Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Bahasa Komunikasi Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3379
Keywords:
Bahasa viral, Media sosial, Komunikasi anakAbstract
Pembelajaran dan pemahaman bahasa dapat dipenaruhi oleh kemajuan masyarakat, yang dibentuk oleh penemuan-penemuan ilmiah dan teknologi terbaru. Berkat kemajuan teknologi seluler dan internet, penggunaan media sosial telah meroket. Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dalam bahasa komunikasi anak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Dukun, Gresik Tahun ajaran 2023/2024. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di bulan Desember 2023. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian kuantitatf dengan menggunakan instrumen berupa angket pengaruh media sosial terhadap komunikasi anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan jika penggunaan bahasa viral di kalangan anak-anak sekolah dasar berawal dari media sosial. Penggunaan bahasa komunikasi anak-anak dalam percakapan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh bahasa yang menjadi viral di media sosial. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan para orang tua dan guru untuk mengawasi pergaulan dan penggunaan media sosial anak-anak mereka.
Downloads
References
Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Arikunto Suharmi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Media, 2016.
Bustomi, B. (2019). Wajah Bangsa Dalam Cermin Budaya Berbahasa. Disastra: Jurnal DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.2054
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 17.
ttps://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.2054
Cangara H. Perencanaan dan strategi komunikasi [Book]. - Jakarta : Raja Grafindo
Persada, 2013. - p. 33.
Ghiny M. Djunaidi and Fauzal Almanshur Metodologi Penelitian Kualitatif. [Book]. -
Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.
Hefni Harjani. Komunikasi Islam [Book]. - Jakarta : Prenadamedia Group, 2015. - pp. 2-3.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat
Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10.
https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8 DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.445
Nasrullah Rulli Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi [Book]. -
Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2015.
Sugiyono . Metode Penelitian Bisnis [Book]. - Bandung : Alfabeta, 2018. - p. 142.
Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D [Book]. - Bandung : Alfabeta,
Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.
Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1–10.
https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45 DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45
Umam, N. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menulis Menggunakan Kata Baku di Media Sosial
Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Bidang
Pendidikan Dasar, 6(2), 127–134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980
Widi, R. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran
Gigi. Stomatognatic (J.K.G. Unej), 8(1), 27–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.