Konflik Batin Tokoh Utama Novel Hujan Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3516

Authors

  • Fahesta Sonia Adistiyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ali Imron Al-Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

konflik batin, novel Hujan, Psikologi Sastra, pembelajaran sastra di SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Struktur cerita pada novel Hujan karya Tere Liye(2) Konflik batin tokoh utama novel Hujan karya Tere Liye (3) Implementasi novel Hujan karya Tere Liye sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskritif-kualitatif. Strategi penelitian ini adalah studi kasus terpancang (embedded and case study ). Objek penelitian ini konflik batin yang dialami tokoh utama novel Hujan karya Tere. Data penelitian ini konflik batin tokoh utama dalam novel Hujan karya Tere Liye . Sumber data dalam penelitian ini novel Hujan karya Tere Liye dan tulisan yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka dan analisis datanya menggunakan metode pembacaan semiotik meliputi heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur cerita novel Hujan karya Tere Liye, novel ini bertemakan sosok perempuan dalam hidupnya mengalami musibah bencana alam bersama keluarganya dan menimpa seluruh manusia hampir seluruh dunia. Lail sebagai tokoh utama, Esok , ibu Suri, wali kota, Claudia sebagai tokoh tambahan. Alur yang digunakan maju mundur. Latar tempat novel Hujan karya Tere Liye di ibu kota Jakarta. Latar waktunya satu tahun setelah terjadinya gempa. Latar sosialnya menjadi relawan ibu kota; (2) Wujud konflik batin dalam penelitian ini a) konflik mendekat-mendekat, tokoh utama tidak menyangka semua kebahagiaan hilang seketika saat hujan melanda, b) Konflik mendekat-menjauh, konflik batin ini dialami oleh tokoh utama Lail adalah ketika dirinya merasa bimbang dengan perasaan cintanya dengan Esok. Perasaan tersebut muncul ketika Esok lebih mengutamakan Claudia dibandingkan dirinya, c) Konflik menjauh-menjauh, terlihat pada sosok tokoh Lail mendapat kabar ayahnya yang terkena musibah. Ia seakan tidak percaya dengan ayahnya yang jauh dari gempa ikut menjadi korban. (3) hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XI sesuai dengan kurikulum merdeka menggunakan fase F dengan CP Menulis serta berbicara dan mempresentasikan dan sesuai dengan krititeria bahan ajar sastra yakni Bahasa,psikologi,dan latar kebudayaan.
Kata Kunci: konflik batin, novel Hujan, Psikologi Sastra, pembelajaran sastra di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2010. Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern. Solo: Universitas Negeri Solo Press.
Al-Ma’ruf, Ali Imron. (2017). Pengkajian Sastra, Teori, dan Aplikasinya. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press
Darmalia, dkk. 2017.”Analisis Psikologi terhadap Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata”. Jurnal; Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 6 (1).
Djojosuroto, Kinayati. 2014. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka. Endaswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Liye, Tere. 2018. Hujan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra Karya Sastra Metode, Teori, dan Contoh Kasus.Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian SastraI. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ristiana, Keuis Rista. 2017. “Konflik Batin Tokoh Utamadalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia”. Jurnal Literasi. Vol 1,No 2.
Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Terjemahan Sugihastuti dan Rossi. dari An Indroctipn to Fiction (1965).
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahan Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Sugihastuti, M. S. (2019). Bentuk karya sastra dalam novel:Nuansa Cendekia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharianto. 2013. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Walgito, Bimo. 2015. “Pengantar Psikologi Umum”. Yogyakarta. Andi Offset.

Published

2024-04-26

How to Cite

Fahesta Sonia Adistiyani, & Ali Imron Al-Ma’ruf. (2024). Konflik Batin Tokoh Utama Novel Hujan Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1844–1854. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3516

Issue

Section

Articles

Categories