Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355
Keywords:
Asesmen,Kompetensi,Literasi membacaAbstract
Asesmen kompetensi minimum (AKM) alat untuk menilai tingkat capaian membaca siswa di Indonesia dan membandingkannya melalui standar internasional. pendidik AKM penting sebab membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka dalam membangun kerangka pembelajaran bahwa melihat dengan kenaikan daya berpikir kritis serta membaca murid. Ini berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.Tujuan kemampuan membaca untuk siswa sekolah dasar secara umum adalah untuk menilai dan meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Ini dilakukan dengan cara mengukur tingkat kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks serta menilai kualitas pembelajaran yang diterima siswa. Tujuan ini bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan literasi membaca pada siswa dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Ini juga menjadi alat untuk memperkuat akses dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan membantu mereka menjadi warga yang aktif dan berkualitas dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan mengadopsi studi kasus sebagai metodenya. Studi kasus dipilih sebab bertujuan untuk mengungkap kemampuan literasi siswa sekolah dasar dengan meneliti situasi dan kondisi di sekolah dasar 09 di Merangkai, Penelitian menghasilkan tiga level kognitif yaitu 25% mampu menemukan informasi ,25% mampu memahami dan sebesar 20 orang anak tidak mampu dalam mengevaluasi soal AKM literasi membaca,hal ini di buktikan dengan hasil mengerjakan soal AKM literasi membaca.penelitian ini memberikan gambaran tentang kemampuan literasi membaca peserta diidk dan bisa dipakai dalam bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar.
Downloads
References
Brier, Jennifer, and lia dwi jayanti. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 21(1):1–9.
D.M. Andikayana, N. Dantes, and I.W. Kertih. 2021. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 11(2):81–92. doi: 10.23887/jpepi.v11i2.622.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
Fatzuarni, Meilani. 2022. “Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1–10.
Harianto, Erwin. 2020. “‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.’” Jurnal Didaktika 9(1):1–8.
Hutapea, Anggia Fitra, Ruslan Ruslan, and Asnawi Asnawi. 2021. “Perilaku Pencarian Informasi Melalui Jurnal Elektronik Oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Menggunakan Model Ellis.” Jurnal Adabiya 23(1):38. doi: 10.22373/adabiya.v23i1.8047.
Idrus L. 2019. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran (2):920–35.
L, IDRUS. 2019. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(2):920–35. doi: 10.35673/ajmpi.v9i2.427.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. 2020. “Pentingnya Evaluasi Dalam
Ati, Sri, Kistanto, Nurdien, and Amin Taufik. 2018. “Pengantar Konsep Informasi, Data, Dan Pengetahuan.” Modul Pembelajaran (1):11–18.
Brier, Jennifer, and lia dwi jayanti. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 21(1):1–9.
D.M. Andikayana, N. Dantes, and I.W. Kertih. 2021. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 11(2):81–92. doi: 10.23887/jpepi.v11i2.622. DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51. DOI: https://doi.org/10.53696/27219283.63
Fatzuarni, Meilani. 2022. “Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1–10. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/g8h3p
Harianto, Erwin. 2020. “‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.’” Jurnal Didaktika 9(1):1–8. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.56
Hutapea, Anggia Fitra, Ruslan Ruslan, and Asnawi Asnawi. 2021. “Perilaku Pencarian Informasi Melalui Jurnal Elektronik Oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Menggunakan Model Ellis.” Jurnal Adabiya 23(1):38. doi: 10.22373/adabiya.v23i1.8047. DOI: https://doi.org/10.22373/adabiya.v23i1.8047
Idrus L. 2019. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran (2):920–35.
L, IDRUS. 2019. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(2):920–35. doi: 10.35673/ajmpi.v9i2.427. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. 2020. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2(2):244–57.
Meriana, Tju, and Erni Murniarti. 2021. “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.
Purnama, Rendi. 2021. “Model Perilaku Pencarian Informasi (Analisis Teori Perilaku Pencarian Informasi Menurut David Ellis).” Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 9(1):10. doi: 10.18592/pk.v9i1.5158. DOI: https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158
Pusmenjar. 2020. “Desain Pengembangan Soal AKM.” Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pengembangan Dan Perbukuan hlm. 1.
Qadir, Ahmad, Khavin Edsyah Putra, Muhammad Fathir A, and Putri Khairamulya R. 2022. “Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(11):1023–33. doi: 10.36418/japendi.v3i11.1289. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v3i11.1289
Riyatuljannah, Triwahyu. 2018. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 1(2):45–53. doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3524. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524
Rohim, cahya dhina, and Septina Rahmawati. 2020. “Di Sekolah Dasar Negeri.” Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3):2. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rohim, Dhina Cahya. 2021. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal VARIDIKA 33(1):54–62. doi: 10.23917/varidika.v33i1.14993. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Warsihna, Jaka. 2016. “Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik).” Jurnal Kwangsan 4(2):67. doi: 10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80
Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4(1):41–47. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.515. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yonanda, Devi Afriyuni. 2017. “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI METODE M2M (MIND MAPPING) KELAS IV MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(1). doi: 10.31949/jcp.v3i1.410. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.410
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.