Budaya Literasi dan Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN 84 Mangarabombang Kabupaten Sinjai

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1621

Authors

  • Abd. Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Syukur Sekolah Dasar Negeri 84 Mangarabombang Sinjai

Keywords:

Kemampuan membaca, menulis dan meneyelesaikan soal cerita  matematika

Abstract

.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan(1) pengaruh signifikan kemampuan membaca terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika  siswa  kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai.(2) pengaruh signifikan kemampuan menulis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika  siswa  kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai (3)  pengaruh secara bersama-sama kemampuan membaca dan menulis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika  siswa  kelas IV SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini dlaksanaan di  SDN 84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai menggunakan metode kuantitaif dengan pengimpulan data teknik pengetesan terhadap kemapuan menembaca, menulis dan menyelesaikan soal cerita siswa 19 orang. Data dianalaisis menggunakan uji regresi linear  dengan taraf  signifikansi 5%. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa  kelas IV SD  84 Mangarabombang, Kabupaten Sinjai   berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Artinya, secara signfikan,  kemampuan membaca memiliki kontribusi sebesar 38,87%,  terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Demikian halnya dengan kemampuan menulis memiliki kontribusi sebesar 20,186%, terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Secara bersama-sama kemampuan membaca dan menulis juga memiliki kontribusi sebesar 18,964%, terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti. dkk. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bina Aksara.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Erik, Hendra Rudyanto. 2017 Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV SD. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol. 2 (2):175-182. December 2017.
Febriana Galih Mahardi. 2013. Pengaruh Keterampilan Membaca dan Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia Kebumen. Vol.!. No.3
Ginting, Vera. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Perpustakaan. Jakarta: Gema InsanPress
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, H.G. 2000. Keterampilan Menulis. Bandung:angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Titis, Titis Harlin (2017) Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus 3 Imogiri Bantul Arum Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta. Vol1 November 2017.
Tompkins. 1990. Menulis di Sekolah (Terjemahan). Jakarta: Rosda Karya
Tria, Rosselina Andanik 2014. Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas
ISSN: 2614-1620. 2014
Wiryodijoyo, Cole. 1989. Membaca Strageti Pengantar Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
Zuchdi, Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press

Published

2022-05-08

How to Cite

Abd. Rahman, Sirajuddin, S., & Abdul Syukur. (2022). Budaya Literasi dan Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN 84 Mangarabombang Kabupaten Sinjai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 123–138. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1621

Issue

Section

Articles