Perkembangan Teknologi dan Praktik Kesantunan Berbahasa di Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3541

Authors

  • Annisa Sakinah Mahabillah Imanellya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ahmad Nurefendi Fradana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Kesantunan Berbahasa, Leech

Abstract

Tujuan artikel ini untuk membahas tentang praktik kesantunan berbahasa di Sekolah Dasar dan kaitannya terhadap perkembangan teknologi seperti media sosial dan platform digital. Menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi fenomenologi. Penelitian ini hendak menjawab perkembangan teknologi dan praktik kesantunan berbahasa di Sekolah Dasar baik tuturan guru dengan peserta didik serta tuturan antar peserta didik berdasarkan teori kesantunan berbahasa menurut Leech (1993). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik terkadang menggunakan bahasa yang sedang tren di media sosial yang tuturannya dapat menjadi tuturan yang mematuhi dan melanggar prinsip kesantunan berbahasa menurut Leech (1983) yang meliputi maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, dan maksim kesimpatisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hadi, Asrori, R. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV Pena Persada.

Anggarini, P., Manangkot, M., & Kamayani, O. A. (2022). Hubungan kecanduan internet dengan kecerdasan emosional pada remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(2), 381–394. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(2).

Ardiani, M. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Intrans Publishing Group.

Azizi, M. A. (2023). Konsep Technological Determinism Dalam Penelitian Komunikasi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia. Universal Grace Journal, 1(1), 34–43. https://ejurnal.ypcb.or.id/index.php/ugc/article/view/1

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. PT Rineka Cipta.

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Jamun, Y. M., & Momang, H. D. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Berbasis Multimedia. Jurnal Anak Usia DIni Dan Pendidikan Anak UsiaDini, 7(1), 7–20.

Leech. (1983). Principles of Pragmatics. London: Longman.

M.Aminullah, M. A. (2020). Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. Komunike, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243 DOI: https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243

Mahmudi, A. G., Irawati, L., & Soleh, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berkomunikasi dengan Guru (Kajian Pragmatk). Deiksis, 13(2), 98. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6169 DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6169

Mudiono, A. (2022). Teaching language politeness through social media for the elementary school students. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 8(3), 32–44. https://doi.org/10.32601/ejal.803003

Prasanti, D. A. K. (2020). The Influence Of Social Media On The Reduced Politeness Of Language In Adolescents. Bezbednost, Beograd, 62(1), 138–156. https://doi.org/10.5937/bezbednost2001138k DOI: https://doi.org/10.5937/bezbednost2001138K

Prayitno, H. J., Huda, M., Inayah, N., Ermanto, Ardi, H., Giyoto, & Yusof, N. (2021). Politeness of Directive Speech Acts on Social Media Discourse and Its Implications for Strengthening Student Character Education in the Era of Global Education. Asian Journal of University Education, 17(4), 179–200. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16205 DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16205

Prof. Dr. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Putri, D., Erningsih, E., & Melia, Y. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Di Jorong Pasar Sijunjung Nagari Sijunjung. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(X), 170. https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.44995 DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.44995

Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia (I. Syafrida & Y. Sumiharti (eds.)). PENERBIT ERLANGGA.

Rahayu, A. P., Budiman, I. A., & ... (2021). Pendidikan karakter dan kebiasaan berbahasa anak sekolah dasar di media sosial. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 3(3), 229–232.

Rahayu Widawati Guru Bahasa Indonesia SMA Muhammadiyah, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kebiasaan Berbahasa. Seminar Nasional SAGA#2 (Sastra, Pedagogik, Dan Bahasa), 1(1), 405–414.

Suparmin. (2018). Bentuk Santun Berbahasa Di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 331–339. DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.21

Wijayana, J. D. P. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Published

2024-04-02

How to Cite

Annisa Sakinah Mahabillah Imanellya, & Ahmad Nurefendi Fradana. (2024). Perkembangan Teknologi dan Praktik Kesantunan Berbahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1483–1493. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3541

Issue

Section

Articles

Categories