Pemanfaatan Kearifan Lokal Bondowoso sebagai Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi untuk Siswa SMP

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3372

Authors

  • Viga Eka Putri Nurprihardianti UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  • Roekhan Universitas Negeri Malang
  • Nurhadi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kearifan lokal Bondowoso, Menulis, Cerita Fantasi

Abstract

Bahan ajar memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan bahan ajar digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar yang tersusun secara sistematis. Bahan ajar dalam penelitian ini memanfaatkan kearifan lokal masyarakat Bondowoso yang dibentuk dalam sebuah cerita pada setiap unit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kearifan lokal Bondowoso sebagai pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa kelas SMP. Fokus penelitian ini adalah bentuk pemanfaatan kearifan lokal dalam bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data penelitian ini berupa kalimat yang terdapat pada bahan ajar menulis cerita fantasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan ajar menulis cerita fantasi berjudul menoreh imajinasi dalam fantasi. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, pemanfaatan kearifan lokal dalam bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa SMP hanya ditemukan satu jenis kearifan lokal saja, yaitu kearifan lokal berwujud nyata (tangible). Kearifan lokal berwujud nyata tersebut ditemukan pada bab 1, 2 dan 3. Kearifan lokal berwujud nyata yang ditemukan berupa cagar budaya, bangunan, dan karya seni tradisional yang masih dijaga eksistensinya di Bondowoso. Pada bahan ajar tersebut tidak ditemukan jenis kearifan lokal yang tidak berwujud (intangible).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Swastika, K., & Marjono, M. (2017). Situs Megalitik di Desa Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Edukasi, 4(2), 45-51.

DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5971 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5971

Bhagaskoro, A. (2014). Bentuk Komposisi Musik Pengiring Seni Pertunjukan Ronteg Singo Ulung di Padepokan Seni Gema Buana Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Jurnal Seni Musik, 3(1). DOI: https://doi.org/10.15294/jsm.v3i1.4062

Durukan, E. (2011). Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-Writing Skills. Educational Research and Reviews.

Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). pengembangan bahan ajar menulis teks

cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100-106.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10378

Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.445

Karyawanto, H. Y., & Anggoro, R. R. M. K. M. (2020). The Local Wisdom of Gucialitese

People in Ojung Ritual. KnE Social Sciences, 218-227.

Kautsar, N. F. A. (2021). Analisis emosi dalam pola gerak tari topeng konah: Penelitian

etnografis dei Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso (Doctoral

dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di

Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal

Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. H. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal

Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056-1065. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872

Nesi, A., & Rahardi, R. K. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi lisan takanab:

Kajian ekolinguistik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 71-90. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.138 DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.138

Oktaria, D., Andayani, & Saddhono, K. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci

Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi (The Mastery of Effective Sentences as the Key to Improve Exposition Writing Skill). Metalingua, 15(2), 165 177.

Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom

Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210

Pratama, F., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks

Eksposisi Bermuatan Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448-462. DOI: 10.17977/jp.v1i3.6171

Syafrizal, S., & Calam, A. (2019). Local Wisdom: Eksistensi Dan Degradasi Tinjauan

Antropologi Sosial (Ekplorasi Kearifan Lokal Etnik Ocu Di Kampar Riau). EduTech:

Jurna l Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).

DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3424 DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3424

Wahyuningtyas, R. N., Maryaeni, M., & Roekhan, R. (2016). Pengembangan bahan ajar

menulis cerpen dengan konversi teks untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1330-1336.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6562

Published

2024-02-06

How to Cite

Viga Eka Putri Nurprihardianti, Roekhan, & Nurhadi. (2024). Pemanfaatan Kearifan Lokal Bondowoso sebagai Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi untuk Siswa SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 846–854. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3372

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)