Pemanfaatan Media Digital Joylada dalam Pembelajaran Sastra Populer

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3370

Authors

  • Nugroho Widhi Pratomo Universitas Pamulang
  • Ade Hikmat Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Imam Safi’i Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Keywords:

Media Digital Joylada; Pembelajaran Sastra Populer; Universitas Pamulang

Abstract

Media digital menjadi alat yang menarik dalam pembelajaran pada saat ini, termasuk dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan sastra digital dalam pembelajaran mata kuliah sastra populer di Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menganalisis data secara deskriptif. Pencarian data dengan cara mengamati, mendata, dan analisis data. Dari penelititian ini didapatkan hasil bahwa pemanfaatan media digital Joylada ini diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dalam mencari karya sastra yang selama ini sulit dicari di peroustakaan. Memaksimalkan penggunaan sastra digital dalam pembelajaran agar efektif dan mempersingkat waktu dalam pencarian teks karya sastra, agar pembelajaran berlangsung dengan baik, serta memberikan wadah untuk melakukan penulisan. Ditemukan hasil bahwa mahasiswa sastra Indonesia dalam mempelajari sastra populer dengan media digital Joylada menjadi lebih mudah, sehingga tidak mempersingkat waktu dalam proses pencarian data dan memberikan kesempatan mengeksplore kemampuan menulis. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sastra digital Joylada diperlukan dalam pembelajaran mata kuliah sastra populer bagi mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Pamulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(1), 107–116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152 DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152

Baan, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan buku ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 327-331. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452

Gelar, M., Pendidikan, S., & Agustina, S. A. (2024). Penggunaan media joylada dalam pembelajaran keterampilan membaca cerpen pada siswa sma muhammadiyah 08 ciputat tahun pelajaran 2023/2024.

Karumpa, A., Halimah, A., & Sulastri, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089

Pada, P., Society, E. R. A., Sekolah, D. I., Perguruan, D. A. N., Di, S., Dan, S., Tinggi, P., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., Mandiri, U. B., & Gorontalo, K. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Digital Menggunakan Media Dalam Teknologi Pendidikan Pada Era Implementation Of Digital Learning Using Media In Educational Technology In The Society 5 . 0 Era In Schools And Higher Education proses pembelajaran yang terjadi lebih b. X, 0–6.

Sari, Y. R. (2022). Pemanfaatan E- Dakwah Sebagai Media Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 95. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5765 DOI: https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5765

Yanti, P. G. (2021). Sastra Digital dan Keunggulannya. Prosiding Samasta, 945–950.

Zettirah, A. M., Cahyani, C. G., & Afifah, F. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Sastra. 1(1), 1–11.

Zulham, M. (2015). Aplikasi Teori Ilmu Bahasa terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(1), 111-125.

Published

2024-01-29

How to Cite

Nugroho Widhi Pratomo, Ade Hikmat, & Imam Safi’i. (2024). Pemanfaatan Media Digital Joylada dalam Pembelajaran Sastra Populer . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 765–772. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3370

Issue

Section

Articles

Categories