Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Komunikatif Berbasis Keunggulan Lokal (Implementasi Kampus Merdeka di Unugiri Bojonegoro)
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.2960
Keywords:
Pengembangan Model Pembelajaran, Pendekatan Komunikatif, Keunggulan LokalAbstract
Pendekatan komunikatif adalah pendekatan yang bertujuan bahwa kemampuan menggunakan bahasa merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran sebuah bahasa. Pembelajaran komunikatif memungkinkan mahasiswa memiliki kesempatan mengembangkan keterampilan berbahasa secara produktif maupun reseptif sesuai dengan situasi nyata, bukan situasi buatan yang terlepas dari konteks. Sayangnya, pemahaman terhadap keunggulan lokal dalam pendidikan masih terbatas, walaupun istilah "muatan lokal" ada dalam kurikulum, pemahamannya seringkali terbatas pada bahasa dan tarian daerah. Kehadiran keunggulan lokal memiliki peran penting dalam meningkatkan ketahanan nasional sebagai sebuah bangsa. Keanekaragaman dan perubahan budaya Indonesia membuat keunggulan lokal menjadi bagian integral dari realitas kehidupan yang harus diperhatikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model ADDIE dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan komunikatif berbasis keunggulan lokal Bojonegoro. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik dan pengrajin Batik Lukis Bojonegoro. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari penerapan produk ini adalah model pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan komunikatif berbasis keunggulan lokal Bojonegoro yang diterapkan di Kampus Unugiri Bojonegoro sebagai bagian dari kurikulum Merdeka. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi mendengarkan dan berbicara mencapai hasil tertinggi, mengindikasikan bahwa metode komunikatif sangat cocok untuk kurikulum MBKM pada generasi saat ini. Analisis juga menunjukkan bahwa penggabungan keunggulan lokal dengan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kombinasi yang sangat efektif, sesuai dengan tujuan Bahasa Indonesia untuk membantu mahasiswa mengembangkan potensi, berkomunikasi dengan baik, dan mematuhi kaidah bahasa yang telah ditetapkan. Pembelajaran berbasis keunggulan lokal dapat diimplementasikan melalui tiga pendekatan, yaitu pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, melalui mata pelajaran muatan lokal, dan dengan pengembangan diri mahasiswa.
Downloads
References
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Brown H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Inc.
Chaipar W, et al. 2013. Local Wisdom in the Environmental Management of a Community: Analysis of Local Knowledge in Tha Pong Village, Thailand. Journal of Sustainable Development. Vol. 6 No. 2, hal 17-22 DOI: https://doi.org/10.5539/jsd.v6n8p16
Djuanda, Dadan. 2008. “Studi tentang Penerapan Pendekatan Komunikatif dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri Sukamaju Kabupaten Sumedang”. Jurnal Pendidikan Dasar (online). http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10Oktober_2008/.
Ekowati, Sri Harini. 2010. “Interaksi Antarsiswa di Kelas Reception Ecrite (Keterampilan Membaca Teks) pada Mahasiswa Semester 4 Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal Bahasa dan Sastra (online), 1 http://www.bing.com/search?q=Interaksi+Antarsiswa+di+Kelas+Reception+Ecrite+(Keterampilan+Membaca+Teks)+pada+Mahasiswa+Semester+4+Jurusan+Bahasa+Prancis+Universitas+Negeri+Jakarta%E2%80%9D.+Jurnal+Bahasa+dan+Sastra&src=IETopRe sult&FORM=IE11TR&conversationi d=.
Ellis, Rod. 1995. The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press
Limbong, J. L., & SUPARMAN, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).
Hergenhahn, B.R. dan Olson, Matthew H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana.
Herimanto dan Winarno (2010). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawan, D. (2014). Pengembangan Model. An-Nuha, 1(November), 225–234
Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2011. Stategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jamaluddin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.
Jamal, Makmur. 2012. Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Yogyakarta: DIVA Press
Joko Hariadi. Pembelajaran bahasa indonesia berbasis kearifan lokal. Jurnal Samudra Bahasa: Jurnal Pendidikan Sastra Indonesia https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB 2018; 3.
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE (pp. 1–14
Karmila, Mila. 2010. Ragam Kain Tradisional Nusantara (Makna, Simbol dan Fungsi). Jakarta: Bee Media Indonesia.
Mariza dan Mardiah. Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran BahasaIndonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V.A Di Sekolah DasarNegeri 008 Tembilahan Hulu. Jurnal Mitra PGMI: Jurnal Keppendidikan MI. https://ejournal.staitbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/130 2020;128. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130
Ni Kadek Juliantari. 2011. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Keunggulan lokal. Jurnal Lampuhyang. Volume 2 Nomor 1 Januari 2011, ISSN: 2087-076.
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta:Adicita Karya Nusa.
Rebecca M.Valette. Modern language testing. New York: Brace Jovanovich Inc.1977.
Ristiyani dan Eko Widianto. 2019. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Keunggulan lokal di Universitas Muria Kudus.
Romadi, Ganda Febri Kurniawan. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa, Jurnal Sejarah dan Budaya, 11. (1): 79-94. DOI: https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p079
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sapir, E. (1921). Bahasa: Pengantar Studi Pidato. New York: Harcourt, Brace & World Inc., 33-35.
Syafyahya, Leni. 2010. “Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Skripsi (online). http://lenisyafyahya.wordpress.com/2 010/01/28/pendekatan-komunikatif/.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Subana dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Buwana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II No. III, hal 329-339 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1249
Zubaidah, Nur. 2011. “Penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Pisangcandi 2 Malang” Skripsi (online). http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/pen erapan-pendekatan-komunikatifdalam-pembelajaran-bahasaindonesia-untuk-meningkatkanketerampilan-berbicara-padasiswa-kelas-iii-sdn-pisangcandi-2- malang-nur-zubaidah-49153. html. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.