Analisis Wacana Kritis Model Teun A. van Dijk pada Surat Kabar Online Kompas dengan Tajuk “Guru Dijejali Beragam Aplikasi Pendidikan”
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3549
Keywords:
analisis wacana, surat kabar, Teun A van DijkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana pada teks berita online Kompas dengan tajuk “Guru Dijejali Beragam Aplikasi Pendidikan” menggunakan model Teun A. van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Sumber data dalam penelitian ini adalah teks surat kabar online Kompas dengan tajuk “Guru Dijejali Beragam Aplikasi Pendidikan” yang diterbitkan pada 29 Januari 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik dokumentasi. Data-data penelitian yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi atau penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa pada aspek struktur makro, wacana teks berita yang dikaji memfokuskan pembahasannya pada respons pro dan kontra terhadap aplikasi pendidikan yang dibuat oleh Kemendikbudristek. Pada aspek superstruktur, wacana teks berita yang dikaji disusun secara sistematis mulai dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Pada aspek struktur mikro, wacana teks berita yang dikaji terdiri atas elemen semantik, sintaksis, dan grafis. Elemen semantik terdiri atas unsur latar, detil, maksud, dan praanggapan. Elemen sintaksis terdiri atas bentuk kalimat, koherensi, dan kata ganti. Elemen grafis terdiri atas penggunaan tanda kurung, penggunaan huruf tebal, dan penggunaan tanda petik. Berkaitan dengan konteks sosial, wacana teks berita dengan tajuk “Guru Dijejali Beragam Aplikasi Pendidikan” dapat dipandang sebagai bentuk respons terhadap situasi yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini khususnya berkaitan dengan respons para guru dan pemerhati pendidikan terhadap adanya kebijakan penggunaan aplikasi-aplikasi pendidikan yang dibuat oleh Kemendikbudristek
Downloads
References
Baryadi, P. (2022). Dasar-dasar Analisis Wacana dalam Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Ganda Suli.
Gema Ramadhan, S., & Karunia Assidik, G. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8 (1), 22. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507
Kasir, M., & Harun, M. (2021). Representation Of Ideology In Indonesian Programs Lawyer Club (Ilc) Tvone Based On Microstructure Analysis Of Critical Discourse Model Teun A. Van Dijk. Jurnal Kata, 5(1), 133–148. DOI: https://doi.org/10.22216/kata.v5i1.58
Kushartanti. (2007). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Gramedia.
Lestarini, N. D. (2021). Analisis Wacana Kritis teun A. Van Dijk atas Lirik Lagu Ojo Mudik Ciptaan Didi Kempot. Batra, 7(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.53922/seshiski.v1i1.11
Mukhlis, dkk. (2020). Analisis Wacana Kritis Model Teun A.Van Dijk pada Surat Kabar Online dengan Tajuk Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. Geram, 8(2), 73–85. DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5867
Musyafa’ah, N. (2017). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk “Siswa Berprestasi Jadi Pembunuh.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Panggabean, S. (2019). Diktat Pengantar Wacana. Medan: Universitas HKBP Nommensen.
Pramitasari, A., & Khofifah, I. (2022). Analisis Wacana Kritis Pendekatan Teun A Van Dijk pada Pemberitaan “PMK Mengancam, Ridwan Kamil Minta Pemda Waspadai Hewan Ternak Jelang Idul Adha” dalam Sindo News. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 307–316. DOI: https://doi.org/10.54082/jupin.82
Pratama, Y., & Abidin, S. (2020). Analisis Wacana Hidup Mati Listrik Pada Program Talkshow Mata Najwa di Stasiun TV Trans 7. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–10.
Prihartono, R., & Suharyo. (2022). Analisis wacana kritis model teun A. Van Dijk dalam “#DebatKeren Papua-Budiman Sudjatmiko vs Dandhy Laksono” (kajian analisis wacana kritis). Jurnal Wicara, 1(2), 90–96.
Purnamasari, R., & Samaya Doni. (2021). Hubungan Keterampilan Berbicara dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Debat Siswa Kelas X SMAN 11 Palembang Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(1), 63–69. DOI: https://doi.org/10.52333/didactique.v2i1.742
Putu, N., Eka, D., Putrayasa, I. B., & Artika, I. W. (2019). Pidato Klaim Kemenangan Pilpres 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 356–362.
Retanto, E., Pamungkas, S., & Setyowati, E. (2020). Analisis Wacana Kritis Teks Struktur Mikro Teun A. van Dijk pada Acara Mata Najwa Bertajuk Berebut Tahta di Tengah Wabah. 1–11.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Setiawan, F., Dwi Achmad Prasetya, A., & Putra, S. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Teun Van Dijk pada Pemberitaan Kasus Pencabulan Santri oleh Anak Kiai Jombang dalam Media Online. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 224–237. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21772
Sugi, I. K., & Partawan. (2023). Analisis Wacana Kritis Model Teun a. Van Dijk pada Berita Daring Bali Post dengan Tajuk “Ulah WNA di Bali Makin Aneh, Ugal-Ugalan di Jalan hingga Protes Kokok Ayam. Review Pendidikan dan Pengajaran, 6, 3928–3936.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi. (1998). Kohesi dan Koherensi dalam Wacana Naratif Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.