Manifestasi Ideologi Sosial dalam Cerita Pendek Majalah Horison Tahun 1988─1998
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.2398
Keywords:
manifestasi, ideologi sosial, majalah horison, cerita pendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manifestasi ideologi sosial dalam cerita pendek majalah Horison tahun 1998─1988 melalui tindakan rasional instrumental, tindakan rasionalitas nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa unit teks yang berwujud kalimat dan paragraf cerita dalam cerita pendek. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita pendek majalah Horison tahun 1988─1998. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyusun panduan dokumentasi studi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Manifestasi ideologi sosial yang ditemukan dalam cerita pendek majalah Horison tahun 1988-1998 terbagi menjadi empat, meliputi perwujudan ideologi sosial melalui (1) tindakan rasional instrumental dalam kehidupan bermasyarakat, kehidupan keluarga, dan kehidupan beragama. (2) tindakan rasional nilai yang ditunjukkan dalam bekerja, mengambil keputusan, dan pendidikan. (3) tindakan afektif yang ditunjukkan melalui hubungan seksual, rumah tangga, dan lingkungan masyarakat. (4) tindakan tradisional yang ditunjukkan terhadap anak, orang tua, dan masyarakat.
Downloads
References
Anugraheny, R., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2019). Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai-Nilai Kenabian untuk Siswa MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 206. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11985
Barus, M. K. D., & Rosliani. (2021). Ideologi Pengarang pada Novel Mangalua Karya Idris Pasaribu The Ideology of The Author in The Mangalua Novel Idris Pasaribu. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.26499/mm.v19i1.3546
Darma, B. A., & Suyatno. (2022). Narasi Knflik Sosial dalam Kumpulan Cerpen Anak Corat-Coret dI Toilet karya Eka Kurniawan: Pendekatan Sosiologi Sastra Wellek & Warren. Bapala: Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(10), 38–45.
Efsa, W. N. (2015). Manifestasi Ideologi Romantik dalam Puisi-Puisi Acep Zamzam Noor. Litera, 4(1). http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Fauzi, N. C. I. A., Septiaji, A., & Sutrisna, D. (2021). Ideologi Tokoh Novel 1984 karya George Orwell (Pendekatan Sosiologi Sastra sebagai Bahan Ajar Di SMA). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 532–541. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/647
Febry, A., Panggabean, A. M., Simbolon, K. G., & Akbar, S. (2020). Kajian Sosiologi Sastra pada Kumpulan Cerpen Bunga Layu di Bandar Baru karya Yulhasni. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18360
Hasan, M. (2019). Warisan Pekerjaan Orang Tua (Studi Deskriptif Tindakan Sosial Anak Pengemis Mengikuti Pekerjaan Orang Tuanya Mengemis di Kota Kediri). Universitas Airlangga.
Hilmi, H. S., & Sultoni, A. (2019). Potret Kemiskinan dalam Kumpulan Cerita Pendek Tawa Gadis Padang Sampah karya Ahmad Tohari. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 17(1), 15–26. https://doi.org/10.26499/mm.v17i1.2292
Homba, C. V., & Dawa, W. (2015). Kontestasi Ideologi dalam Cerpen Boikot Karya Putu Wijaya: Sebuah Kajian Menggunakan Teori Hegemoni Gramsci. Sintesis, 9(2), 83—92. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/view/916
Nurholis. (2019). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Setia.
Oktiviani, Y., Ezlyn, N., Setiawa, H., & Irham. (2022). Ideologi dan Cerminan Kondisi Sosial Masyarakat dalam Puisi “di Tanah Negeri Ini Milikmu Cuma Tanah Air” dan “Aku Masih Utuh dan Kata-Kata Belum Binasa” karya Wiji Thukul: Analisis Stilistika Kritis. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(3), 938–953.
Prasetyo, H., & Salam, A. (2021). Strategi Kritik Cerpen “Telinga” terhadap Orba: Meninjau Struktur Produksi Dan Ideologi Teks. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 122–134.
Putikadyanto, A. P. A., Ibrahim, A. S., & Nurchasanah. (2017). Ideologi Guru Bahasa Indonesia Liberal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 152–156.
Putra, C. R. W. (2018). Cerminan Zaman Dalam Puisi (Tanpa Judul) Karya Wiji Thukul : Kajian Sosiologi Sastra. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajaranya, 4(1), 12–20. https://eprints.umm.ac.id/45597/
Putri, S. E. A. (2014). Ideologi dalam cerita pendek majalah Bobo. Universitas Negeri Malang.
Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi: dari sosiologi klasik sampai Perkembangan terakhir Postmodern (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Sujarwa. (2019). Model & Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
Syah, I., & Mboka, I. (2020). Rasionalitas Tindakan yang Mempengaruhi Masyarakat Kota Kupang dalam Memilih Transportasi Online. Journal Jambura Economic Education, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4439
Tajalla, F. B., Qulub, M. F., & Fitriani, L. (2022). Tindakan Sosial dalam Cerita Pendek “Fii Biladi al-Ajaib” Karya Kamil Kailani Berdasarkan Perspektif Max Weber. Uktub: Journal of Arabic Studies, 2(2), 85–93.
Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Dunia Pustaka Jaya.
Turner, S. B. (2012). Teori Sosial dari Klasik sampai postmodern. Pustaka Pelajar.
Wirawan, A. K., Hasanah, M., & Maryaeni, M. (2020). Representasi Perilaku Toleran dalam Puisi Karya Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 902. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13709
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.