Ideologi Konsumerisme pada Poster Iklan Minuman: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3296

Authors

  • Ananda Dwi Asri UNIVERSITAS DIPONEGORO
  • Nurhayati Nurhayati Magister Linguistik, Universitas Diponegoro

Keywords:

Analisis Wacana Kritis, Ideologi, Konsumerisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ideologi konsumersime dalam poster iklan minuman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis dengan model Norman Fairclough yang dimana Norman Fairclough membagi Analisis wacana kritis dalam 3 dimensi yaitu (1) dimensi teksual yang disebut dengan analisis mikrostruktural, dimensi tekstual dibagi menjadi 3 yaitu representasi, relasi, dan identitas. (2) dimensi praktik diskursuf/ wacana yang kemudian disebut dengan analisis mesostruktural dan (3) dimensi sosial budaya kemudian disebut dengan analisis makrostruktural, hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) analisis teks, kata dan bahasa menggunakan identitas tertentu yaitu milenial, kata-kata atau kalimat yang menggunakan bahasa asing dan non formal, 2) Berdasarkan analisis praktik teks dari sudut pandang produksi dan konsumsi, pengiklan menyadari sepenuhnya keinginan konsumen terutama pada kalangan milenial dengan kebiasaan yang suka membeli minuman kekinian sehingga disuguhkan minuman-minuman yang bervariasi seperi boba, kopi yang memiliki rasa berbeda dari biasanya. Sasaran pada pengiklanan sudah sangat jelas yaitu kaum milenial. Pengikalanan menyampaikan pesan dengan banyak macam variasi dari menggunakan symbol hingga penggunaan bahasa inggris agar menarik konsumen untuk membelinya. 3) analisis praktik sosial sosiokultural Pengiklan telah mengenal gaya hidup kontemporer masyarakat Indonesia yaitu konsumerisme dan modernitas, sehingga mereka ditawari trend minuman kekinian yang mewakili kelas tertentu, dan Iklan juga memberikan unsur kebahagiaan hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apreno, R., & Noermanzah, (2020). Ideologi Kapitalisme Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Edisi Wani Piro: Kajian Analisis Wacana Kritis. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 1, 86-97. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.882 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.882

Asnidar, A, (2018). Analisis Wacana Kritis Iklan Operator Seluler. Jurnal Koonfiks, 20(2), 22-27. DOI: https://doi.org/10.26618/jk.v4i2.1336

Ayuni & Darmayanti, (2022). Analisi multimodal wacana kritis iklan layanan masyarakat bertema vaksinasi covid-19 oleh kementerian komunikasi dan informatika Indonesia. Deiksis Vol. 14 No.3, 262-273. DOI: 10.30998/deiksis.v14i3.11923. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.11923

Maghvira, G, (2017). Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan Tempo.Co Tentang Kematian Taruna Stip Jakarta. JURNAL THE MESSENGER. DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.463

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, S. (2012). Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan-Iklan Pajak dalam Pembentukan Realitas pada Kehidupan Masyarakat. Ranah, volume 1. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.18

Pratami, R. (2020). Analisis Wacana Kritis Pada Penggunaan Bahasa Asing Dalam Iklan Televisi “Floridina”. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume III, No. II, 241-254. DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.789

Storey, John. (2004). Teori Budaya dan Budaya Pop Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Yogyakarta: Qalam

Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156. DOI: https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2185

Susanti, K., Anto, P., & Hidayati, N, A. (2019). Wacana Kritis Fairclough Dalam Teks Iklan Mana Tau: Indian Royal Cofee. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 Number 2, 111-117. DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v3i2.223

Published

2024-01-28

How to Cite

Ananda Dwi Asri, & Nurhayati, N. (2024). Ideologi Konsumerisme pada Poster Iklan Minuman: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 691–700. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3296

Issue

Section

Articles

Categories