Pengembangan Materi Ajar Elektronik Pembelajaran Puisi Siswa Kelas X SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3371

Authors

  • Nurhidayah Universitas Negeri Makassar
  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar
  • Syamsudduha Syamsudduha Universitas Negeri Makassar

Keywords:

penelitian dan pengembangan, materi ajar, puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) kelayakan isi materi ajar puisi berbasis digital siswa kelas X SMA, penelitian kualitatif dengan model penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah pengembangan dari model S. Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah pengembangan dari model S. Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelayakan isi materi ajar dibagi menjadi delapan aspek penilaian, yaitu kesesuaian materi dengan Capaian Pembelajaran, kesesuaian materi dengan Tujuan Pembelajaran, kesesuaian materi Alur Tujuan Pembelajaran, kebenaran konsep materi dalam materi ajar, kesesuaian kegiatan belajar dengan kebutuhan siswa, kesesuaian manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan, kesesuaian dengan nilai-nilai, moralitas, dan sosial, dan aspek kesesuaian dengan kebutuhan materi ajar dengan hasil validasi tahap 1 aspek  kelayakan isi  memperoleh skor rata-rata 2,88. Setelah mendapatkan komentar dan saran dari validator, maka dilakukan perbaikan dan skor rata-rata validasi tahap 2 meningkat menjadi 4,38 dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk materi ajar yang dikembangkan layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ditia, Devi Putri. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Berbasis E-Modul Interaktif untuk Siswa Kelas XI. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang: Direktorat Program Pascasarjana.

Benny Agus Pribadi, Dewi. A. Padmo Putri. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Berry, B. (2010). Teaching 2030. New York: Teacher College Press.

Budiarti, Wahyu Nining, Mawan Akhir Riwanto. 2020. Pengembangan Modul Elektronik (e-modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School 8, Volume 8 nomor 1, 103. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996

Danang T, M. F. 2015. Pengembangan Media e-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 01(01), 1–9.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamsiah, Rapi Tang, Achmad Tolla, dan Jufri. 2017. “Teaching Materials Development For Basic General Course of Indonesian Language Class Based on Culture Values Elompugi (Elong) Bugis Literature”. Journal of Language Teaching and Research. Volume 08, No. 02, pp. 278-285 DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.0802.08

Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kastolani, N. M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sengkang. Universitas Negeri Makassar.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan e-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kosasih, E. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI (M. Baihaqi, Ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lidyawati, Yenni. 2015. Pengembangan Modul Sastra Indonesia Berbasis Website pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X1 Sumatera Selatan. Jurnal Logat 2(2): 98—116.

Mardiah. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 4, No. 2, 36.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. 2015. The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2015.06.392 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Noviyanti, Agustina Tyas Asri Hardini. 2021. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Materi Puisi Menggunakan Model Mind Mapping di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5, 3277-3286, 4. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1271

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratomo, Y. 2019. APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Retrieved from Kompas.com website: https://tekno.kompas.com/ read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlahpengguna-internet-di-indonesia-tembus171-juta-jiwa

Rijal, B. S. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta.

Ronny Muntu, Sonny.2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 8 Makassar. Tesis. Universitas Negeri Makassar:Program Pascasarjana.

Siti Aisah, Evih Noviyanti, Triyanto. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, Vol.2, No. 1, 63. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiyatun. 2017. Pengembangan e-Modul Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Lectora Inspire Sebagai Bahan Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Batu. Nosi, 5(2), 162–174.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garuda Wacana.

Yuswanti, Tutut Umi, Abdul Rani, Akhmad Tabrani. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Sigil Materi Teks Eksplanasi untuk Siswa Kelas XI di SMA Brantas Karangkates. NOSI Volume 8, Nomor 1, 69.

Zauwana. 2018. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Karakter di MIN Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Fausih, Moh dan Danang, T. 2015. Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura-Vol. 01, No.01.

Published

2024-04-20

How to Cite

Nurhidayah, Kembong Daeng, & Syamsudduha, S. (2024). Pengembangan Materi Ajar Elektronik Pembelajaran Puisi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1559–1568. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3371

Issue

Section

Articles

Categories