Analisis Nilai Kebudayaan Lokal Bugis dalam Cerita Rakyat La Galigo
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3430
Keywords:
Nilai kebudayaan lokal, Bugis, Cerita Rakyat La GaligoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan nilai kebudayaan lokal Bugis yang terdapat dalam Cerita Rakyat La Galigo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui metode studi Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan mendeskripsikan nilai kebudayaan lokal Bugis yang terdapat dalam Cerita Rakyat La Galigo. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa adapun nilai kebudayaan lokal Bugis yang terdapat dalam Cerita Rakyat La Galigo diantaranya yaitu 1) Nilai sipakatau atau memanusiakan manusia yaitu berupa sikap yang diwujukan dengan berkata dengan penuh kejujuran, menghormati hak asasi manusia orang lain, tidak mengambil hak orang lain dan menghindari permusuhan. 2) Nilai sipakalebbi atau saling menghargai yaitu berupa wujud sikap menghormati yang lebih tua, bersikap ramah, pengunaan sapaan yang baik, dan saling membantu. 3) Nilai sipakainge atau saling mengingatkan yaitu berupa wujud sikap saling menasihati
Downloads
References
Amin, K., F. 2021. Pengantar Sastra Klasik Bugis Makassar. Cirebon: CV. Syntax Computama.
Anwar, I. 2015. La Galigo Turunnya Manusia Pertama. Makassar: Pustaka Sawerigading.
Ardiansyah, D., Munirah, M., & Aj, A. A. (2021). Etika Bugis dalam Novel Sajak Rindu Lontara Cinta dari Sidenreng dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 589-595. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3825 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3825
Azis, S. A. (2017). Nilai Kearifan Lokal Bugis Makassar Dalam Cerpen Panggil Aku Aisyah Karya Thamrin Paelori. Jurnal Konfiks, 4(1), 66-72. DOI: https://doi.org/10.26618/jk.v4i1.1217
Fitriansal, F. (2023) Nilai Pembimbingan dalam Epik I La Galigo: Kajian Hermeneutika. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 22-39, doi: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i1.23682 DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v3i1.43759
Gendolang, N. D. A. (2023). Religiusitas Budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge Dalam Perspektif Resiliensi Sosial Masyarakat Kristen Bugis Watansoppeng, Sulawesi Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1796-1808. doi: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1542 DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1542
Halima, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2021). Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi: A Cultural Values for Bullying Prevention with Optimalized Bystanders Role. Jurnal Indonesian Psychological Research, 3(2), 82-90. doi: https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.549 DOI: https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.549
Hamriani, H., & Yusuf, A. B. (2022). Analisis Nilai Budaya Sipakatau dalam Penggunaan Bahasa Masyarakat Bulukunyi Kab. Takalar:(Kajian Antropolinguistik). Jurnal Konsepsi, 11(1), 106-113.
Kilawati, A., Nur, H., & Zulham, M. (2022). Aktualisasi Falsafah 3S (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge) Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Abdimas Langkanae, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.54065/langkanae.2.1.2022.45 DOI: https://doi.org/10.53769/jpm.v2i1.45
Mattulada. (1989). Menyusuri Jejak Kehadiran: Makassar dalam Sejarah. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.
Muhaemin, M., & Henri, H. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Nilai Kearifan Lokal di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 5(2), 155-163. DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.3818
Salim, M. (2003) terjemahan I La Galigo NBN 188 Jilid IV.
Subhan, N. I., Basuki, A., Sabila, N. S., & Wulandari, A. S. (2023). Nilai Budaya Sipakatau Masyarakat Bugis Dalam Konseling Analisis Transaksional. Jurnal Literature Review. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(3), 136-145.
Sudirman, S., Ramli, M., Iskandar, I., & Huzain, M. (2024). Falsafah Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge'dalam Perspektif Moderasi Beragama dan Hukum Islam: Kajian Etnografi pada Masyarakat Bugis Sorong Papua. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 163-177.doi: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v0i0.7720 DOI: https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.7720
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan RND. Bandung: Rineka Cipta.
Zahro, V., Anggraeni, R. P., & Taniady, V. (2020). Internalisasi Nilai Kebudayaan Lokal Bugis (Sipakatau, Sipakalebbi, Dan Sipakainge). Jurnal PAKAR Pendidikan, 18(1), 35-45 doi: https://doi.org/10.24036/pakar.v18i1.217. DOI: https://doi.org/10.24036/pakar.v18i1.217
Zailan, A., Al-Amana, H., Halim, H., Riskiyani, R., & Astaman, P. (2023). Penerapan Nilai Etika Sipakatau Sipakalebbi Sipakainge Dalam Praktik Sanra Galung Oleh Petani di Desa Biru Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Ensiklopedia of Journal, 5(3), 188-194.Doi: https://doi.org/10.33559/eoj.v5i3.1907 DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v5i3.1907
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.