Pengembangan Materi Ajar Elektronik Pembelajaran Puisi Siswa Kelas X SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3371
Keywords:
penelitian dan pengembangan, materi ajar, puisiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) kelayakan isi materi ajar puisi berbasis digital siswa kelas X SMA, penelitian kualitatif dengan model penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah pengembangan dari model S. Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah pengembangan dari model S. Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelayakan isi materi ajar dibagi menjadi delapan aspek penilaian, yaitu kesesuaian materi dengan Capaian Pembelajaran, kesesuaian materi dengan Tujuan Pembelajaran, kesesuaian materi Alur Tujuan Pembelajaran, kebenaran konsep materi dalam materi ajar, kesesuaian kegiatan belajar dengan kebutuhan siswa, kesesuaian manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan, kesesuaian dengan nilai-nilai, moralitas, dan sosial, dan aspek kesesuaian dengan kebutuhan materi ajar dengan hasil validasi tahap 1 aspek kelayakan isi memperoleh skor rata-rata 2,88. Setelah mendapatkan komentar dan saran dari validator, maka dilakukan perbaikan dan skor rata-rata validasi tahap 2 meningkat menjadi 4,38 dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk materi ajar yang dikembangkan layak digunakan.
Downloads
References
ditia, Devi Putri. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Berbasis E-Modul Interaktif untuk Siswa Kelas XI. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang: Direktorat Program Pascasarjana.
Benny Agus Pribadi, Dewi. A. Padmo Putri. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Berry, B. (2010). Teaching 2030. New York: Teacher College Press.
Budiarti, Wahyu Nining, Mawan Akhir Riwanto. 2020. Pengembangan Modul Elektronik (e-modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School 8, Volume 8 nomor 1, 103. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996
Danang T, M. F. 2015. Pengembangan Media e-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 01(01), 1–9.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamsiah, Rapi Tang, Achmad Tolla, dan Jufri. 2017. “Teaching Materials Development For Basic General Course of Indonesian Language Class Based on Culture Values Elompugi (Elong) Bugis Literature”. Journal of Language Teaching and Research. Volume 08, No. 02, pp. 278-285 DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.0802.08
Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kastolani, N. M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sengkang. Universitas Negeri Makassar.
Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan e-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kosasih, E. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI (M. Baihaqi, Ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lidyawati, Yenni. 2015. Pengembangan Modul Sastra Indonesia Berbasis Website pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X1 Sumatera Selatan. Jurnal Logat 2(2): 98—116.
Mardiah. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 4, No. 2, 36.
Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. 2015. The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2015.06.392 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392
Noviyanti, Agustina Tyas Asri Hardini. 2021. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Materi Puisi Menggunakan Model Mind Mapping di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5, 3277-3286, 4. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1271
Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pratomo, Y. 2019. APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Retrieved from Kompas.com website: https://tekno.kompas.com/ read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlahpengguna-internet-di-indonesia-tembus171-juta-jiwa
Rijal, B. S. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta.
Ronny Muntu, Sonny.2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 8 Makassar. Tesis. Universitas Negeri Makassar:Program Pascasarjana.
Siti Aisah, Evih Noviyanti, Triyanto. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, Vol.2, No. 1, 63. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumiyatun. 2017. Pengembangan e-Modul Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Lectora Inspire Sebagai Bahan Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Batu. Nosi, 5(2), 162–174.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garuda Wacana.
Yuswanti, Tutut Umi, Abdul Rani, Akhmad Tabrani. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Sigil Materi Teks Eksplanasi untuk Siswa Kelas XI di SMA Brantas Karangkates. NOSI Volume 8, Nomor 1, 69.
Zauwana. 2018. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Karakter di MIN Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Fausih, Moh dan Danang, T. 2015. Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura-Vol. 01, No.01.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.