Retorika Pembawa Acara X Factor Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.3057
Keywords:
diksi, gaya bahasa, pembawa acara, retorika, X Factor IndonesiaAbstract
Pembawa acara atau presenter memainkan peran penting dalam mendukung acara. Pembawa acara dituntut mampu memikat audiens untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang dibawakan. Oleh karena itu, pembawa acara diharuskan memiliki keterampilan retorika yang mumpuni. Tujuan penelitian mendeskripsikan retorika, diksi, dan gaya bahasa pembawa acara X Factor Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Subjek penelitian video final dan result ajang pencarian bakat X Factor Indonesia dari musim pertama hingga musim ketiga. Sumber data penelitian tuturan Robby Purba selaku pembawa acara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik dokumentasi, teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Data penelitian yang terkumpul diolah melalui beberapa tahapan, meliputi pemilihan data, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan Robby Purba memanfaatkan gaya retorika persuasif, diksi beragam, serta gaya bahasa beragam untuk memandu acara X Factor Indonesia. Pemanfaatan retorika persuasif digunakan untuk membujuk, meyakinkan, dan memengaruhi audiens. Diksi-diksi yang digunakan oleh Robby Purba yaitu denotasi, konotasi, umum, khusus, dan populer. Penggunaan diksi-diksi tersebut untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan tema acara, menciptakan suasana lebih akrab dan mengundang partisipasi audiens, menjelaskan konsep atau informasi kompleks menjadi lebih sederhana, membantu penonton mendapatkan gambaran terkait topik yang dibahas, bentuk kreativitas dan ekspresi pembawa acara, sarana menyampaikan emosi, mengakomodasi audiens yang berbeda, dan upaya branding diri. Sementara gaya bahasa yang digunakan oleh Robby Purba yaitu metafora, klimaks, antiklimaks, repitisi, personifikasi, dan hiperbola. Penggunaan gaya bahasa tersebut untuk menarik perhatian audiens, memungkinkan pembawa acara mengkomunikasikan informasi dengan lebih baik kepada audiens, menyesuaikan diri dengan audiens yang beragam, memberikan fleksibilitas untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan, meningkatkan daya tarik visual pada audiens, membangun identitas dan branding diri, serta mengaitkan pesan dengan realitas sehari-hari. Hasil penelitian memberikan kontribusi bagi para profesional yang berperan sebagai pembawa acara. Selain itu, hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar keterampilan berbicara jenjang SLTP dan SLTA, serta relevan dengan mata kuliah berbicara dan retorika di perguruan tinggi.
Downloads
References
Darlina, E., Wardhana, D. E. C., & Ariesta, R. (2021). Kajian Retorika Struktur Argumen Karya Tulis Ilmiah Siswa Hasil Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 159–172. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1290
Desember, S., & Sari, W. P. (2022). Retorika Gaya Motivator dalam Pemberian Motivasi. Koneksi, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.10459
Huang, Y. (2020). Hyperboles in advertising: a serial mediation of incongruity and humour. International Journal of Advertising, 39(5), 719–737.
Isa, A. T. H. (2022). Analisis Bukti Retorika Pidato Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional 2019. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.2942
Isnaini, R. N., Wuryaningrum, R., & Murti, F. N. (2022). Strategi Bertanya dalam Acara “Hotman Paris Show” dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Teks Diskusi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(2), 119. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i2.2447
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). KKBI Daring [Online]. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ludvianto, M., & Arifani, W. (2019). Retorika Persuasif Dalam Debat Calon Presiden Indonesia 2019: Sebuah Analisis Komunikasi Performatif. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 7(1), 41–50.
Mardhiyah, G. (2015). Strategi Komunikasi Persuasif Pembawa Acara Televisi (Strategi Komunikasi Persuasif Pembawa Acara “Berpacu Dalam Melodi” Di Net TV). FLOW, 3(9).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhtadin, M., & Noermanzah, N. (2018). Rhetorical Structure and Linguistic Features in Introduction Parts of Research in Indonesian Legal Science Journal. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(2), 205–215. https://doi.org/10.24036/ld.v11i2.8373
Nafiza, I. (2021). Strategi retorika pembawa acara dalam mata nahwa di trans7. Jurnal Peneroka, 1(2), 259–274.
Natanael, E., & Gatot, H. C. (2018). Konstruksi gaya retorika Frederich Yunadi (Analisis retorika Aristoteles rogram televisi catatan Najwa edisi setia Pengacara Setya ”). Semiotika, 12(2), 134–150.
Noermanzah, N., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2018). President Joko Widodo’s Rhetorical Technique of Arguing in the Presidential Speeches of the Reform Era. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(5), 117–126. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.5p.117
Noermanzah, N., Setiawan, D., Abid, S., Kusmiarti, R., & Rofi’i, A. (2020). Structure of the Rhetoric in Kabar Siang and Breaking News Programs on TVONE. Journal Of Critical Reviews, 7(19), 6450–6457.
Noermanzah, Emzir, & Lustyantie, N. (2017). Variety Ty O of Rhetorics in Political Speech the Preside Esident of the Republic of Indonesia Sia Ambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field Ragam Retorika Ublik Indonesia Susilo Bambang Yudho Ko W Widodo Pada Bidang Pendidikan. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 16(2), 221–238. https://doi.org/10.24036/humanus.v16i2.810
Noermanzah, N., Syafryadin, S., Castrena, O. W., & Abid, S. (2020). Rhetoric Structure of the Master of Ceremony and the Function of the Akikah Event in Lubuklinggau City. Journal of English Education and Teaching, 4(2), 232–247. https://doi.org/10.33369/jeet.4.2.232-247
Novitasari, H., Syafryadin, S., & Sofyan, D. (2022). The Rhetorical Structure of Students’ Presentation in Speaking Class. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 6(2), 263–290. https://doi.org/10.29240/ef.v6i2.5451
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Deepublish.
Rahardi, R. K. (2006). Dimensi-Dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Erlangga.
Rifandi, D. A., & Irwansyah, I. (2021). Retorika Juru Bicara Satgas Covid-19 Di Platform Youtube. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 64–77. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.185
Rizal, A. Y. M., Djou, D. N., & Idul, R. (2021). Retorika Pembawa Acara Indonesia Lawyers Club di TV One. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 12–29. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/view/903%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/viewFile/903/788
Sari, K. L. (2022). Kanon Style Dalam Retorika Najwa Shihab Pada Acara Mata Najwa Di Metro Tv Canon Style in Najwa Shihab’S Rhetoric At Mata Najwa Shows on Metro Tv. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 47–63. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/
Suhandang, K. (2009). Retorika: Strategi, Teknik dan Taktik Berpidato. Bandung: Nuansa.
Sulistyarini, D., & Zainal, A. G. (2020). Buku Ajar: Retorika.
Suryana, A. (2014). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. Universitas Terbuka.
Vasylenko, O. M., & Khyzhun, Y. V. (2021). Translation strategies in reproducing the expressive means of public political speech: peculiarities and techniques. Scientific Journal of National Pedagogical Dragomanov University. Series 9. Current Trends in Language Development, 12, 32–45.
Widodo, I., Diani, I., & Safnil, S. (2020). The Rhetorical Structure of Short Lecture by Famous Applied Linguists Jack C. Richards Posted on YouTube. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(2), 128–138. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i2.40
Wiendjiarti, I., & Sutrisno, I. (2015). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 70–84.
Wulandari, A. L. (2018). Strategi Retorika Verbal dan Nonverbal Karni Ilyas dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 140–156. https://doi.org/10.31002/transformatika.v2i2.877
Wynn, E., & Katz, J. E. (1997). Hyperbole over cyberspace: Self-presentation and social boundaries in internet home pages and discourse. Information Society, 13(4), 297–327. https://doi.org/10.1080/019722497129043
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.