Pengaruh Nama Merek terhadap Citra pada Kuliner Lokal di Kota Makassar
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3206
Keywords:
Merek, citra, produk, lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan maksud dari pemilik usaha kuliner lokal di Kota Makassar dalam menentukan nama merek usahanya, serta menunjukkan hubungan antara citra dan penamaan merek pada usaha kuliner mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi dengan teknik wawancara. Penelitian ini menemukan lima merek bahasa asing, lima merek mewakili penggunaan bahasa daerah (lokal), dan lima merek mewakili penggunaan bahasa Indonesia. Sebagian produsen memilih menggunakan bahasa asing dalam identitas merek mereka. Tujuan dari penamaan bahasa asing ini adalah meningkatkan nilai jual, prestise serta memperluas target pasar lokal ataupun internasional. Kemudian sebagian pemilik kuliner tersebut menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Lokal pada merek-merek mereka. Kesimpulan, penggunaan bahasa yang bervariasi pada penamaan merek usaha kuliner lokal di Kota Makassar, secara tidak langsung menciptakan citra produk dan persepsi tersendiri di kalangan masyarakat Kota Makassar.
Downloads
References
Alwasilah, A. Chaedar. 1990. Sosiologi Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.
Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Aslinda dan Syafyahya, L. 2015. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. RefikaAditama.
Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta.
E Knapp, Duane. 2000. The Brand Mindset. Yogyakarta. Andi
Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Kurniawati, D,. Suharyono,. & Kusumawati, A. (2014) Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 2 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.
Kushartanti. 2005. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Lexy J. Moleong, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1). DOI: https://doi.org/10.30742/sv.v1i1.654
Philip Kotler. 2005. Managemen Pemasaran. edisi kesebelas. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sutrisno Hadi, 2002. Metodologi Reserch (Yogyakarta: Andi Ofset, Edisi Refisi, 2002)
Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145
Suwito. 1996. Sosiolinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Warisman. 2014. Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran (R. Anindita, Ed.). UB Press.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.