Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMPN 2 Kutawaluya
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1735
Keywords:
Discovery learning, fabel, menulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap pembelajaran menulis materi fabel pada siswa SMP kelas VII di SMPN 2 Kutawaluya. Model pembelajaran discovery learning ini nampak melibatkan aktif mereka sendiri dengan konsep- konsep, gagasan-gagasan dan guru mendorong peserta didik untuk memiliki pengalaman yang memungkinkan mereka menemukan prinsip untuk mereka sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Tahap-tahap penelitian yakni mengadakan pre-test menulis teks fabel, kemudian diberi perlakuan yakni dalam proses kegiatan pembelajaran menggunakan atau menerapkan discovery learning, setelah itu peneliti mengadakan post-test dan kemudian hasil kedua test tersebut dianalisis untuk melihat pengaruh discovery learning terhadap kemampuan menulis fabel siswa. Hasil penelitian merupakan hasil analisis data pada kedua test yang diberikan peneliti dan simpulan seberapa berpengaruh discovery learning pada pembelajaran menulis fabel siswa kelas VII SMPN 2 Kutawaluya.
Downloads
References
Aprima, Rini. Abdurrahman. Ermawati Arief. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. JPBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Universitas Negeri Padang, Vol. 7 No. 1.
Djamarah, Syaiful Bahri. dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harsiati, dkk. (2016). Bahasa Indonesia: Studi dan Pengajaran (Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iskandarwassid. dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sari, Novita. dan Sigalingging, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Teks Prosedur Kompleks Siswa SMA Kelas X SMA Swasta Krakatau Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Basastra, Universitas Negeri Medan, Vol.5 No.4.
Silvana, Novia. dkk. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI), Universitas Negeri Padang, Vol.7 No.4, seri B 76-82.
Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.
Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.
Tarigan. dan Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Turnip, Rina. dan Sigalingging, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Basastra, Universitas Negeri Medan, Vol.5 No.2.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.