Analisis Hierarki Nilai-Nilai Max Scheler dalam Cerita Anak Gorontalo Berjudul Saku Abah
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3291
Keywords:
Aksiologi, Bahasa Gorontalo, Buku Cerita Anak, Hierarki Nilai Max SchelerAbstract
Bahasa daerah merupakan sarana komunikasi bukan hanya antar masyarakat melainkan sebagai bagian dari pelestarian budaya maupun nilai karifan lokal. Salah satu bahasa daerah di Indonesia yang mengalami ancaman kepunahan adalah bahasa Gorontalo. Padahal, bahasa Gorontalo digunakan di berbagai kegiatan budaya, tradisi, dan upacra adat istiadat. Kondisi ini dipicu karena efek globalisasi dan juga rasa enggan berbahasa Gorontalo di kalangan generasi muda. Padahal jika bahasa Gorontalo punah, maka punah juga budaya yang ada sehingga masyarakat Gorontalo tidak akan lagi menerapkan nilai-nilai luhur yang ada. Salah satu upaya pelestarian bahasa Gorontalo dengan menambah bahan literasi. Bahan literasi yang dimaksud adalah buku cerita anak berjudul Saku Abah yang ditulis oleh Tri Utami Suleman. Dalam buku ini terdapat nilai lokalitas yang erat dengan dunia anak dan masyarakat Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai yang terdapat dalam buku tersebut dipandang dari sisi filsafat aksiologi atau filsafat nilai. Pisau analisis yang digunakan adalah hierarki nilai yang dicetuskan oleh Max Scheler. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi yaitu menganalisis bagaimana hierarki nilai Max Scheler dalam buku Saku Abah.
Downloads
References
Ade, V., & Affandi, I. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif Analitik Pada Masyarakat Talang Mamak Kec. Rakit Kulim, Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 77. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3671 DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3671
Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.445
Akantu, B. (n.d.). Tidak Diwariskan Lagi, Bahasa gorontalo Terancam Punah. Rri.Co.Id –
Portal Berita Terpercaya. Retrieved January 30, 2023, from https://rri.co.id/gorontalo/daerah/126118/tidak-diwariskan-bahasa-gorontalo-terancampunah?utm_source=news_slide&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Anastasia Baan. (2023). Form And Pragmatic Meaning Of Simuane Tallang Speech At The Rambu Solo’ Ceremony For The Toraja People. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 739–750. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2149 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2149
Aurelya, S., & Laurencia, N. (2023). Analisis Karakter Tokoh Utama Film Wish Deagon: Nilai Moral Konfusianisme. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 760–770. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2611
Bangsawan, i. P. R. (2018). Revitalisasi Sastra Daerah Kabupaten Banyuasin. Dinas
pendidikan, pemuda, olahraga, dan pariwisata kabupaten banyuasin.
Bujangga, H. (2022). Revitalisasi Bahasa Gayo dan Penuturnya. Procediing of Interational Conference on Islamic Studies, 1(1), 326–337. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/18800%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/viewFile/18800/13433%0Ahttp://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-skripd6ea540016f
Christian Gunawan, T. (2021). Philosophical reflection on the value hierarchy according to Max Scheler. Advances in Sciences and Humanities, 7(3), 49. https://doi.org/10.11648/j.ash.20210703.11 DOI: https://doi.org/10.11648/j.ash.20210703.11
Dahlan, M., & Wahid, A. (2022). Nilai Moral Dalam Foruk: Pertahanan Masyarakat Tanimbar Terhadap Dampak Negatif Globalisasi. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 138–146. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/download/422/173
Farahiba, A. S. (2017). Eksistensi Sastra Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Tingkat
Pendidikan Dasar. Al-asasiyya: Journal Of Basic Education, 1(1). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i1.313 DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i1.313
Frondizi, Rasieri, 2009, Pengantar Filsafat Nilai, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Harahap, A. N., & Salminawati. (2022). Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Journal Of Social Research, 1(3), 748–753. https://doi.org/10.55324/josr.v1i3.143 DOI: https://doi.org/10.55324/josr.v1i3.143
Hulukati, W., Rahim, M., & Djafar, Y. (2017a). PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH
GORONTALO PADA ANAK USIA DINI. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 81–88. https://doi.org/10.21009/jiv.1201.8 DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1201.8
Janse, M., & Tol, S. (2003a). Language death and language maintenance: Theoretical, DOI: https://doi.org/10.1075/cilt.240
practical and descriptive approaches. John Benjamins Publishing.
Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo. (2022). Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.
https://kantorbahasagorontalo.kemdikbud.go.id/
Kasmawati, Nasrullah, I., & Suryaningsih, I. (2023). Rekonstruksi Fenomena Sosial dalam Film Adagium Karya Rizal Mantopani. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(1), 573–580. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/2369/1800 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2369
Kardi, D. (2022, June 30). Data Kemdikbud: 11 Bahasa Daerah di Indonesia Punah, Maluku
Terbanyak. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220629134646-20-814988/data-kemdikbud-11-bahasa-daerah-di-indonesia-punah-maluku-terbanyak
Kelly, E. (2011). Material ethics of value: Max Scheler and Nicolai Hartmann. Springer Science & Business Media. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-007-1845-6
Krissandi, A. D. S. (2021). Sastra Anak Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Kusumaning Ayu, Rr. F., Puspita Sari, S., Yunarti Setiawan, B., & Khoirul Fitriyah, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan. Child Education Journal, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356 DOI: https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356
Malik, R., Hidir, A., Rukmini, K., & Ghufronudin, G. (2022). Kajian Aksiologi Max Scheler Terhadap Persepsi Jemaah Masjid TErkait Keberadaan Ruang Terbuka Hijau Di Kota Pekanbaru. Jurnal Yaqzhan, 08(01), 149–161. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqhzan/article/download/9116/pdf_41 DOI: https://doi.org/10.24235/jy.v8i1.9116
Muhammad, & Manilet, A. (2020). Revitalisasi Bahasa Daerah Terancam Punah. Literasi
Nusantara.
Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111
Nasir, M. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i11.1571 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.35975
Nisak, A. N. R. A. (2016). DIMENSI AKSIOLOGIS MAX SCHELER DALAM TRADISI KENDURI. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/100631
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar pemahaman Dunia Anak. UGM PRESS.
Pardosi, M. T., & Dwiputri Maharani, S. (2019). Kajian Aksiologi Max Scheler Terhadap Operasi Merubah Kelamin pada Manusia (Transeksual). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i1.17552 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v2i1.17552
Parmono, R. (1993). Konsep Nilai Max Scheler. Jurnal Filsafat, 16, 43–51. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/31366
Pauwels, A. (2016). Language maintenance and shift. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107338869
Pendokumentasian Bahasa dalam Upaya Revitalisasi Bahasa Daerah yang Terancam
Punah di Indonesia – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. (n.d.). Retrieved January 25, 2023, from https://kantorbahasabengkulu.kemdikbud.go.id/pendokumentasian-bahasa-dalam-upaya-revitalisasi-bahasa-daerah-yang-terancam-punah-di-indonesia/
Rehg, K. L., & Campbell, L. (2018). The Oxford Handbook of Endangered Languages. DOI: https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780190610029.001.0001
Oxford University Press.
Retnosari, P. (2021). Tradisi temanten kucing masyarakat desa palem tulungagung dalam perspektif aksiologi max scheler. METALANGUAGE: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.56707/jmela.v1i01/2021/03.13
Rizal Fauzi, Minhatul Ma’arif, I. S. (2020). Revitalisasi Bahasa Sunda Banten Melalui “Komunitas Aing” Sebagai Upaya Pelestarian Kebudayaan Di Banten. Jurnal Membaca, 5(2), 153–160. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/download/9783/6333
Rumini. (2022). Tersisihnya Kearifan Lokal di Era Digital. Penerbit P4I.
Rusnan. (2022). Peran Pemerintah Bone Bolango dalam Melestarikan Bahasa Bolango.
DIKMAS Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian , 2(2), 461–482.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.461-482.2022
Safira, M. (2016). Bahasa, sastra, dan identitas: Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa
daerah di bumi raja-raja.
Salam, S., & Ponto, D. (2021). Pemertahanan Bahasa Minahasa di Desa Kaaruyan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 241. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.402 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.402
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital
untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
strategi optimalisasi program. (n.d.). Prezi.Com. Retrieved January 25, 2023, from https://prezi.com/view/rHv17uwLp4yyUAhtmyeU/
Siswadi, G. A., & Maharani, S. D. (2022). Tradisi Med-Medan di Banjar Kaja Desa Adat Sesetan Kota Denpasar Bali dalam Perspektif Filsafat Nilai Max Scheler. Jurnal Filsafat Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/40067 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i1.40067
Sudaryanto. (2016). Mensyukuri bahasa Indonesia 25 Kolom Bahasa. Samudra Biru.
Syamsuri, A. S. (2020). Pelestarian dan pemertahanan bahasa dan sastra Bugis. Nas Media Pustaka.
Titiloloby, B. (2020). KONSEP ETIKA NILAI MAX SCHELER DAN ANALISIS TERHADAP AKSIOLOGINYA Benediktus Titirloloby. Jurnal Teologi Kontekstual Seminari Tinggi St. Fransiskus Xaverius Ambon, 5(2), 1–6. http://ejournal-stfxambon.id/index.php/FeR/article/view/44
Thomason, S. G. (2015). Endangered languages. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781139033817
Wahana, Paulus. 2004. Nilai Etika Aksiologis Max Scheler. Yogyakarta: Kanisius
Yangsen, B. R. (2023). Eksplorasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Sastra Anak Sumbawa sebagai Revitalisasi Pendidikan Nilai dan Karakter. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 871–885. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2881
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.