Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Kelas Konten Literasi Teks Sastra melalui Platform Merdeka Mengajar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3542

Authors

  • Lindriana Safitri UNIVERSITAS JAMBI
  • Irma Suryani Universitas Jambi
  • Mukhlash Abrar Universitas Jambi

Keywords:

AKM Kelas, Literasi, Teks Sastra

Abstract

Pemerintah Indonesia mengubah ujian nasional menjadi asesmen nasional pada tahun 2021. Ujian nasional tidak lagi menjadi sumber informasi yang digunakan untuk memetakan dan mengevaluasi kualitas sistem pendidikan. Menunjukkan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengarahkan siswa ke asesmen kompetensi minimum, yang sekarang dapat diakses melalui alat pengajaran platform merdeka. AKM kelas dapat diakses oleh guru di mana pun. Sama halnya dengan AKM Nasional, AKM Kelas mengacu pada dua teks literasi: teks sastra dan teks informasi. AKM Kelas memiliki fungsi formatif untuk memahami hasil belajar individu siswa. Pada peneliti ini berkonsentrasi pada literasi teks sastra. Asesmen kemampuan literasi minimum terdiri dari tiga tingkat kognitif, yaitu menemukan informasi, memahami, dan evaluasi dan refleksi, dengan empat level kemampuan yaitu: perlu intervensi khusus, memiliki pemahaman dasar, termasuk cakap, dan sudah mahir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Satu Atap Talang Kerinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis. Teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini siswa yang mencapai level kognitif menemukan informasi dengan level kemampuan memiliki pemahaman dasar dengan persentase 50%, siswa yang mencapai level kognitif menemukan informasi dan memahami dengan level kemampuan termasuk cakap dengan persentase 33% dan siswa yang tidak mencapai level kognitif dengan level kemampuan perlu intervensi khusus dengan persentase 17% dan tidak ada siswa yang mencapai tiga level kognitif dengan level kemampuan sudah mahir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355

Ardiyanto, C. S., Kiswoyo, K., & Sary, R. M. (2024). Analisis literasi numerasi siswa dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum di sekolah dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 49-58. DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(2).

Chesa, N., & Nafi’ah, B. A. (2022). Asesmen kompetensi minimum (akm) kelas sekolah dasar sebagai sarana evaluasi kemampuan literasi dan numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67-86. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482 DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482

Education Development Center (EDC). (2020). Pengertian literasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi.

Kamus online Merriam-Webster (2021). Retrieve from. https://www.merriamwebster.com/dictionary/literacy

Kemendikbud. (2020). Desain pengembangan soal asesmen kompetensi minimum. In Desain Pengembangan AKM (pp. 1–121).

Kemendikbud. (2021). Asesmen nasional: Lembar tanya jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32.

Kemdikbud. (2021). Framework asesmen kempetensi minimum. Retrieved from https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/Framework_AKM_31032022.pdf

Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan pemulihan pembelajaran di Indonesia. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf

Klarita, E. N., & Syafi'ah, R. (2022). Analisis kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) siswa kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262-267. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122 DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122

Kurniasih, I. (2021). Kupas tuntas asesmen nasional AKM. Kata Pena.

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis kemampuan literasi peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656-5663. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097

National Institute for Literacy. (2008). Developing early literacy , a scientific syntesis of early literacy development and implications for intervention

Pusmendik. (2022). Asesmen kompetensi minimum. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum

Pusmenjar. (2020). “Desain Pengembangan Soal AKM”. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pengembangan Dan Perbukuan hlm. 1.

Putri Andini, D., & Mukhlis, M. (2023). Analisis butir soal pada instrumen asesmen kompetensi minimum literasi membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 401–412. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658

Rohmatilah, L., Chamdani, M., & Suryandari, K. C. (2022). Analisis kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas v dalam pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) di SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (3), 777-787. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i3.62616

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation , 2(8), 524- 535. DOI: https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI sma untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio, 7(2), 498–508. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Yusanto, Y. (2019). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764 DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zahrudin, M., Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy analysis of implementation of minimum competency assessment as an effort to improve reading literacy of students in schools. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. DOI: https://doi.org/10.31764

Published

2024-04-20

How to Cite

Lindriana Safitri, Irma Suryani, & Mukhlash Abrar. (2024). Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Kelas Konten Literasi Teks Sastra melalui Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1620–1632. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3542

Issue

Section

Articles

Categories