Efektifitas Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2215

Authors

  • Ade Nurul Izatti G. Yotolembah Universitas Tadulako
  • Arum Pujining Tyas Universitas Tadulako
  • Andi Bismawati Universitas Tadulako

Keywords:

Efektifitas, Literasi Digital, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian deskriptif kualiatif dengan menggunakan metode survey. Deskriptif bersifat menjelaskan, menggambarkan, mengolah, dan menganalisis. Data kualitatif Diperoleh dari analisis nilai skor pada jawaban terhadap angket mengenai Literasi digital siswa yang dibagikan melalui goggle folmulir.. Berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memprogramkan mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia semester Genap TA 2021/2022. Peneliti memperoleh data dengan cara membagi angket nlink Googleform melalui grup WhatshApp yang telah dibuat oleh peneliti sebelumnya, grup ini dibuat sebagai sarana komunikasi antara peneliti dan mahasiswa. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini yaitu mahasiswa yang berjumlah 111 orang, berasal dari 3 kelas yaitu kelas A, B dan C. Adapun jumlah pertanyaaan dalam Goggleform yaitu sebanyak 12 pertanyaan melalui 2 sesi yang dibuat berdasarkan indikator Efektivitas Literasi Digital dan indikator Perencanaan Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Berikut data yang telah diperoleh peneliti digambarkan melalui tabel di bawah ini.Sehingga untuk mencari nilai akhir penelitian ini, digunakan rumus mencari rata-rata dan memperoleh hasil akhir sebagai temuan dalam penelitian ini yaitu 79,1% dalam kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan Efektivitas Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia dianggap efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dendy Sugono. 2011. Pemanfaatan Bahasa Daerah dalam Pengembangan Bahasa Indonesia Media Massa Makalah: Diskusi Forum Bahasa media Massa, 27 Januari 2004.

Semarang. Suara Merdeka.

Elshaw, D. 2012. What is' digital literacy'?A Pragmatic investigation. (Doctoral dissertation, Durham University).

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19.Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. DOI: https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Saifuddin Azwar, 2011. Metode Penelitian, Yogyakarta. Pustaka

Satori, D., Komariah., A., 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfabeta.

Gibson dan Ivancevich Donnely. 1996. Organisasi jilid 1 edisi 8, Jakarta.Binarupa Aksara.

Handarini, O., & Wulandari, S.2020.Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 496-503.

Kuder, S.J., Hasit, C, 2002. Enhancing literacy for all students. Pearson Education, Inc. New Jersey, USA.

Koltay, T. 2011. The media and the literacies: Media literacy, information literacy digital literacy. Media, Culture & Society, 33(2), 211-221. DOI: https://doi.org/10.1177/0163443710393382

Suparman, N. F. N. (2021). INTERFERENSI BAHASA TAE TERHADAP BAHASA INDONESIA. TELAGA BAHASA, 9(1), 100. DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v9i1.204

Kridalaksana, H., 2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat, Jakarta.

Gramedia Pustaka Utama.

Martin, A. 2005. DigEuLit–a European framework for digital literacy: a progress report. Journal of eLiteracy 2.2, 130-136.

Pekei Beni, 2016. Konsep dan Analisis Efektiftas, Jakarta. Thausia. Selvi, K. 2010. Motivating Factors in Online Courses.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181

Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.110. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.110

Sinarmata Janner, dkk. 2021. Literasi Digital. Jakarta. Gramedia. Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 31-34. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.3450

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2023-05-03

How to Cite

Ade Nurul Izatti G. Yotolembah, Arum Pujining Tyas, & Andi Bismawati. (2023). Efektifitas Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Mata Kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 469–477. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2215

Issue

Section

Articles