Ideologi Konsumerisme pada Poster Iklan Minuman: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3296
Keywords:
Analisis Wacana Kritis, Ideologi, KonsumerismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ideologi konsumersime dalam poster iklan minuman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis dengan model Norman Fairclough yang dimana Norman Fairclough membagi Analisis wacana kritis dalam 3 dimensi yaitu (1) dimensi teksual yang disebut dengan analisis mikrostruktural, dimensi tekstual dibagi menjadi 3 yaitu representasi, relasi, dan identitas. (2) dimensi praktik diskursuf/ wacana yang kemudian disebut dengan analisis mesostruktural dan (3) dimensi sosial budaya kemudian disebut dengan analisis makrostruktural, hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) analisis teks, kata dan bahasa menggunakan identitas tertentu yaitu milenial, kata-kata atau kalimat yang menggunakan bahasa asing dan non formal, 2) Berdasarkan analisis praktik teks dari sudut pandang produksi dan konsumsi, pengiklan menyadari sepenuhnya keinginan konsumen terutama pada kalangan milenial dengan kebiasaan yang suka membeli minuman kekinian sehingga disuguhkan minuman-minuman yang bervariasi seperi boba, kopi yang memiliki rasa berbeda dari biasanya. Sasaran pada pengiklanan sudah sangat jelas yaitu kaum milenial. Pengikalanan menyampaikan pesan dengan banyak macam variasi dari menggunakan symbol hingga penggunaan bahasa inggris agar menarik konsumen untuk membelinya. 3) analisis praktik sosial sosiokultural Pengiklan telah mengenal gaya hidup kontemporer masyarakat Indonesia yaitu konsumerisme dan modernitas, sehingga mereka ditawari trend minuman kekinian yang mewakili kelas tertentu, dan Iklan juga memberikan unsur kebahagiaan hidup.
Downloads
References
Apreno, R., & Noermanzah, (2020). Ideologi Kapitalisme Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Edisi Wani Piro: Kajian Analisis Wacana Kritis. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 1, 86-97. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.882 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.882
Asnidar, A, (2018). Analisis Wacana Kritis Iklan Operator Seluler. Jurnal Koonfiks, 20(2), 22-27. DOI: https://doi.org/10.26618/jk.v4i2.1336
Ayuni & Darmayanti, (2022). Analisi multimodal wacana kritis iklan layanan masyarakat bertema vaksinasi covid-19 oleh kementerian komunikasi dan informatika Indonesia. Deiksis Vol. 14 No.3, 262-273. DOI: 10.30998/deiksis.v14i3.11923. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.11923
Maghvira, G, (2017). Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan Tempo.Co Tentang Kematian Taruna Stip Jakarta. JURNAL THE MESSENGER. DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.463
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, S. (2012). Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan-Iklan Pajak dalam Pembentukan Realitas pada Kehidupan Masyarakat. Ranah, volume 1. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.18
Pratami, R. (2020). Analisis Wacana Kritis Pada Penggunaan Bahasa Asing Dalam Iklan Televisi “Floridina”. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume III, No. II, 241-254. DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.789
Storey, John. (2004). Teori Budaya dan Budaya Pop Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Yogyakarta: Qalam
Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156. DOI: https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2185
Susanti, K., Anto, P., & Hidayati, N, A. (2019). Wacana Kritis Fairclough Dalam Teks Iklan Mana Tau: Indian Royal Cofee. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 Number 2, 111-117. DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v3i2.223
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.