Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Semester I PBSI UNHASY pada Kuliah Apresiasi Sastra Menggunakan Model Pedagogi Genre
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3161
Keywords:
model pembelajaran, pedagogi genre, menulis puisiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi mahasiswa PBSI Semester I Universitas Hasyim Asy’ari dengan menerapkan model pembelajaran genre pedagogi pada pembelajaran puisi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran pedagogi genre, proses dan hasil pembelajaran puisi meningkat. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, komunikatif, scaffolding, dan kemampuan menulis puisi meningkat. Nilai KKM Puisi 80, kesempurnaan klasikal 80%. Pada siklus sebelumnya nilai rata-rata siswa adalah 70 dan tingkat kelulusan 0%. Setelah penerapan model pedagogi genre pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 78 atau setara dengan KKM minimal 25%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 84 sama dengan atau lebih besar dari KKM sebesar 87%. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran pedagogi genre dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil menulis puisi mahasiswa PBSI.
Downloads
References
Atmazaki. (1993). Analisis sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.
Agusrida. (2020). Penerapan Pendekatan Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Balai Diklat Keagamaan.
Ainia, Dela Khoirul. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3 Tahun 2020 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum) Jurnal Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014.
Azizah, Aida. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi dan Penerapannya dalam Pendidikan Karakter Semarang: FKIP Universitas Islam Sultan Agung Prosiding : Seminar Nasional PIBSI XXXVII (http://research.unissula.ac.id › file › publikasi).
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lampiran II: 1-2. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Cahyanti, Fikha Dwi. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Enam-M dengan Media Lagu pada Siswa Kelas VIII MTs 01 Mojo. Semarang:Unnes.
Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Darwis, dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. , cet. ke-1. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. DOI: https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i3.1683
Emilia, Emi. (2011). Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Rizqi Press.
Hudaa, Syihaabul; Nuryani, Nuryani; Inderasari, Elen. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) Menggunakan Pop Up (Learning Indonesian at Al- Qur`an Learning Center Using Pop Up). http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6012 DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6012
Joyce, Bruce; Weil, Marsha; Calhoun, Emily. (2011). Models of Teaching.: Model-Model Pengajaran. Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kertayasa, I Wayan; Suandi, I Nengah; Budi Utama, I Dewa Gede. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pafa Siswa Kelas X MIA 2 SMA N Sukasada. P- ISSN : 2614-4743 (cetak) dan e-ISSN : 2614-2007 (online) Volume 8 Nomor 2, Agustus 2018. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.