Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audiovisual

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3314

Authors

  • Hasniah MI Yapis Wasior

Keywords:

Cerita Dongeng, Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Audiovisual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai proses peningkatan keterampilan menyimak cerita dongeng melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian mencakup beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MI Yapis Wasior pada Siswa Kelas VI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawacara, dan jurnal refleksi. Adapun teknik  yang  digunakan  untuk  analisis  data  pada  penelitian  ini  dialoah secara kualitatif. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan jurnal refleksi berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Selanjutnya, data tersebut dideskripsikan untuk mengetahui proses dan perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak 2 siklus dapat  disimpulkan bahwa pada siklus kedua dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran pembelajaran menyimak cerita dongeng siswa kelas VI MI Yapis Wasior terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyimak. Mereka terlihat aktif dalam bertanya, mengerjakan LKPD, dan penyajian hasil kerja kelompok melalui kegiatan presentasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Hakim, M. N., Zuriyati, & Rohman, S. (2019). Hand puppet: A teaching–learning storytelling media. Getsempena English Education Journal, 6(2), 182-190.
Hakim, M. N., Suparman, Herdiana, B., & Etik. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 39-44.
Hogan, T. P., Adlof, S. M., & Alonzo, C. N. (2014). On the importance of listening comprehension. International journal of speech-language pathology, 16(3), 199-207.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Mustofa. (2015) Melejitkan Kecerdasan Anak melalui Dongeng Interaktif. Parama Ilmu.
Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.
Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran artikulasi dan media boneka tangan pada pembelajaran tematik kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766-772.
Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 47.
Priyono, Kusumo. (2006). Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.
Restiningsih, D., & Hartono, K. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Didaktika Dwija Indria, 4(8).
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).
Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul). Universitas Terbuka.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Published

2024-01-09

How to Cite

Hasniah. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audiovisual. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 387–394. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3314

Issue

Section

Articles