Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Semester I PBSI UNHASY pada Kuliah Apresiasi Sastra Menggunakan Model Pedagogi Genre

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3161

Authors

  • Arisni Kholifatu Amalia Shofiani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Alfian Setya Nugraha Hasyim Asy'ari University
  • Eko Hardinanto Hasyim Asy'ari University

Keywords:

model pembelajaran, pedagogi genre, menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi mahasiswa PBSI Semester I Universitas Hasyim Asy’ari dengan menerapkan model pembelajaran genre pedagogi pada pembelajaran puisi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran pedagogi genre, proses dan hasil pembelajaran puisi meningkat. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, komunikatif, scaffolding, dan kemampuan menulis puisi meningkat. Nilai KKM Puisi 80, kesempurnaan klasikal 80%. Pada siklus sebelumnya nilai rata-rata siswa adalah 70 dan tingkat kelulusan 0%. Setelah penerapan model pedagogi genre pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 78 atau setara dengan KKM minimal 25%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 84 sama dengan atau lebih besar dari KKM sebesar 87%. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran pedagogi genre dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil menulis puisi mahasiswa PBSI.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmazaki. (1993). Analisis sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.

Agusrida. (2020). Penerapan Pendekatan Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Balai Diklat Keagamaan.

Ainia, Dela Khoirul. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3 Tahun 2020 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum) Jurnal Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014.

Azizah, Aida. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi dan Penerapannya dalam Pendidikan Karakter Semarang: FKIP Universitas Islam Sultan Agung Prosiding : Seminar Nasional PIBSI XXXVII (http://research.unissula.ac.id › file › publikasi).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lampiran II: 1-2. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Cahyanti, Fikha Dwi. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Enam-M dengan Media Lagu pada Siswa Kelas VIII MTs 01 Mojo. Semarang:Unnes.

Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Darwis, dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. , cet. ke-1. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. DOI: https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i3.1683

Emilia, Emi. (2011). Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Rizqi Press.

Hudaa, Syihaabul; Nuryani, Nuryani; Inderasari, Elen. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) Menggunakan Pop Up (Learning Indonesian at Al- Qur`an Learning Center Using Pop Up). http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6012 DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6012

Joyce, Bruce; Weil, Marsha; Calhoun, Emily. (2011). Models of Teaching.: Model-Model Pengajaran. Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kertayasa, I Wayan; Suandi, I Nengah; Budi Utama, I Dewa Gede. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pafa Siswa Kelas X MIA 2 SMA N Sukasada. P- ISSN : 2614-4743 (cetak) dan e-ISSN : 2614-2007 (online) Volume 8 Nomor 2, Agustus 2018. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618

Published

2024-03-11

How to Cite

Arisni Kholifatu Amalia Shofiani, Setya Nugraha, A. ., & Hardinanto, E. . (2024). Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Semester I PBSI UNHASY pada Kuliah Apresiasi Sastra Menggunakan Model Pedagogi Genre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1188–1200. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3161

Issue

Section

Articles

Categories