Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMPN 2 Kutawaluya

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1735

Authors

  • Jamilah Mukarromah Akmaliah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Discovery learning, fabel, menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap pembelajaran menulis materi fabel pada siswa SMP kelas VII di SMPN 2 Kutawaluya. Model pembelajaran discovery learning ini nampak melibatkan aktif mereka sendiri dengan konsep- konsep, gagasan-gagasan dan guru mendorong peserta didik untuk memiliki  pengalaman yang memungkinkan mereka menemukan prinsip untuk mereka sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Tahap-tahap penelitian yakni mengadakan pre-test menulis teks fabel, kemudian diberi perlakuan yakni dalam proses kegiatan pembelajaran menggunakan atau menerapkan discovery learning, setelah itu peneliti mengadakan post-test dan kemudian hasil kedua test tersebut dianalisis untuk melihat pengaruh discovery learning terhadap kemampuan menulis fabel siswa. Hasil penelitian merupakan hasil analisis data pada kedua test yang diberikan peneliti dan simpulan seberapa berpengaruh discovery learning pada pembelajaran menulis fabel siswa kelas VII SMPN 2 Kutawaluya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprima, Rini. Abdurrahman. Ermawati Arief. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. JPBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Universitas Negeri Padang, Vol. 7 No. 1.

Djamarah, Syaiful Bahri. dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsiati, dkk. (2016). Bahasa Indonesia: Studi dan Pengajaran (Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iskandarwassid. dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sari, Novita. dan Sigalingging, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Teks Prosedur Kompleks Siswa SMA Kelas X SMA Swasta Krakatau Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Basastra, Universitas Negeri Medan, Vol.5 No.4.

Silvana, Novia. dkk. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI), Universitas Negeri Padang, Vol.7 No.4, seri B 76-82.

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Tarigan. dan Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Turnip, Rina. dan Sigalingging, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Basastra, Universitas Negeri Medan, Vol.5 No.2.

Published

2022-05-10

How to Cite

Akmaliah, J. M., Supriadi, O., & Sinta Rosalina. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMPN 2 Kutawaluya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 353–362. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1735

Issue

Section

Articles

Categories