Realisasi Tuturan Anak Down Syndrome dalam Interaksi Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3329

Authors

Keywords:

tindak tutur ilokusi, kendala tutur, anak down syndrome

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi dan kendala tutur anak down syndrome dalam interaksi pembelajaran di SPLB C YPLB Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa down syndrome tingkat Sekolah Dasar di SPLB C YPLB Kota Bandung. Teknik pengumpulan data melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian realisasi tuturan anak down syndrome dalam interaksi pembelajaran di SPLB C YPLB Kota Bandung ditemukan penggunaan tiga klasifikasi tindak tutur ilokusi, yakni tindak tutur asertif 47 tuturan (69.1%), tindak tutur direktif 19 tuturan (28%), dan tindak tutur ekspresif 2 tuturan (2.9%). Selain itu, ditemukan kendala tutur pada ketiga anak down syndrome dalam interaksi pembelajaran, meliputi penghilangan bunyi vokal dan konsonan (omisi) 23 tuturan (69.7%), penggantian bunyi vokal dan konsonan (substitusi) 8 tuturan (24.2%), dan ketidakjelasan kosakata 2 tuturan (6.1%). Kendala tutur yang dialami ketiga anak down syndrome membuat tuturan yang diujarkan selama interaksi pembelajaran tidak lengkap dan jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Destri Susilowati, Universitas Pendidikan Indonesia

Student in Indonesian Language and Literature 

References

Chamidah, Atien Nur. 2017. “Intervensi Dini Gangguan Perkembangan Komunikasi Pada Anak Down Syndrome.” Dinamika Pendidikan XXII(28):28–36.

Cummings, Louise. 2010. Pragmatik Klinis: Kajian Tentang Penggunaan Dan Gangguan Bahasa Secara Klinis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Damayanti, Intan Dwi; Yulianto, Bambang. 2022. “Tindak Tutur Ilokusi Pada Pembelajaran Anak Kebutuhan Khusus Di Sekolah ABK STAR KIDS : Kajian Pragmatik.” Bapala: Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9(8):311–22.

Dodd, B., and L. Thompson. 2001. “Speech Disorder in Children with Down’s Syndrome.” Journal of Intellectual Disability Research 45(4):308–16. doi: 10.1046/j.1365-2788.2001.00327.x. DOI: https://doi.org/10.1046/j.1365-2788.2001.00327.x

Eko. 2023. “Tiap Tahun 3000-5000 Anak Lahir Dengan Down Syndrome Sebanyak 40.928 Sekolah Lakukan Program Inklusi.” PaudPedia Kemdikbud.

Ilham, Hildawati, Odin Rosidin, and Sundawati Tisnasari. 2018. “Tindak Tutur Ilokusi Tuturan Siswa Tunawicara Di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang.” Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia) 3(1):23–34. doi: 10.30870/jmbsi.v3i1.3742. DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3742

Indah, Rohmani Nur. 2017. Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar . Cetakan III. Malang : UIN Maliki Press.

Julianto, Indra Rasyid, Annisa Sauvika Umami, and Histori Naskah. 2023. “Kajian Psikolinguistik Kemampuan Komunikasi Anak Down Syndrome Yang Tergolong Mampu Latih.” JBSI: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia 2(2):274–79. doi: 10.47709/jbsi.v2i2.1968.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Laporan Riskesdas 2018 . Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Kumin, L. 2015. “A Reexamination of the Receptive–Expressive Language Gap in Individuals with Down Syndrome.” International Medical Review on Down Syndrome 19(2):28–34. doi: 10.1016/j.sdeng.2015.05.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sdeng.2015.05.002

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode Dan Tekniknya . Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Martin, Gary E., Jessica Klusek, Bruno Estigarribia, and Joanne E. Roberts. 2009. “Language Characteristics of Individuals With Down Syndrome.” Topics in Language Disorders 29(2):112–32. doi: 10.1097/TLD.0b013e3181a71fe1. DOI: https://doi.org/10.1097/TLD.0b013e3181a71fe1

Miles, Batthew; Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdyna, Astary, Ahadi Sulissusiawan, and Agus Syahrani. 2021. “Penggunaan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Down Sindrom): Kajian Psikolinguistik.” JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 10(4):1–7. doi: https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46198.

Permata, Emilia Laras, and Roni Nugraha. 2022. “Tindak Tutur Ilokusi Pada Podcast Najwa Shihab Dan Maudy Ayunda Serta Manfaatnya Sebagai Modul Pidato Persuasif.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 8(2):860–65. doi: 10.30605/onoma.v8i2.2281. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2281

Renawati, Renawati, Rudi Saprudin Darwis, and Hery Wibowo. 2017. “Interaksi Sosial Anak Down Syndrome Dengan Lingkungan Sosial (Studi Kasus Anak Down Syndrome Yang Bersekolah di SLB PUSPPA SURYAKANTI BANDUNG).” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):2581–1126. doi: 10.24198/jppm.v4i2.14341. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14341

Sari, Anugrah, Ikhwan M Said, and Gusnawaty Gusnawaty. 2022. “Tindak Tutur Presiden Jokowi Yang Terpilih Pada Media Sosial Twitter.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 8(1):256–69. doi: 10.30605/onoma.v8i1.1718. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1718

Searle, John R. 1969. Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. New York: Cambrige University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781139173438

Tarmini, Wini, Abd. Rahman A. Ghani, and Martini Arelina Nike Pangaribuan. 2021. “Model Pertuturan Anak Down Syndrome SMA Luar Biasa Dian Grahita Jakarta: Kajian Pragmatik.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 4(3):247–58. doi: 10.30872/diglosia.v4i3.127. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.127

Yuliawati, Ardea Ningtias; Hermawati, Tantri. 2020. “Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Murid Down Syndrome Dalam Mengajarkan Murid Menyampaikan Keinginannya.” Kommas: Komunikasi Massa 1(1).

Published

2024-01-16

How to Cite

Destri Susilowati, & Jatmika Nurhadi. (2024). Realisasi Tuturan Anak Down Syndrome dalam Interaksi Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 483–493. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3329

Issue

Section

Articles

Categories