Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Kelas Konten Literasi Teks Sastra melalui Platform Merdeka Mengajar
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3542
Keywords:
AKM Kelas, Literasi, Teks SastraAbstract
Pemerintah Indonesia mengubah ujian nasional menjadi asesmen nasional pada tahun 2021. Ujian nasional tidak lagi menjadi sumber informasi yang digunakan untuk memetakan dan mengevaluasi kualitas sistem pendidikan. Menunjukkan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengarahkan siswa ke asesmen kompetensi minimum, yang sekarang dapat diakses melalui alat pengajaran platform merdeka. AKM kelas dapat diakses oleh guru di mana pun. Sama halnya dengan AKM Nasional, AKM Kelas mengacu pada dua teks literasi: teks sastra dan teks informasi. AKM Kelas memiliki fungsi formatif untuk memahami hasil belajar individu siswa. Pada peneliti ini berkonsentrasi pada literasi teks sastra. Asesmen kemampuan literasi minimum terdiri dari tiga tingkat kognitif, yaitu menemukan informasi, memahami, dan evaluasi dan refleksi, dengan empat level kemampuan yaitu: perlu intervensi khusus, memiliki pemahaman dasar, termasuk cakap, dan sudah mahir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Satu Atap Talang Kerinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis. Teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini siswa yang mencapai level kognitif menemukan informasi dengan level kemampuan memiliki pemahaman dasar dengan persentase 50%, siswa yang mencapai level kognitif menemukan informasi dan memahami dengan level kemampuan termasuk cakap dengan persentase 33% dan siswa yang tidak mencapai level kognitif dengan level kemampuan perlu intervensi khusus dengan persentase 17% dan tidak ada siswa yang mencapai tiga level kognitif dengan level kemampuan sudah mahir.
Downloads
References
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355
Ardiyanto, C. S., Kiswoyo, K., & Sary, R. M. (2024). Analisis literasi numerasi siswa dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum di sekolah dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 49-58. DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617
Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(2).
Chesa, N., & Nafi’ah, B. A. (2022). Asesmen kompetensi minimum (akm) kelas sekolah dasar sebagai sarana evaluasi kemampuan literasi dan numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67-86. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482 DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482
Education Development Center (EDC). (2020). Pengertian literasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi.
Kamus online Merriam-Webster (2021). Retrieve from. https://www.merriamwebster.com/dictionary/literacy
Kemendikbud. (2020). Desain pengembangan soal asesmen kompetensi minimum. In Desain Pengembangan AKM (pp. 1–121).
Kemendikbud. (2021). Asesmen nasional: Lembar tanya jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32.
Kemdikbud. (2021). Framework asesmen kempetensi minimum. Retrieved from https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/Framework_AKM_31032022.pdf
Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan pemulihan pembelajaran di Indonesia. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Klarita, E. N., & Syafi'ah, R. (2022). Analisis kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) siswa kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262-267. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122 DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122
Kurniasih, I. (2021). Kupas tuntas asesmen nasional AKM. Kata Pena.
Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis kemampuan literasi peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656-5663. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097
National Institute for Literacy. (2008). Developing early literacy , a scientific syntesis of early literacy development and implications for intervention
Pusmendik. (2022). Asesmen kompetensi minimum. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum
Pusmenjar. (2020). “Desain Pengembangan Soal AKM”. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pengembangan Dan Perbukuan hlm. 1.
Putri Andini, D., & Mukhlis, M. (2023). Analisis butir soal pada instrumen asesmen kompetensi minimum literasi membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 401–412. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658
Rohmatilah, L., Chamdani, M., & Suryandari, K. C. (2022). Analisis kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas v dalam pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) di SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (3), 777-787. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i3.62616
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation , 2(8), 524- 535. DOI: https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI sma untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio, 7(2), 498–508. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Yusanto, Y. (2019). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764 DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zahrudin, M., Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy analysis of implementation of minimum competency assessment as an effort to improve reading literacy of students in schools. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. DOI: https://doi.org/10.31764
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.