Pengaruh Model Pembelajaran Peer-Instruction Flipped Classroom Berbantuan Google Sites dan Grammarly terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2309

Authors

  • Putu Agus Primandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Santyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Writing, peer-instruction flipped, direct instruction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1)adanya perbedaan antara keterampilan menulis Bahasa Inggris dan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran peer-instruction flipped classroom berbantuan Google sitess dan Grammarly dan model pembelajaran direct instruction, (2) perbedaan keterampilan menulis Bahasa Inggris antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran peer-instruction flipped classroom dan model pembelajaran direct instruction, (3) perbedaan efikasi diri Bahasa Inggris siswa dengan penerapan model pembelajaran peer instruction flipped classroom dan model pembelajaran direct instruction. Populasi panelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selat  tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari tujuh kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dimana dua kelas digunakan sebagai sampel. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes keterampilan menulis dan kuisioner efikasi diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan MANCOVA dengan keterampilan menulis dan efikasi diri awal sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara keterampilan menulis Bahasa Inggris dan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran peer-instruction flipped classroom berbantuan Google sitess dan Grammarly dan model pembelajaran direct instruction, (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis Bahasa Inggris antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran peer-instruction flipped classroom dan model pembelajaran direct instruction, (3)terdapat perbedaan efikasi diri Bahasa Inggris siswa dengan penerapan model pembelajaran peer instruction flipped classroom dan model pembelajaran direct instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ario, M., & Asra, D. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.24176/ANARGYA.V1I2.2477
Arnold-Garza, S. (2014). The Flipped Classroom Teaching Model and Its Use for Information Literacy Instruction. Communications in Information Literacy, 8(1), 9. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2014.8.1.161
Bandura, A. (1997). No Title. Efikasi Diri.
Brown, H. D. (2004). Language assessment : principles and classroom practices. 324.
Grammarly: Free Online Writing Assistant. (n.d.). Retrieved December 21, 2022, from https://www.grammarly.com/
Harmer, J. (2008). How to Teach English (Second Edition). ELT Journal, 62(3), 313–316. https://doi.org/10.1093/ELT/CCN029
Hasanah, M., Halim, A., Safitri, R., & Yusrizal, Y. (2021). The Effect of Edmodo-Based Flipped Classroom Learning Model on Students’ Learning Outcomes on the Topic of Sound Waves. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 180–186. https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V7ISPECIALISSUE.1061
Yuliani, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. U. T. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dipadu Modul Sistem Ekskresi Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 376–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19965
Zamnah, L. N. (2019). Implementation of peer instruction flipped classroom to improve self-efficacy of underprivileged students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(2), 69–74. https://doi.org/10.23887/JPP.V52I2.17879

Published

2023-03-15

How to Cite

Putu Agus Primandana, I Wayan Santyasa, & I Kadek Suartama. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Peer-Instruction Flipped Classroom Berbantuan Google Sites dan Grammarly terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 248–256. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2309

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)