Pemanfaatan Media Digital Joylada dalam Pembelajaran Sastra Populer
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3370
Keywords:
Media Digital Joylada; Pembelajaran Sastra Populer; Universitas PamulangAbstract
Media digital menjadi alat yang menarik dalam pembelajaran pada saat ini, termasuk dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan sastra digital dalam pembelajaran mata kuliah sastra populer di Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menganalisis data secara deskriptif. Pencarian data dengan cara mengamati, mendata, dan analisis data. Dari penelititian ini didapatkan hasil bahwa pemanfaatan media digital Joylada ini diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dalam mencari karya sastra yang selama ini sulit dicari di peroustakaan. Memaksimalkan penggunaan sastra digital dalam pembelajaran agar efektif dan mempersingkat waktu dalam pencarian teks karya sastra, agar pembelajaran berlangsung dengan baik, serta memberikan wadah untuk melakukan penulisan. Ditemukan hasil bahwa mahasiswa sastra Indonesia dalam mempelajari sastra populer dengan media digital Joylada menjadi lebih mudah, sehingga tidak mempersingkat waktu dalam proses pencarian data dan memberikan kesempatan mengeksplore kemampuan menulis. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sastra digital Joylada diperlukan dalam pembelajaran mata kuliah sastra populer bagi mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Pamulang.
Downloads
References
Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(1), 107–116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152 DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152
Baan, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan buku ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 327-331. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407
Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Gelar, M., Pendidikan, S., & Agustina, S. A. (2024). Penggunaan media joylada dalam pembelajaran keterampilan membaca cerpen pada siswa sma muhammadiyah 08 ciputat tahun pelajaran 2023/2024.
Karumpa, A., Halimah, A., & Sulastri, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089
Pada, P., Society, E. R. A., Sekolah, D. I., Perguruan, D. A. N., Di, S., Dan, S., Tinggi, P., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., Mandiri, U. B., & Gorontalo, K. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Digital Menggunakan Media Dalam Teknologi Pendidikan Pada Era Implementation Of Digital Learning Using Media In Educational Technology In The Society 5 . 0 Era In Schools And Higher Education proses pembelajaran yang terjadi lebih b. X, 0–6.
Sari, Y. R. (2022). Pemanfaatan E- Dakwah Sebagai Media Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 95. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5765 DOI: https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5765
Yanti, P. G. (2021). Sastra Digital dan Keunggulannya. Prosiding Samasta, 945–950.
Zettirah, A. M., Cahyani, C. G., & Afifah, F. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Sastra. 1(1), 1–11.
Zulham, M. (2015). Aplikasi Teori Ilmu Bahasa terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(1), 111-125.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.