Analisis Kesesuaian Soal Pembelajaran Tengah Semester dengan Buku Bahasa Indonesia Terbitan Puskurbuk Tahun 2021
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2304
Keywords:
analisis ,buku pegangan siswa, soal ptsAbstract
Penilaian sering dikaitkan dengan prestasi siswa. Menurut Depdiknas (2006), evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat apakah suatu program yang direncanakan sebelumnya telah dilaksanakan, bernilai atau tidak, berhasil atau tidak, dan mencari ukuran efektivitas pelaksanaannya. Oleh karena itu, untuk mengetahui berhasil tidaknya pendidikan dalam mencapai tujuannya, dapat dilihat dengan mengevaluasi hasil dan lulusan yang dihasilkannyaPenelitian yang dilakukan termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dimana penelitian ini bersifat studi pustaka dengan menggunakan soal ulangan pertengahan semester dan buku siswa k. Penelitian kualitatif sendiri adalah suatu metode penelitian terkait ilumu-ilmu sosial dengan cara mengumpulkan data-data baik lisan maupun tulisan lalu menganalisis data tersebut, dan perbuatan manusia maupun peneliti tidak mengkuantifikasikan atau menghitung data kualitatif Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai kesesuaian soal evaluasi pembelajaran tengah semester ganjil 2022 buku siswa kelas dapat dilihat bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara soal evaluasi dengan buku siswa di antaranya: Soal evaluasi pembelajaran pertengahan semester ganjil kelas VII tahun 2022 belum sesuai dengan kompetensi dasar seperti soal evaluasi pada muatan Bahasa Indonesia nomor 3 dan 5 Soal evaluasi pembelajaran pertengahan semester ganjil kelas VII tahun 2022 belum sesuai dengan materi buku siswa kelas VII. Sehingga dapat disimpulkan bahwa soal evaluasi pembelajaran tengah semester ganjil 2022 kelas VII SMP Adhyaksa 1 Kota Jambi belum sesuai dengan buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII.
Downloads
References
Kurniasari, Anna Nurlaila. (2014). Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia Superkomplit. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyuni, R., & Yulianti, R. (2017, November). Pamplet Niaga Sebagai Komunikasi Promosi Bersama Dalam Meningkatkann Penjualan Produk Masyarakat Desa di Kecamatan Waringinkurung. In Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| DOI: https://doi.org/10.36080/avg.v5i2.643
SENASSET (pp. 212-216).
Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.
Slamet, St. Y. (2009). Dasar-dasar Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS
Press
Cemerlang, tim sastra. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Pamulang: Cemerlang.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafinfo
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.3450
Persada. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kementrian pendidikan, kebudayaan, ristet dan teknologi republik Indonesia. 2021.
indonesia. Pusat Kurikululum dan perbukuan : Jakarta Pusat
Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v8i2.1282
Anton, M. Moeliono. 2005. Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.