Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo pada Materi Teks Narasi (Cerita Imajinasi)
https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.255
Keywords:
Peningkatan hasil belajar, model pembelajaran kooperatif dengan tipe numbered heads togetherAbstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo Palopo pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Pada pelaksanaannya siswa dibagi dalam 6 kelompok heterogen yang terdiri dari 5-6 orang. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Dari data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I berada dalam kategori “sedang” dengan skor rata-rata 61,03 dan standar deviasi 5,93, skor tertinggi 71 dan skor terendah 49 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. (2) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus II berada dalam kategori “tinggi” dengan skor rata-rata 70,73 dan standar deviasi 7,72, skor tertinggi 88 dan skor terendah 60 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyan, dkk. 2019. Buku pegangan Pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Hasriati, Titik. 2013. Asesmen Pembelajaran Literasi Membaca dan Menulis. Jakarta: UM Press.
----------------, 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
----------------,2013. Asesmen Pembelajaran Literasi Membaca dan Menulis. Jakarta: UM Press.
Nana Sudjana, 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaya Rusdakarya
Trianto. 2009. Mendesain model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Nadia Group
Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Slavin. 2009. Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudarmo, U. 2005. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII.A. Surakarta: Bumi Aksara.
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang :Citra Mandiri Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.