Analisis Kesesuaian Soal Pembelajaran Tengah Semester dengan Buku Bahasa Indonesia Terbitan Puskurbuk Tahun 2021

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2304

Authors

  • Arif Budiman Universitas Jambi
  • Hilman Yusra Universitas Jambi
  • Albertus Sinaga Universitas Jambi

Keywords:

analisis ,buku pegangan siswa, soal pts

Abstract

Penilaian sering dikaitkan dengan prestasi siswa. Menurut Depdiknas (2006), evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat apakah suatu program yang direncanakan sebelumnya telah dilaksanakan, bernilai atau tidak, berhasil atau tidak, dan mencari ukuran efektivitas pelaksanaannya. Oleh karena itu, untuk mengetahui berhasil tidaknya pendidikan dalam mencapai tujuannya, dapat dilihat dengan mengevaluasi hasil dan lulusan yang dihasilkannyaPenelitian yang dilakukan termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dimana penelitian ini bersifat studi pustaka dengan menggunakan soal ulangan pertengahan semester dan buku siswa k. Penelitian kualitatif sendiri adalah suatu metode penelitian terkait ilumu-ilmu sosial dengan cara mengumpulkan data-data baik lisan maupun tulisan lalu menganalisis data tersebut, dan perbuatan manusia maupun peneliti tidak mengkuantifikasikan atau menghitung data kualitatif Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai kesesuaian soal evaluasi pembelajaran tengah semester ganjil 2022 buku siswa kelas dapat dilihat bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara soal evaluasi dengan buku siswa di antaranya: Soal evaluasi pembelajaran pertengahan semester ganjil kelas VII tahun 2022 belum sesuai dengan kompetensi dasar seperti soal evaluasi pada muatan Bahasa Indonesia nomor 3 dan 5 Soal evaluasi pembelajaran pertengahan semester ganjil kelas VII tahun 2022 belum sesuai dengan materi buku siswa kelas VII. Sehingga dapat disimpulkan bahwa soal evaluasi pembelajaran tengah semester ganjil 2022 kelas VII SMP Adhyaksa 1 Kota Jambi belum sesuai dengan buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniasari, Anna Nurlaila. (2014). Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia Superkomplit. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyuni, R., & Yulianti, R. (2017, November). Pamplet Niaga Sebagai Komunikasi Promosi Bersama Dalam Meningkatkann Penjualan Produk Masyarakat Desa di Kecamatan Waringinkurung. In Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| DOI: https://doi.org/10.36080/avg.v5i2.643

SENASSET (pp. 212-216).

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Slamet, St. Y. (2009). Dasar-dasar Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS

Press

Cemerlang, tim sastra. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Pamulang: Cemerlang.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafinfo

Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.3450

Persada. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kementrian pendidikan, kebudayaan, ristet dan teknologi republik Indonesia. 2021.

indonesia. Pusat Kurikululum dan perbukuan : Jakarta Pusat

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v8i2.1282

Anton, M. Moeliono. 2005. Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka

Published

2023-02-12

How to Cite

Arif Budiman, Hilman Yusra, & Albertus Sinaga. (2023). Analisis Kesesuaian Soal Pembelajaran Tengah Semester dengan Buku Bahasa Indonesia Terbitan Puskurbuk Tahun 2021. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 190–196. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2304

Issue

Section

Articles

Categories