Pemanfaatan Kearifan Lokal Bondowoso sebagai Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi untuk Siswa SMP
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3372
Keywords:
Kearifan lokal Bondowoso, Menulis, Cerita FantasiAbstract
Bahan ajar memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan bahan ajar digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar yang tersusun secara sistematis. Bahan ajar dalam penelitian ini memanfaatkan kearifan lokal masyarakat Bondowoso yang dibentuk dalam sebuah cerita pada setiap unit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kearifan lokal Bondowoso sebagai pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa kelas SMP. Fokus penelitian ini adalah bentuk pemanfaatan kearifan lokal dalam bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data penelitian ini berupa kalimat yang terdapat pada bahan ajar menulis cerita fantasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan ajar menulis cerita fantasi berjudul menoreh imajinasi dalam fantasi. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, pemanfaatan kearifan lokal dalam bahan ajar menulis cerita fantasi untuk siswa SMP hanya ditemukan satu jenis kearifan lokal saja, yaitu kearifan lokal berwujud nyata (tangible). Kearifan lokal berwujud nyata tersebut ditemukan pada bab 1, 2 dan 3. Kearifan lokal berwujud nyata yang ditemukan berupa cagar budaya, bangunan, dan karya seni tradisional yang masih dijaga eksistensinya di Bondowoso. Pada bahan ajar tersebut tidak ditemukan jenis kearifan lokal yang tidak berwujud (intangible).
Downloads
References
Amalia, R., Swastika, K., & Marjono, M. (2017). Situs Megalitik di Desa Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Edukasi, 4(2), 45-51.
DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5971 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5971
Bhagaskoro, A. (2014). Bentuk Komposisi Musik Pengiring Seni Pertunjukan Ronteg Singo Ulung di Padepokan Seni Gema Buana Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Jurnal Seni Musik, 3(1). DOI: https://doi.org/10.15294/jsm.v3i1.4062
Durukan, E. (2011). Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-Writing Skills. Educational Research and Reviews.
Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri
Malang.
Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). pengembangan bahan ajar menulis teks
cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100-106.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10378
Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.445
Karyawanto, H. Y., & Anggoro, R. R. M. K. M. (2020). The Local Wisdom of Gucialitese
People in Ojung Ritual. KnE Social Sciences, 218-227.
Kautsar, N. F. A. (2021). Analisis emosi dalam pola gerak tari topeng konah: Penelitian
etnografis dei Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso (Doctoral
dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di
Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal
Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44
Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. H. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal
Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056-1065. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872
Nesi, A., & Rahardi, R. K. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi lisan takanab:
Kajian ekolinguistik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 71-90. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.138 DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.138
Oktaria, D., Andayani, & Saddhono, K. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci
Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi (The Mastery of Effective Sentences as the Key to Improve Exposition Writing Skill). Metalingua, 15(2), 165 177.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom
Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Pratama, F., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks
Eksposisi Bermuatan Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448-462. DOI: 10.17977/jp.v1i3.6171
Syafrizal, S., & Calam, A. (2019). Local Wisdom: Eksistensi Dan Degradasi Tinjauan
Antropologi Sosial (Ekplorasi Kearifan Lokal Etnik Ocu Di Kampar Riau). EduTech:
Jurna l Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3424 DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3424
Wahyuningtyas, R. N., Maryaeni, M., & Roekhan, R. (2016). Pengembangan bahan ajar
menulis cerpen dengan konversi teks untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1330-1336.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.