Konflik Batin Tokoh Utama Novel Hujan Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3516
Keywords:
konflik batin, novel Hujan, Psikologi Sastra, pembelajaran sastra di SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Struktur cerita pada novel Hujan karya Tere Liye(2) Konflik batin tokoh utama novel Hujan karya Tere Liye (3) Implementasi novel Hujan karya Tere Liye sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskritif-kualitatif. Strategi penelitian ini adalah studi kasus terpancang (embedded and case study ). Objek penelitian ini konflik batin yang dialami tokoh utama novel Hujan karya Tere. Data penelitian ini konflik batin tokoh utama dalam novel Hujan karya Tere Liye . Sumber data dalam penelitian ini novel Hujan karya Tere Liye dan tulisan yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka dan analisis datanya menggunakan metode pembacaan semiotik meliputi heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur cerita novel Hujan karya Tere Liye, novel ini bertemakan sosok perempuan dalam hidupnya mengalami musibah bencana alam bersama keluarganya dan menimpa seluruh manusia hampir seluruh dunia. Lail sebagai tokoh utama, Esok , ibu Suri, wali kota, Claudia sebagai tokoh tambahan. Alur yang digunakan maju mundur. Latar tempat novel Hujan karya Tere Liye di ibu kota Jakarta. Latar waktunya satu tahun setelah terjadinya gempa. Latar sosialnya menjadi relawan ibu kota; (2) Wujud konflik batin dalam penelitian ini a) konflik mendekat-mendekat, tokoh utama tidak menyangka semua kebahagiaan hilang seketika saat hujan melanda, b) Konflik mendekat-menjauh, konflik batin ini dialami oleh tokoh utama Lail adalah ketika dirinya merasa bimbang dengan perasaan cintanya dengan Esok. Perasaan tersebut muncul ketika Esok lebih mengutamakan Claudia dibandingkan dirinya, c) Konflik menjauh-menjauh, terlihat pada sosok tokoh Lail mendapat kabar ayahnya yang terkena musibah. Ia seakan tidak percaya dengan ayahnya yang jauh dari gempa ikut menjadi korban. (3) hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XI sesuai dengan kurikulum merdeka menggunakan fase F dengan CP Menulis serta berbicara dan mempresentasikan dan sesuai dengan krititeria bahan ajar sastra yakni Bahasa,psikologi,dan latar kebudayaan.
Kata Kunci: konflik batin, novel Hujan, Psikologi Sastra, pembelajaran sastra di SMA.
Downloads
References
Al-Ma’ruf, Ali Imron. (2017). Pengkajian Sastra, Teori, dan Aplikasinya. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press
Darmalia, dkk. 2017.”Analisis Psikologi terhadap Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata”. Jurnal; Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 6 (1).
Djojosuroto, Kinayati. 2014. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka. Endaswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Liye, Tere. 2018. Hujan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra Karya Sastra Metode, Teori, dan Contoh Kasus.Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian SastraI. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ristiana, Keuis Rista. 2017. “Konflik Batin Tokoh Utamadalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia”. Jurnal Literasi. Vol 1,No 2.
Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Terjemahan Sugihastuti dan Rossi. dari An Indroctipn to Fiction (1965).
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahan Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Sugihastuti, M. S. (2019). Bentuk karya sastra dalam novel:Nuansa Cendekia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharianto. 2013. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Walgito, Bimo. 2015. “Pengantar Psikologi Umum”. Yogyakarta. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.