakarta: Rosda Karya
Tria, Rosselina Andanik 2014. Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas
ISSN: 2614-1620. 2014
Wiryodijoyo, Cole. 1989. Membaca Strageti Pengantar Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
Zuchdi, Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.