Pengembangan Materi Ajar Teks Pidato Berbasis Kesantunan Berbahasa di SMPN 44 Jakarta

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3473

Authors

  • Sunia Ardiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani
  • siti ansoriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks pidato berbasis kesantunan berbahasa di SMPN 44 Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development melalui model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif yang diambil melalui penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Proses validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli materi yang diperoleh adalah 3,3 dengan kriteria “Cukup Layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi sebesar 3,6 dengan kriteria “Layak”. Hasil pengembangan produk disebarluaskan kepada 15 peserta didik Fase D di SMP Negeri 44 Jakarta dan dua guru Fase D SMPN 44 Jakart. Setelah disebarluaskan, hasil tanggapan guru dan siswa terhadap materi ajar  sebesar 4,23 memiliki kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa materi ajar teks pidato berbasis kesantunan berbahasa di SMPN 44 Jakarta ini sangat layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alakrash, H. M., & Bustan, E. S. (2020). Politeness Strategies Employed by Arab EFL And Malaysian ESL Students in Making Request. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(6), 10–20. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10- DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v10-i6/7257

Ansoriyah, S. (2021). The Development of teaching material for Popular Writing Based on Creative Industry Using M-Learning for College Students of Faculty of Language and Literature. Journal ofPhysics: Conference Series, 1764, 12075. https:doi.org/10.1088/1742 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012075

Atrabu, Westi Septia., dan J. N. (2022). Komentar dr. Tirta pada Postingan Instagram terkait Kinerja Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8106–8114. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3741

Azmi, R. A., & Agustina, A. (2022). Kesantunan Berbahasa dan Pemanfaatannya dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9026-9039.

Cahyaningrum, Fitria. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Konteks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pena Indonesia, 4(1). DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2434

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka cipta

Dessy Fridayanthi, P., & Ngewo, M. (2020). Keterampilan Menulis Struktur dan Isi Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas X TB SMK PGRI 4 Denpasar. Jurnal Pendidikan, 21(2), 445–453. Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270

Nana. (2020). Pengembangan Bahan Aajr (S. Nuraisiah, Ed.; 1st ed.). Penerbit Lakeisha. Dr.E. Kosasih, M. Pd. (2021). Pengembangan Bahan Aajar (B. S. Fatmawati, Ed.; 1st ed.). PT Bumi Aksara

F. Yanti, I.N. Suandi, & I.N. Sudiana. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Berita di Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139–150. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.405

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, Di. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Lilis. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 156–168. Pribadi, B. A. (2014). Desain Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE (Y. Rendy, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Prenada Media Grup

Mina, O. :, & Lubis, S. (2018). Struktur Penulisan Teks Pidato Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan : Kajian Retorika. Jurnal Education and Development, 4(2), 66–66. https://doi.org/10.37081/ED.V4I2.365

Pelajar. Pranowo, (2019). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparman, S., Nurahmad, M., & Muklim, M. (2023). Transkripsi Fonetik Cerita Rakyat Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(3), 155-161. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i3.526

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sutrisna, Deden. (2018). Penerapan Model Tongkat Berbicara Berorientasi Karakter dalam Pembelajaran Berdebat. Jurnal Semantik STIKAP Siliwangi 3(1). Siliwangi: stikap Siliwangi

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningktakan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AtTaqwa Pinang. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/NATURALISTIC.V3I2.399 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399

Wibowo, E., Studi, M. M.-P. J. P., & 2019, undefined. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation pada Mata Kuliah Trigonometri Program Studi Pendidikan. Journal.Unrika.Ac.Id, DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i2.1988

Published

2024-03-15

How to Cite

Sunia Ardiyanti, Reni Nur Eriyani, & siti ansoriyah. (2024). Pengembangan Materi Ajar Teks Pidato Berbasis Kesantunan Berbahasa di SMPN 44 Jakarta . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1222–1229. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3473

Issue

Section

Articles

Categories