Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audiovisual
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3314
Keywords:
Cerita Dongeng, Pembelajaran Berbasis Masalah, Media AudiovisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai proses peningkatan keterampilan menyimak cerita dongeng melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian mencakup beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MI Yapis Wasior pada Siswa Kelas VI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawacara, dan jurnal refleksi. Adapun teknik yang digunakan untuk analisis data pada penelitian ini dialoah secara kualitatif. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan jurnal refleksi berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Selanjutnya, data tersebut dideskripsikan untuk mengetahui proses dan perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak 2 siklus dapat disimpulkan bahwa pada siklus kedua dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran pembelajaran menyimak cerita dongeng siswa kelas VI MI Yapis Wasior terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyimak. Mereka terlihat aktif dalam bertanya, mengerjakan LKPD, dan penyajian hasil kerja kelompok melalui kegiatan presentasi
Downloads
References
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Hakim, M. N., Zuriyati, & Rohman, S. (2019). Hand puppet: A teaching–learning storytelling media. Getsempena English Education Journal, 6(2), 182-190.
Hakim, M. N., Suparman, Herdiana, B., & Etik. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 39-44.
Hogan, T. P., Adlof, S. M., & Alonzo, C. N. (2014). On the importance of listening comprehension. International journal of speech-language pathology, 16(3), 199-207.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Mustofa. (2015) Melejitkan Kecerdasan Anak melalui Dongeng Interaktif. Parama Ilmu.
Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.
Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran artikulasi dan media boneka tangan pada pembelajaran tematik kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766-772.
Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 47.
Priyono, Kusumo. (2006). Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.
Restiningsih, D., & Hartono, K. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Didaktika Dwija Indria, 4(8).
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).
Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul). Universitas Terbuka.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.