Pengaruh Nama Merek terhadap Citra pada Kuliner Lokal di Kota Makassar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3206

Authors

  • Helmi Yusup Faculty of Cultural Sciences, Hassanuddin University, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
  • Lukman Lukman Hassanuddin University
  • Gusnawaty Gusnawaty Hassanuddin University

Keywords:

Merek, citra, produk, lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan maksud dari pemilik usaha kuliner lokal di Kota Makassar dalam menentukan nama merek usahanya, serta menunjukkan hubungan antara citra dan penamaan merek pada usaha kuliner mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi dengan teknik wawancara. Penelitian ini menemukan lima merek bahasa asing, lima merek mewakili penggunaan bahasa daerah (lokal), dan lima merek mewakili penggunaan bahasa Indonesia. Sebagian produsen memilih menggunakan bahasa asing dalam identitas merek mereka. Tujuan dari penamaan bahasa asing ini adalah meningkatkan nilai jual, prestise serta memperluas target pasar lokal ataupun internasional. Kemudian sebagian pemilik kuliner tersebut menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Lokal pada merek-merek mereka. Kesimpulan, penggunaan bahasa yang bervariasi pada penamaan merek usaha kuliner lokal di Kota Makassar, secara tidak langsung menciptakan citra produk dan persepsi tersendiri di kalangan masyarakat Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. Chaedar. 1990. Sosiologi Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.

Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aslinda dan Syafyahya, L. 2015. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. RefikaAditama.

Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta.

E Knapp, Duane. 2000. The Brand Mindset. Yogyakarta. Andi

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Kurniawati, D,. Suharyono,. & Kusumawati, A. (2014) Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 2 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Kushartanti. 2005. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Lexy J. Moleong, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1). DOI: https://doi.org/10.30742/sv.v1i1.654

Philip Kotler. 2005. Managemen Pemasaran. edisi kesebelas. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutrisno Hadi, 2002. Metodologi Reserch (Yogyakarta: Andi Ofset, Edisi Refisi, 2002)

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145

Suwito. 1996. Sosiolinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Warisman. 2014. Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran (R. Anindita, Ed.). UB Press.

Published

2024-01-04

How to Cite

Helmi Yusup, Lukman, L., & Gusnawaty, G. (2024). Pengaruh Nama Merek terhadap Citra pada Kuliner Lokal di Kota Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 284–293. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3206

Issue

Section

Articles

Categories